CARA MEMBUAT SIMPUL MATI REEF KNOT DENGAN CEPAT BAIK DAN BENAR

BELAJAR PRAMUKA -Hai sobat Pramuka! Pada materi pramuka kali ini, kita akan belajar tentang bagaimana caranya membuat simpul tewas (Reef Knot). Sebelum melangkah kepada cara-cara membuat simpul mangkat , terlebih dahulu wajib kita pahami, apa sih itu simpul meninggal? Dan apa kegunaan dari simpul mangkat ?

Simpul mangkat atau reef knot merupakan galat satu simpul dasar dalam kepramukaan dan kehidupan sehari-hari. Bagi seorang anggota Pramuka, baik dalam tingkatan siaga, penggalang, juga penegak wajib buat menguasai simpul dasar yang satu ini.

Kegunaan dari simpul tewas merupakan buat menyambung 2 butir tali yang sama besar dan pada keadaan kering. Hal ini tidak sama dengan kegunaan menurut simpul anyam yaitu buat menyambung dua buah tali akan namun dengan berukuran yg tidak selaras. Selain itu simpul mangkat juga dipakai buat menali perban segitiga (mitela) waktu melakukan kegiatan PP. Lantaran fungsi serta kegunaannya inilah simpul mangkat sangat tak jarang dipakai pada aktivitas Pramuka maupun pada kehidupan sehari-hari.

Cara Membuat Simpul Mati (Reef Knot)

setelah mengetahui pengertian serta manfaat ataupun kegunaan dari simpul meninggal, maka barulah kita belajar cara menciptakan simpul mati. Caranya sangat lah mudah, silahkan perhatikan gambar berikut ini, dan arahan berupa teks di bawahnya.
1.Letakkan ujung tali yang berwarna putih pada atas ujung tali yang berwarna biru.
2.Lingkarkanlah ujung tali putih kebawah tali biru serta lingkarkan lagi ke atas.
3.Baliklah arah ujung tali berwarna biru yang tadinya ke arah kanan menjadi ke arah kiri. Demikian pula menggunakan ujung tali berwarna putih, balik ke arah kanan serta letakkan ujungnya di atas ujung tali yang biru.
           4.Ulangilah langkah yg ada pada angka 2
5.Tariklah masik-masik ujung tali sehingga simpul sebagai kencang
6.Selesai, simpul meninggal atau reef knot telah jadi.

Apabila abang-kakak kurang paham dengan cara yang di atas, saudara tertua bisa pribadi melihat cuplikan video tutorial menciptakan simpul tewas yang terdapat pada bawah ini.



Nah, itulah tutorial singkat mengenai bagaimana caranya menciptakan simpul meninggal atau reef knot. Semoga artikel ini dapat membantu saudara tertua-kakak seluruh buat dapat lebih mendalami ilmu kepramukaan, dan semoga cara yg di atas tersebut langsung mampu diterapkan langsung pada kehidupan sehari-hari. Oke relatif hingga disini dulu artikel kali ini,wassalamu’alaikum serta salam pramuka!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel