PRAMUKA MUSLIM 12 AMALAN AMALAN YANG BISA KAMU LAKUKAN DI BULAN SUCI RAMADHAN



IndonesiaKu – Assalamu’alaikum sobat iky seluruh, hari ini iky mau bahas tentang amalan amalan yg  sanggup kamu lakukan di bulan Ramadhan karenapahalanya sangat besar loh, amalan – amalan pada bawah ini ada yg sunnah danada pula yg wajib , tentunya bila engkau mengerjakan amalan ini semua hati kamubakalan tentram deh, iky jamin!

Percuma saja kan kalau kita sudahberada di bulan Ramadhan akan namun amal ibadah kita nir kita tingkatkan! Sungguhmerugi orang orang yang misalnya itu. Padahal pada bulan ramadhan ini adalah bulanyang sangat baik dan mulia dimana pahala kita dilipat gandakan dan di dalambulan ramadhan ini sendiri terdapat satu malam yg lebih baik berdasarkan seribu bulan.hal ini sesuai menggunakan hadist yang berbunyi :

عن أبي هريرة قالَ: كَانَ رسولُاللهِ صلي الله عليه وسلم يُبَشِّرُ أصْحَابَةُ يقولُ: "قَدْ جَاءَكُمْشَهْرُ رَمَضانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللهُ عليكم صِيَامَهُ، تُفَتَّحُ فيهأبوابُ الجَنَّةِ وَتغلَّقُ فيه أبوابُ النَّارِ، فيه لَيْلَةُ خَيْرٌ من ألفِشَهْرٍ، مَن حُرِمَ خَيْرَها فقد حُرِمَ". وهذا لَفْظُ حماد بن زيد. أخرجهالنسائيُّ
Dari Abu Hurairah mengungkapkan: RasulullahShalallahu Alaihi wa Sallam bersabda: “Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuhberkah, sudah diwajibkan atas kalian berpuasa, dibukakan pintu-pintu Surga,ditutup pintu-pintu Neraka. Didalam bulan itu ada satu malam yang lebih baikdari seribu bulan, barangsiapa yg terhalang menurut kebaikannya sungguh iarugi.” (HR. Nasai, Lafadz Hammad bin Zaid)
Nah kini marilah kita masuk kedalambahasan”Amalan – amalan yang wajib kamulakukan pada bulan Ramadhan

1 Melaksanakan Makan Sahur



          Darianas Bin Malik Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW Bersabda :
تَسَحَّرُوافَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً
“Makanlah sahur lantaran sesungguhnya di pada sahur itu terdapatberkah.” [HR Al Bukhari (1923) dan Muslim (1095)]

Di pada hadist ini rasulullahSAW mengungkapkan bahwa di pada makan sahur masih ada banyak berkah, kebaikan danjuga manfaat. So? Sobat masih mau malas malasan sahur? Jangan lagi ya!
Selain itu makan sahur pula akanmemberikan kekuatan serta energi bagi orang yg berpuasa sebagai akibatnya dapatmelaksanakan aktivitas misalnya biasa.

2 Berpuasa



Berpuasa pada bulan Ramadhanmerupakan suatu kewajiban bagi umat muslim sobat niscaya tau itu, hal tersebutsesuai dengan firman Allah SWT yg berbunyi :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَىالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
“Hai orang-orang yg beriman, diwajibkan atas kamu berpuasasebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian supaya engkau bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)
Berpuasa di bulan ramadhan itu merupakan suatu hal yg wajibsobat dan hal ini telah terdapat sejak umat sebelum kita.
Selain itu puasa pada bulan ramadhan jua memiliki banyaksekali manfaat pada pada kesehatan misalnya :
·Meningkatkan fungsi otak
·Menurunkan kadar kolesterol
·Menetralkan Racun
·Meningkatkan system kekebalan
·Terhindar berdasarkan kebiasaan buruk
·Mengontrol berat badan
·Menjadikan ginjal lebih sehat
·Cegah diabetes
Allah SWT Juga sangat sangat mengasihi orang – orang yangberpuasa pada bulan suci Ramadhan.
MasyaAllah Sungguh banyak sekali bukan manfaat berpuasa,apakah sobat masih mau meninggalkan puasa?

3 Menyegerakan Berbuka Puasa


Nah sobat yg satu ini jua seringloh disepelekan orang orang, misalkan aja nih udah masuk waktunya berbuka tapisi budi masih aja tidur tiduran, konduite seperti ini wajib dihilangkan sobat! KarenaRasulullah SAW bersabda :
لَايَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوْا الْفِطْرَ – رواه الشيخان
“Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama merekamenyegerakan berbuka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Jadi orang orang yangmenyegerakan berbuka adalah orang orang yg senantiasa berada dalam kebaikan. Jadimulai sekarang sesudah adzan maghrib pribadi berbuka ya jangan ditunda tundalagi!

4 Memberikan Makanan Berbuka PuasaKepada Yang Membutuhkan



Sobat kita sebagai umat muslimjuga harus peduli menggunakan saudara saudara kita yg kurang bisa, galat satucara yang bisa kita lakukan adalah menggunakan memberikan kuliner berbuka kepadasaudara kita tersebut.
Asal sobat tau saja, memberikanmakanan berbuka pada orang lain itu berarti kita menerima pahala yg samaseperti orang berpuasa loh. Hal ini masih ada dalam sebuah hadist :

مَنْفَطَرَ صَائِمًا فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ وَلَا يَنْقُصُ مِنْ اَجْرِ الصَّائِمِشَيْئٌ – صحيح النسائى و الترمذى
“Barang siapa yg menaruh makanan berbuka kepada orang yangberpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tadi, tanpamengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu” (Shohih Nasa’i danTirmidzi)

Nah sobat sudah ada niat belumuntuk membantu saudara saudara kita yang kurang sanggup?

5 Membaca Al – Quran



          Halyang satu ini sangat khas sekali pada bulan ramadhan, setiap malam pada bulanramadhan masjid masjid sekiar melaksanakan tadarusan yang sanggup dilakukan hinggajam tiga malam atau lebih.

Nah Ayat Al – Quran sendiriditurunkan pertama kali dalam bulan suci ramadhan (Di namakan malam NuzululQuran). Seorang mu`min yg rajin membaca Al-Qur`an merupakan misalnya buahAl-Atrujah, yaitu buah yang aromanya wangi serta cita rasanya enak. Lantaran seorangmu`min itu jiwanya indah, qalbunya jua baik, dan dia bisa memberikan kebaikankepada orang lain.

 Duduk bersamanya terdapat kebaikan. Makaseorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah baik seluruhnya, baik padadzatnya dan baik buat orang lain. Dia seperti buah Al-Atrujah, aromanya wangidan harum, cita rasanya pun enak dan lezat .

6 Berdakwah



          Bulansuci ini sangat disayangkan buat dilewatkan sebagai sarana berdakwah, karenapada bulan ini orang orang akan gampang menerima nasihat petuah yg kitaberikan kepadanya. Berdakwah merupakan suatu hal yg sangat baik dilakukankarena  memiliki manfaat yang sangatbesar bagi semua orang.

وَلْتَكُنْمِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِوَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُون
“Dan hendaklah terdapat di antara engkau segolongan umat yg menyerukepada kebajikan, menyuruh pada yang ma’ruf dan mencegah menurut yg munkar ;merekalah orang-orang yang beruntung” (TQS. Al-Imran[3] : 104)

Tapi sobat harus ingat ya! Memberikannasihat itu harus disertai menggunakan dalilnya. Hal ini sesuai dengan sabdarasulullah SAW “Barangsiapa menunjuki kebaikan, baginya pahala sebagaimanaorang yang mengamalkannya tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkannyasedikitpun.”

7 Sholat Tarawih




          Sholattarawih merupakan sholat yg sangat khas sekali di bulan ramadhan, banyakorang berbondong bonding melaksanakannya lantaran didalamnya masih ada banyaksekali fadhilah di setiap malamnya.
Berikut merupakan fadhilah sholatterwaih malam 1-30

·1.orang mukmin keluar berdasarkan dosanya pada malam pertama, misalnya saat diadilahirkan oleh ibunya.

·2.dan dalam malam kedua, beliau diampuni dan jua kedua orang tuanya (diampunidosa-dosanya), apabila keduanya mukmin.

·tiga.dan dalam malam ketiga, seorang malaikat berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailahberamal, karena ALLOH telah mengampuni dosamu yang telah lewat.”

·4.pada malam keempat, beliau memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil,Zabur, serta Al-Furqan (Al-Quran).

·lima.pada malam kelima, ALLOH Ta’ala memeberikan pahala seperti pahala orang yang shalatdi Masjidil Haram, Masjid Madinah (Nabawi) dan Masjidil Aqsha.

·6.pada malam keenam, ALLOH Ta’ala menaruh pahala orang yang berthawaf diBaitul Makmur dan dimohonkan ampun sang setiap batu serta cadas.

·7.pada malam ketujuh, seolah-olah dia mencapai derajat Nabi Musa AS serta kemenanganBeliau atas Fir’aun dan Haman.

·8.pada malam kedelapan, ALLOH Ta’ala memberinya apa yg pernah ALLOH berikankepada Nabi Ibrahin as

·9.pada malam kesembilan, seolah-olah ia beribadat pada ALLOH Ta’ala sebagaimanaibadatnya Nabi Muhammad SAW

·10.pada Malam kesepuluh, ALLOH Ta’ala mengkaruniai beliau kebaikan dunia dan akhirat.

·11.pada malam kesebelas, beliau keluar menurut global seperti ketika beliau dilahirkan dariperut ibunya.

·12.pada malam keduabelas, ia datang pada hari kiamat sedang wajahnya bagaikanbulan pada malam purnama.

·13.pada malam ketigabelas, ia datang dalam hari kiamat dalam keadaan aman darisegala keburukan.

·14.pada malam keempat belas, para malaikat tiba seraya memberi kesaksianuntuknya, bahwa dia sudah melakukan shalat tarawih, maka ALLOH membebaskannyadari Hisab pada hari kiamat.

·15.pada malam kelima belas, dia didoakan sang para malaikat serta para penanggung(pemikul) Arsy dan Kursi.

·16.pada malam keenam belas, ALLOH menetapkan baginya kebebasan untuk selamat darineraka serta kebebasan masuk ke dalam Surga.

·17.pada malam ketujuh belas, ALLOH berikan padanya pahala misalnya pahala paraNabi.

·18.pada malam kedelapan belas, seseorang malaikat berseru, “Hai hamba ALLOH,sesungguhnya ALLOH ridha kepadamu dan pada ibu bapakmu.”

·19.pada malam kesembilan belas, ALLOH mengangkat derajat-derajatnya dalam SurgaFirdaus.

·20.pada malam ke 2 puluh, ALLOH memberikannya pahala para Syuhada (orang-orangyang tewas syahid) serta shalihin (orang-orang yg saleh).

·21.pada malam kedua puluh satu, ALLOH membangunkan untuknya sebuah gedung daricahaya.

·22.pada malam kedua puluh 2, dia tiba dalam hari kiamat pada keadaan kondusif darisetiap kesedihan serta kesusahan.

·23.pada malam ke 2 puluh tiga, ALLOH membangunkan untuknya sebuah kota di dalamsurga.

·24.pada malam kedua puluh empat, dia memperoleh 24 (duapuluh empat) doa yangdikabulkan.

·25.pada malam kedua puluh lima, ALLOH Ta’ala membebaskannya dari azab kubur.

·26.pada malam keduapuluh enam, ALLOH mengangkat pahalanya selama empat puluhtahun.

·27.pada malam keduapuluh tujuh, ia bisa melewati Shiroth pada hari kiamat,bagaikan kilat yang menyambar.

·28.pada malam keduapuluh delapan, ALLOH mengangkat baginya 1000 (seribu) derajatdalam nirwana.

·29.pada malam ke 2 puluh sembilan, ALLOH memberinya pahala 1000 (seribu) hajiyang diterima.

·30.dan dalam malam ketiga puluh, ALLOH berfirman :
“Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga , mandilahdari air Salsabil serta minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkauhamba-Ku.”

MasyaAllah Banyak sekali fadhilahfadhilah sholat tarawih, apakah sobat masih kepikiran buat meninggalkan sholatyang satu ini? Think again!

8 I’Tikaf



          I’tikaf adalah amalan yg selalu dilakukan oleh baginda Rasulullah SAW, I’tikafini merupakan berdiam diri di masjid menggunakan niat buat beribadah kepada Allah SWT. Rasulullah sendiri ber I’tikaf pada awalramadhan, pertengahan ramadhan, serta paling sering dalam 10 hari akhir ramadhan

Tetapi cukup disayangkan karenaibadah ini dianggap sangat berat sang umat islam, padahal Rasulullah sendiritidak pernah meninggalkan amalan yg satu ini.

9 Bertaubat Kepad Allah SWT



          Padabulan Ramadhan Pintu ampunan terbuka lebar bagi semua umat muslim, olehkarena itu bulan suci yg penuh berkah ini adalah kesempatan kita untukbertaubat mohon ampunan pada Allah, dan Allah niscaya akan mengampuni kitasobat, lantaran Allah itu Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang!

10 Melaksanakan Haji Atau Umrah



          Bagisobat sobat seluruh yang mempunyai rezeki yg relatif, maka laksanakanlah ibadahyang satu ini, karena pada bulan ramadhan ini pahala dilipat gandakan.

Rasulullah SAW mengungkapkan kepadaummu Sinan, seorangwanita Anshar, agar jika tiba bulan Ramadhan, hendaklah dia melakukanumrah, karena nilainya setara menggunakan haji beserta Rasulullah saw. (HR. Bukharidan Muslim)

11 Perbanyak ibadah dalam Malam 10Terakhir Ramadhan (Lailatul Qadar)



          Padabulan ramadhan terdapat sebuah malam yang sangat sangat istimewa loh sobat yanglebih baik menurut seribu bulan! Malam ini disebut malam Lailatul Qadar terdapat dalam malam malam gasal pada 10 terakhirbulan ramadhan.

“Barangsiapa yang shalat dalam malam lailatulqadar menurut iman serta ihtissab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanyayang telah kemudian.” Begitu kata Rasulullah saw. Yang diriwayatkan oleh Bukharidan Muslim. Bahkan, buat menerima malam penuh berkah itu, Rasulullah saw.mengajarkan kita sebuah doa, “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu‘annii.” Ya Allah, Engkaulah Pemilik Ampunan dan Engkaulah Maha Pemberi Ampun.ampunilah aku .

Berikut ini adalah indikasi pertanda malam LailatulQadar :
·Matahari akan terbit dalam pagi harinya dalam keadaan jernih,teduh, misalnya tidak ada sinar. Dari Abi bin Ka’ab bahwa Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda yang adalah,”Subuh hari berdasarkan malam lailatul qadarmatahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana sampai matahari itunaik.” (HR. Muslim)

·Keesokan hari malam Lailatul Qadar, sinarmatahari tampak cerah tetapi teduh.

·Di malam Lailatul Qadar, udara tidaklahdingin, tidak berawan, nir panas, dan tidak terdapat badai.

·Malaikat akan menurunkan ketenangan sehingga insan bisamerasakan kenyamanan tadi serta merasakan kelezatan pada beribadah, yangtidak dihasilkan pada hari-hari yg lain

Semoga Allah SWT Memberikan kita kesempatan dankemudahan buat meraih malam Lailatul Qadar Aamiin..

12 Zakat Fitrah




          Zakatfitra ini sendiri hukumnya harus, serta harus dibayar sebelum hari ramadhanberakhir, baik laki laki maupun perempuan , dewasa juga anak anak wajibmembayarnya, hal ini dilakukan buat membantu saudara saudara kita yg kurangmampu.

13 Perbanyak Sholawat kepada Nabi


          Sholawatadalah suatu perbuatan yang sangat sangat disenangi sang Allah SWT, apalagikalau kita melakukannya pada bulan kudus ramadhan pasti pahala yg kita dapatakan dilipat gandakan.
Berikut adalah manfaat manfaat bersholawat :
·Membacashalawat menjadi bentuk realisasi ketaatan kepada perintah Allah Ta’ala.
·MencontohAllah pada membaca shalawat.
·mencontohpara malaikat-Nya.
·Mendapatbalasan sepuluh rahmah berdasarkan Allah setiap membaca sekali shalawat.
·Diangkatsepuluh derajat lantaran membaca sekali shalawat.
·Ditulissepuluh kebaikan bagi yang membaca sekali shalawat.
·Dihapussepuluh keburukan bagi yang membaca sekali shalawat.
·Menjadisebab utama dikabulkan doa.
·Menjadisebab meraih syafaat Nabi.
·Mendapatpengampunan dari Allah.
·Allah akanmencukupi hidupnya berdasarkan aneka macam macam keluh kesah.
·Sebagaisebab dekatnya seseorang hamba dengan Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallamnanti pada hari kiamat.
·Shalawatbisa mengubah dan menduduki ibadah shadaqoh.
·Menjadisebab terpenuhi aneka macam macam hajat kebutuhan.
·Meraihshalawatnya Allah serta shalawatnya para malaikat atasnya.
·Menjadisebab seseorang meraih kesucian serta kemuliaan.
·Orang yanggemar membaca shalawat akan mendapat warta gembira sebelum matinya.
·Akan meraihkeamanan serta keselamatan berdasarkan rintangan hari kiamat.
·RasulullahShallallahu'alaihi wa sallam akan menjawab shalawat serta salam kepadaorang-orang yg membaca shalawat dan salam kepadanya.
·Bisamembantu seseorang hamba mengingatkan sesuatu yang terlupa.
·Menjadisebab berkahnya suatu majlis agar nir balik pulang dalam keadaan merugi dancacat.
·Membacashalawat sanggup mengusir serta melenyapkan kemiskinan.
·Membacashalawat bisa menghilangkan penyakit bakhil menurut seorang hamba.
·Menjadiselamatnya seseorang hamba dari doanya Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallamyang tidak baik, lantaran dia mendoakan celaka bagi yang mendengar nama disebuttidak membaca shalawat.
·Membacashalawat menjadi jalan menuju sorga.
·Selamat daribusuknya majlis lantaran membaca shalawat.
·Membacashalawat menjadi penyempurna bagi pembicaraan dalam saat berkhutbah.
·Menjadisebab sempurnanya cahaya seorang hamba pada ketika meniti titian.
·Membacashalawat akan mengeluarkan seseorang dari sifat kasar serta keras kepala.
·Menjadisebab langgengnya kebanggaan Allah atasnya.
·Mendatangkankeberkahan pada orang yg membaca shalawat.
·Orang yangmembaca shalawat akan meraih rahmat menurut Allah.
·Sebagaibukti cinta Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam secara tak pernah mati.
·RasulullahShallallahu'alaihi wa sallam akan selalu mencintai orang yg membaca shalawat.
·Menjadisebab seseorang hamba meraih hidayah.
·Nama orangyang membaca shalawat akan disampaikan kepada Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam
·Menjadisebab teguhnya kaki dalam ketika meniti titian.
·Denganmembaca shalawat berarti seorang sudah menunaikan haknya Nabi MuhammadShallallahu'alaihi wa sallam atasnya.
·Mengandungdzikir serta syukur kepada Allah.
·Shalawatadalah doa karena dengan membaca shalawat berarti telah memuji khalilullah dankekasih-Nya. Dengan itu berarti sudah mendoakan baik untuknya.

Alhamdulillah telah iky paparkansemua amalan amalan yg sanggup kita lakukan pada bulan suci Ramadhan ini, semogaamal serta ibadah kita diterima Allah SWT dan kita mampu meraih malam lailatulQadar Aamiin..
Semoga artikel ini bermanfaatbuat sobat semua, ingat pada share ya karena itu adalah amalan berdakwahjuga loh. Oke sekian dulu berdasarkan iky assalamu’alaikum!










Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel