MATERI KOMPAS PRAMUKA


KOMPAS


A.PengertianKompas 

       Kompas merupakan galat satu alat bantu yangdapat dipergunakan untuk mencari atau menentukan arah mata angin, dimana kompassendiri ada yang berjenis kompas magnetik adapula kompas dengan jenisgyrocompass. Pramuka serta Petualang sudah nir asing lagidalam memakai kompas waktu kegiatan lapangan maupun pendakian sedangdilaksanakan, namun ternyata kompas juga dipakai oleh pilot serta nahoda untukmembaca arah mata angin yang masih ada dalam peta. Sepertikita kaji pada paragrap diatas, kompas nir hanya terdiri dari 1 jenis, mulaidari bahan kompas saja relatif tidak sinkron, ada kompas yg menggunakan jarum, adapula kompas yg menggunakan cairan sebagai penunjuk arahnya. Berikut adalah  bagian-bagian yang masih ada pada kompasjarum : 
1.dial, merupakan nomor - nomor yang masih ada padabidang kompas
2.visir, adalah alat bidik yang merupakan indikatorsasaran, berupa benang halus dengan arah vertikal buat membidik sasaran tembak
3.tutup Dial, Berbentuk garis menggunakan sudut 45derajat untuk mempermudah memilih arah mata angin lainya jika keliru satuarah mata angin sudah pada ketahui
4.gantungan Kompas, gunanya buat pengait ketikakompas tidak di pakai serta dapat juga dipakai meletakkan mak jari saatmembidik target.
5.kaca Pembesar, buat melihat secara detailangka pada dial

B.Macam-macamJenis Kompas

1.kompas bidik atau prisma fungsiutamanya buat mempermudah menghitung sudut sasaran bidik (tempat atau benda)secara pribadi. Cara pemakaiannya dengan membidikkan kompas ke sasaran secaralangsung sekaligus membaca sudut target pada skala kompas. Besar sudut yangdibuat sang arah bidikan dan arah jarum (utara) itulahsudut sasarannya (bearing).
2.kompas silva atau orienteering fungsi utamanya untuk mempermudahperhitungan dan pembacaan dalam peta secara eksklusif. Badan atau pembungkuskompas silva selalu dibuat transparan buat mempermudah pembacaan peta yangdiletakkan di bawahnya.
3.kompas biasa fungsi utamanya hanyasebagai penunjuk arah dari prinsip gaya magnet. Jadi kompas biasa adalahkompas dasar. Ukuran kompas biasa biasanya lebih kecil dari dua jenis kompas yanglain. Untuk sekedar penunjuk arah mata angin kompas biasa lebih dapatdiandalkan karena lebih simpel.


Umumnya kompas terdiri menurut tiga komponen,yaitu badan kompas, jarum magnet, serta skala arah mata angin. Banyaksekali kegunaan kompas dalamberbagai macam aktifitas yg menantang. Serta inilah fungsi masing-masing bagiandalam kompas tesebut.
Badan kompas berfungsi menjadi pembungkus serta pelindung komponen primer kompas.jarum magnet dipasang sedemikian rupa supaya mampu berputar bebas secarahorizontal. Skala penunjuk umumnya berupa bulat 360° serta arah mataangin. Bagian-bagian kompas yang penting diantara lainyakni:
1.dial, yaitu bagian atas pada mana terteraangka & huruf misalnya dalam bagian atas jam.
2.visir, yaitu pembidik sasaran
3.kaca Pembesar, buat pembacaan padaangka
4.jarum penunjuk
5.tutup dial dengan 2 garis bersudut 45derajat.
6.alat penggantung, bisa pula digunakansebagai penyangkut bunda jari untuk menopang kompas pada waktu membidik.

Berikutadalah angka-nomor yg terdapat pada kompas serta istilahnya :
1.north = Utara = 0 
2.north East = Timur Laut = 45
3.south = Selatan =180     
4.west = Barat = 270                                            
5.east = Timur = 90    
6.south East = Tenggara = 135         
7.south West = Barat Daya = 225             
8.north West = Barat Laut = 325
C.Langkah-langkah menggunakan Kompas :

1.letakkan kompas  pada atas permukaan yg datar. Setelah jarumkompas tidak berkiprah lagi, maka jarum tersebut menunjuk ke arah utara magnet.
2.bidik target melalui visir menggunakan kacapembesar. Miringkan sedikit letak kaca pembesar, kira-kira 50 di mana berfungsiuntuk membidik ke arah visir serta mengintai nomor dalam dial.
3.jika visir diragukan karena kurangjelas dipandang dari kaca pembesar, luruskan saja garis yg masih ada pada tutupdial ke arah visir, searah menggunakan sasaran bidik supaya mudah dilihat melalui kacapembesar.

D.
Bagian-bagian Kompas Bidik




               Kompas bidik mempunyai bagian-bagian sebagaiberikut:
1.dial(bagian atas loka nomor serta huruf). Pada dial terdapat satuan derajat mulaidari 0°  360° serta huruf: N (north ), E (east) W, (west), S (south).
2.tutupdial menggunakan dua garis bersudut 45° (bisa pada putar)
3.visir(lubang dengan kawat halus pembidik target)
4.kacapembesar (buat melihat derajat kompas)
5.jarumpenunjuk (selalu memilih utara magnet)
6.alatpenggantung (tempat mak jari buat menopang kompas ketika membidik).

E.Cara Menggunakan Kompas Bidik

        Caramenggunakan kompas bidik secara lebih lebih jelasnya akan dibahas pada artikeltersendiri. Secara singkat dan sederhana, cara mengguakan kompas bidik adalahsebagai berikut:
1.letakkanKompas pada atas permukaan yang datar, setelah jarum Kompas tidak berkecimpung makajarum tersebut menunjuk arah utara magnet.
2.bidik sasarandengan menggunakan visir, melalui celah dalam kaca pembesar, sesudah itumiringkan kaca pembesar kira-kira bersudut 50° menggunakan kaca dial.
3.apabilavisir diragukan karena samar-samar terlihat menurut kaca pembesar, luruskan garisyang terdapat pada tutup dial ke arah visir, searah dengan target bidik agarmudah terlihat melalui kaca pembesar.
4.apabilasasaran bidik 30° maka bidiklah ke arah 30°. Sebelum menuju sasaran,menetapkan terlebih dahulu titik sasaran sepanjang jalur 30°. Carilahsebuah benda yang menonjol/tinggi diantara benda lain disekitarnya, karena routeke 30° tidak selalu datar atau kering, kadang-kadangberbencah-bencah. Ditempat itu kita melambung (keluar menurut route) menggunakan tidakkehilangan jalur menuju 30°.
5.sebelumbergerak ke arah target bidik, perlu ditetapkan terlebih dahulu Sasaran Balik(Back Azimuth atau Back Reading) supaya kita dapat balik kepangkalan apabilatersesat dalam perialanan. Menentukan sasaran kembali menggunakan rumus:
6.apabilasasaran kurang dari 180° = ditambah 180°. Contoh: 30° sasaran baliknya adalah30° + 180° = 210°.
7.apabilasasaran lebih menurut 1800 = dikurang 180°. Contoh: 240° target baliknya adalah240° - 180° = 60°

F.CaraMenentukan Arah Tanpa Menggunakan Kompas

1.Menggunakan silet atau jarum yg diletakan diatas permukaan air; Dengan cara yg sangat sederhana,jarum juga silet sanggup dipakai untuk mengetahui arah mata angin sebagaipengganti dari kompas. Cara ini bisa digunakan kapan saja baik siang ataupunmalam.caranya sangat mudah, jarum tusukkan dalam gabus yg tipis (benda ringanyang mampu mengapung), lalu anda letakkan tusukan jarum pada gabus itu kedalam wadah yg berisi air sebagai akibatnya terlihat mengapung pada bagian atas air.biasanya ujung jarum ataupun silet selalu mengarah ke utara atau selatan.
2.Berpatokan dalam masjid; Sebagian orang bila ingin membentuk masjid buat menentukan arah kiblat menggunakan kompas umumnya merekaberpatokan. Seperti anda ketahui,  Masjid yg ada pada Indonesia selalu menghadap ke arah kiblat (barat).jadi ini pula sebagai suatu cara lain yg mampu anda jadikan acuan bilatersesat pada sebuah desa ad interim kita tidak tahu arah. Tapi bila andatersesat pada hutan atau pada gunung cara ini nir mampu diaplikasikan lantaran dihutan nir ada masjid.
3.Melihat kuburan;Khusus buat daerah Indonesia, kuburan Islam serta Kristen umumnya menunjukkanarah utara selatan. Jika kita terjebak  atau tersesat di suatu pedesaan,umumnya dijumpai kuburan. Kuburan sanggup dijadikan pedoman buat menetukan arah.
4.Melihat bayangan benda;Saat tidak membawa kompas atau kompas tidak mampu dipakai karena rusak, kitabisa menggunakan bayangan benda buat memilih arah. Bila kita tersesat dipagi hari bayangan cenderung condong ke arah barat  dan  siang harimenjelang sore bayangan benda cenderung condong ke arah timur. Caranya cukupmenancapkan benda tegak di bagian atas tanah, kemudian lihat bayangan bendanya.
5.Memanfaatkan pohon;Dalam syarat kita tersesat pada sebuah hutan lebat yang penuh menggunakan pepohonanbesar kita bisa memakai pertanda-pertanda dari benda alam yg terdapat pada sekitarkita keliru satunya pohon yang besar . Perhatikan pohon yg akbar. Rabalahsetiap sisi berdasarkan batang pohon yg besar itu. Apabila sisi pohon itu lebih keringdan tidak berlumut berarti  mengambarkan arah barat atau sisi yg biladiraba itu lebih hangat maka itu mengambarkan arah barat. Dan sisi sebaliknyayaitu batangnya berlumut berarti itu mengambarkan arah timur.  apabila kondisitersesatnya pada malam hari, buat mengetahui mana arah barat dengan merabasuhu berdasarkan btg pohon tersebut suhu yang batangnya lebih hangat biasanyamenunjukan arah barat. Atau terdapat cara lain yaitu anda mampu menggunakan daunpandan hutan apabila kebetulan menemukan pandan hutan pada lebih kurang anda, batangnyayang terlihat berkualitas baik umumnya menghadap ke arah timur
6.Melihat jam serta matahari;apabila anda kebetulan menggunakan jam, terlebih dahulu lihat jam anda sebelum melihatmatahari  karena mentari mengalami pergeseran saat setiap jamnya.
7.Mengamati bintang orion;Para petani pada zaman dahulu acapkali memakai rasi bintang orion atau walukuuntuk mulai menggarap sawah mereka. Rasi bintang orion ini mudah dikenali yaituadanya tiga bintang kembar yang berjajar. Rasi bintang ini mampu pada lihat disebelah barat langit, makanya itu bintang orion mampu dijadikan petunjuk arahbarat atau menjadi petunjuk pada memilih  arah barat

8. Mengamati rasi bintang pari ataulaying-layang; Pada setiap bintang yang palingterang berdasarkan rasi bintang ini, bisa menjadi petunjuk arah mata angin. Rasibintang ini terletak pada malam hari pada langit arah agak selatan berarti bisamenunjukan arah selatan menurut mata angin.

download arsip

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel