PENGERTIAN SISTEM AMONG DALAM GERAKAN PRAMUKA TERLENGKAP

Belajar PRAMUKA - Pernahkah abang mendengarkan kata “Among?” yap! Mungkin saja telah pernah,
karena bagi seorang anggota Pramuka pastilah telah tak jarang mendengarkan istilah tadi. Dalam Gerakan Pramuka Sistem Among adalah salah satu cara aplikasi pendidikan.

Namun tahukah kakak siapa yang sudah membangun sistem among tersebut? Raden Mas Suwardi atau yang lebih kita kenal menggunakan nama Ki Hajar Dewantara, beliaulah yg sudah sebagai penggagas sistem among tersebut. Beliau jua adalah bapak pendidikan Indonesia dan sudah mendirikan Perguruan Taman Siswa.

Ki Hajar Dewantara Lahir pada tanggal dua Mei tahun 1889, serta beliau wafat pada tanggal 28 April tahun 1959. Ki Hajar Dewantara pula telah menjabat  sebagai Menteri Pendidikan dalam kabinet RI yang pertama.

Nah, sekarang kita pulang lagi ke topik. Kata Among itu sendiri merupakan merupakan mengasuh, memlihara, ataupun menjaga. Dan orang yang melakukan sistem Among ini diklaim “PAMONG”.


Kalimat yg tertera pada gambar diatas diambil menurut bahasa Jawa. Berikut ini adalah arti berdasarkan kalimat diatas:
1.Ing Ngarso Sung Tulodo Artinya Di depan memberi Teladan.
2.Ing Madya Mangun Karso Artinya Ditengah ikut menciptakan/melaksanakan
3.Tut Wuri Handayani Artinya Di belakang memberi dorongan kearah kemandirian


Nah saudara tertua abang itulah pembahasan singkat mengenai Sistem “Among” pada Pramuka. Semoga bisa bermanfaat buat abang saudara tertua semua, jangan lupa buat share artikel ini ke anak Pramuka lainnya ya! Biar Pramuka Indonesia semakin maju serta berjaya! Oh iya ingat pula buat ikutin iky pada fanspage facebook, supaya sanggup terus update serta ga ketinggalan tentang materi materi Pramuka caranya gampang relatif klik disini >>>  belajar PRAMUKA Fanspage  <<< Terima kasih kak, Salam Pramuka!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel