APA ITU PRAMUKA GARUDA PENJELASAN LENGKAP TENTANG PRAMUKA GARUDA


BELAJAR PRAMUKA -
Hai saudara tertua saudara tertua! Apa kabarnya nih? Baik baik saja kan, kali ini iky akan membahas mengenai Pramuka Garuda loh, siapa sih yg gamau jadi Pramuka Garuda? Hehehe iky konfiden pasti saudara tertua saudara tertua semua pada kepingin nih buat sebagai Pramuka Garuda.

Tapi sebelum itu, apakah abang abang tahu apa itu Pramuka Garuda? Loh ucapnya tadi mau jadi Pramuka Garuda masa yg dimaksud menggunakan Pramuka Garuda abang gatau sih? Oke deh jangan panik! Lantaran pada artikel ini iky memang akan membahas secara lengkap mengenai apa itu Pramuka Garuda. Ayo disimak menggunakan baik ya kak, agar ilmunya jadi nambah hehehe!


PENGERTIAN PRAMUKA GARUDA


Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan pada Pramuka baik itu Siaga, Penggalang, Penegak, maupun Pandega. Pramuka Garuda sendiri sudah diatur dalam keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 101 Tahun 1984 tentang petunjuk penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Seorang peserta didik yang telah sanggup mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah sanggup memenuhi persyaratan buat menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan pada Kwartir melalui pembina gudepnya buat bisa mengikuti test ataupun uji kelayakan buat dapat naik ke strata Pramuka Garuda.

Setelah siswa mengajukan permohonan Kwartir akan mengevaluasi si peserta didik itu tentang kelayakan-kelayakannya, baik itu dari segi mental, ataupun segi kelayakan persyaratan. Setelah dinilai mantap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda tadi akan diwawancarai sang tim penguji yg terdiri berdasarkan tokoh Kwartir, gugus depan, guru, orang tua, serta tokoh warga .

Setelah Calon Pramuka Garuda tadi lulus tes wawancara dan jua tes kecakapan, seorang siswa akan dilantik menjadi Pramuka Garuda. Pelantikan itu sendiri umumnya akan dilakukan  bertepatan dengan hari yg bermakna khusus, baik bagi siswa tadi ataupun bagi Gerakan Pramuka. Misalkan seperti dalam HARI PRAMUKA 14 Agustus. Pelantikan tadi nantinya akan dihadiri sang Tim Penguji, orang tua serta tokoh Pramuka.

Nah itu dia penjelasan singkat dan padatnya tentang apa yg dimaksud menggunakan Pramuka Garuda, jangan lupa share artikel ini ya kak! Semoga bermanfaat buat seluruh anggota Pramuka di Indonesia, relatif sekian, Wassalamu’alaikum serta Salam Pramuka!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel