MACAMMACAM TINGKATAN DALAM PRAMUKA

Seperti yang kita tau pada dalam Pramuka terdapat tiga buah Tingkatan yg menyatakan level para Pemuda serta Pemudi Pramuka, yaitu Siaga, Penggalang serta Penegak.

Untuk lebih jelasnya silahkan membaca ulasan ini dia: 

Anggota Muda > SIAGA
Pramuka Siaga merupakan anggota Gerakan Pramuka yg berusia 6-10 tahun.


Tingkatan Pramuka Siaga

KODE KEHORMATAN
DWI SATYA 
Demi Kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
- Menjalankan kewajibankuterhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengikuti tatakrama famili 
- Setiap hari berbuat kebajikan 

DWI DARMA
1. Siaga berbakti kepada ayah bundanya
2. Siaga berani serta nir putus asa

Berikut aktivitas-aktivitas anggotan Pramuka Golongan Siaga(Sekolah Dasar):

Pesta Siaga merupakan rendezvous buat golongan Pramuka Siaga. Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan/atau gabungan menurut bentuk: 
Permainan Bersama, merupakan kegiatan keterampilan kepramukaan buat golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kim serta sejenisnya.

Pameran Siaga, merupakan aktivitas yg memamerkan hasil karya Pramuka Siaga.

Pasar Siaga (Bazar), merupakan simulasi situasi di pasar yg diperankan sang Pramuka Siaga menjadi pedagang, sedangkan pembelinya warga generik.

Darmawisata, adalah aktivitas wisata ke loka tertentu yg dalam akhir kegiatan Pramuka Siaga wajib menceritakan pengalamannya, dalam bentuk mulut maupun goresan pena.

Pentas Seni Budaya, merupakan kegiatan yg menampilkan ciptaan seni budaya para Pramuka Siaga.

Karnaval, merupakan aktivitas pawai yang menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Siaga.

Perkemahan Satu Hari (Persari), adalah perkemahan bagi Pramuka Siaga yg dilaksanakan pada siang hari.


Anggota Muda > PENGGALANG
Pramuka Penggalang adalah anggota Gerakan Pramuka berusia 11-15 tahun.


Tingkatan Pramuka Penggalang

KODE KEHORMATAN
TRI SATYA 
Demi kehormatanku saya berjanji akan bersungguh-benar-benar: 
-Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengamalkan Pancasila.
-Menolong sesama hidup serta mempersiapkan diri membentuk warga .
-Menepati Dasa Darma.

DASA DARMA 
Pramuka itu: 
1. Taqwa pada Tuhan Yang Maha Esa 
2. Cinta alam serta kasih sayang sesama manusia 
3. Patriot yg sopan serta kesatria 
4. Patuh serta suka berMusyawarah 
5. Rela menolong serta tabah 
6. Rajin, terampil, serta gembira 
7. Hemat, cermat, serta bersahaja 
8. Disiplin, berani, serta setia 
9. Bertanggungjawab serta bonafide 
10. Suci pada pikiran, perkataan serta perbuatan 

Berikut aktivitas-kegiatan anggotan Pramuka Golongan Penggalang(Sekolah Menengah pertama):

Jambore, adalah rendezvous Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yg pada diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, misalnya Jambore Ranting (tingkat kecamatan), Jambore Cabang tingkat kota/kabupaten), Jambore Daerah (tingkat provinsi), Jambore Nasional (taraf nasional). 

Lomba Tingkat, adalah pertemuan regu-regu Pramuka Penggalang pada bentuk lomba aktivitas kepramukaan. Lomba tingkat dilaksanakan secara berjenjang dimulai berdasarkan tingkat gugusdepan (LT-I), ranting (LT-II), cabang (LT-III), daerah (LT-IV), nasional (LT-V).

Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru), merupakan pertemuan Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru) serta Wakil Pemimpin Regu (Wapinru) Penggalang, yg bertujuan menaruh pengetahuan serta pengalaman di bidang manajerial serta kepemimpinan. Dianpinru diselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang. Kwartir Daerah serta Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinru jika dilihat perlu.

Penjelajahan (Wide Game), merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk mencari jejak (orienteenering) dengan memakai pertanda-tanda jejak, membuat peta, mencatat aneka macam situasi serta dibagi pada pos-pos. Setiap pos berisi aktivitas keterampilan kepramukaan misalnya morse/semaphore, sandi, tali temali serta sejenisnya.

Latihan Bersama, merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dari dua atau lebih gugusdepan yang berada dalam datu kwartir ranting atau kwartir cabang mapun kwartir daerah dengan tujuan buat saling tukar menukar pengalaman. Latihan adonan ini bisa dilaksanakan dalam bentuk lomba, misalnya baris-berbaris, PPPK, senam pramuka serta sejenisnya.

Perkemahan, adalah rendezvous Pramuka Penggalang yg dilaksanakan secara reguler, buat mengevaluasi hasil latihan pada gugusdepan. Perkemahan diselenggarakan dalam bentuk Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), Perjusami (Perkemahan Jum'at Saptu Minggu), perkemahan liburan serta sejenisnya.

Gelar (Demonstrasi) Kegiatan Penggalang, merupakan rendezvous Pramuka Penggalang pada bentuk keterampilan di hadapan warga generik, misalnya baris-berbaris, PPPK, gerak serta lagu, menciptakan konstruksi sederhana dari tongkat/bambu serta tali (pioneering), serta sejenisnya.

Pameran, adalah kegiatan yg memamerkan output karya Pramuka Penggalang kepada warga .

Darmawisata, merupakan kegiatan wisata ke tempat tertentu, misalnya museum, industri, loka bersejarah, serta sejenisnya.

Pentas Seni Budaya, adalah aktivitas yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Penggalang.

Karnaval, merupakan kegiatan pawai yg menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Penggalang.


Anggota Muda > PENEGAK serta PANDEGA
Pramuka Penegak merupakan anggota Gerakan Pramuka berusia 16-20 tahun
Pramuka Pandega merupakan anggota Gerakan Pramuka berusia 21-25 tahun


Tingkatan Pramuka Penegak


KODE KEHORMATAN

TRI SATYA 
demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-benar-benar: 
- Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengamalkan Pancasila 
- Menolong sesama hidup serta ikut serta membangun masyarakat 
- Menepati Dasa Dharma

DASA DARMA
Pramuka itu: 
1. Taqwa pada Tuhan Yang Maha Esa 
2. Cinta alam serta kasih sayang sesama manusia 
3. Patriot yg sopan serta kesatria 
4. Patuh serta suka berMusyawarah 
5. Rela menolong serta tabah 
6. Rajin, terampil, serta gembira 
7. Hemat, cermat, serta bersahaja 
8. Disiplin, berani, serta setia 
9. Bertanggungjawab serta bonafide 
10. Suci pada pikiran, perkataan serta perbuatan 

Berikut kegiatan-kegiatan anggotan Pramuka Golongan Penegak serta Pandega(SMA/MA/Tingkat Lanjut):

Raimuna, adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional. 

Gladian Pimpinan Satuan, adalah kegiatan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega bagi Pemimpin Sangga Utama, Pemimpin Sangga, serta Wakil Pemimpin Sangga serta pengurus Dewan Ambalan/Racana, yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial serta kepemimpinan. Dianpinsat diselenggarakan oleh gugusdepan, kwartir ranting atau kwartir cabang. Kwartir daerah serta Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinsat bila dipandang perlu.

Perkemahan, adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega yang diselenggarakan secara reguler untuk mengevaluasi hasil latihan di gugusdepan dalam satu periode, seperti Perkemahan Saptu Minggu (Persami), Perkemahan Jum'at Saptu Minggu (Perjusami), perkemahan hari libur, serta sejenisnya.

Perkemahan Wirakarya (PW), adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat serta ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. PW diselenggarakan oleh semua jajaran kwartir secara reguler, khusus untuk PW Nas, diselenggarakan apabila dipandang perlu.

Perkemahan Bakti (Perti), adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan serta pengalamannya selama mengadakan pembinaan, baik di gugusdepan maupun di Satuan karya Pramuka (Saka) dalam bentuk bakti kepada masyarakat.

Perkemahan Antar (Peran) Saka, adalah Kegiatan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka (Saka), berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Saat ini Gerakan Pramuka memiliki tujuh Saka. Peran Saka diselenggarakan apabila diikuti minimal oleh dua Satuan Karya Pramuka.

Pengembaraan, adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega berbentuk penjelajahan, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas serta survival.

Latihan Pengembangan Kepemimpinan, adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega untuk menanamkan serta mengembangkan jiwa kepemimpinan bagi generasi muda agar dapat ikut serta dalam mengelola kwartir serta diharapkan di kemudian hari mampu menduduki posisi pimpinan dalam Gerakan Pramuka.

Latihan Pengelola Dewan Kerja, adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman mengenai manajemen Dewan Kerja, sehingga para anggota Dewan Kerja dapat mengelola dewan kerjanya secara efektif serta efisien.

Kursus Instruktur Muda, adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega pengembangan potensi Pramuka, baik sebagai Pribadi, kelompok maupun organisasi untuk mensukseskan pelaksanaan upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengentasan Kemiskinan serta Penanggulangan Bencana.

Penataran, Seminar, serta Lokakarya, adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega untuk mengkaji suatu permasalahan serta merumuskan hasil kajian serta memecahkan masalah secara bersama, sebagai bahan masukan bagi perkembangan Gerakan Pramuka.

Sidang Paripurna, adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega untuk menyusun program kerja bagi Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega dalam satu tahun program, serta akan dijadikan bahan dalam Rapat Kerja Kwartir.

Musyawarah Pramuka Penegak serta Pandega Puteri serta Putera (Musppanitera), adalah pertemuan Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak serta Pramuka Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja serta akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya.

Cukup sekian materi seputar Golongan serta Tingkatan dalam Pramuka, Semoga Bermanfaat bagi semuanya :') #Amin

Kurang serta lebihnya mohon dimaafkan :'3

Salam Pramuka! ( ^o^)7

Wassalam...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel