PRAMUKA MUSLIM DITERIMAKAH PUASA SEORANG WANITA YANG TIDAK BERJILBAB



Saya nir menggunakan hijab, apakah sahih puasa perempuan yg tidakberhijab itu nir pada terima?


Jawab:

Bismillah was shalatu was salamu ‘alaRasulillah, amma ba’du, dikutip dariKonsultasi Syariah.

Kita meyakini amal soleh pada bulan ramadhan, pahalanya dilipatgandakan. Dan kita jua perlu sadar bahwa perbuatan maksiat yang dilakukanmanusia pada bulan ramadhan, dosanya jua dilipat gandakan.

Al-Allamah Ibnu Muflih dalam kitabnya Adab Syar’iyah menyatakan,

فصل زيادة الوزر كزيادة الأجر في الأزمنة والأمكنة المعظمة

Pembahasan tentang kaidah, bertambahnya dosa sebagaimanabertambahnya pahala, (waktu dilakukan) pada saat serta loka yang mulia.

Selanjutnya, Ibnu Muflih mengungkapkan berita gurunya,Taqiyuddin Ibnu Taimiyah,

قال الشيخ تقي الدين: المعاصي في الأيام المعظمة والأمكنة المعظمةتغلظ معصيتها وعقابها بقدر فضيلة الزمان والمكان

Syaikh Taqiyuddin menyampaikan, maksiat yg dilakukan di waktuatau loka yang mulia, dosa serta hukumnya dilipatkan, sinkron tingkatankemuliaan saat serta loka tadi. (al-Adab as-Syar’iyah, 3/430).

Orang yg melakukan maksiat pada bulan ramadhan, beliau melakukandua kesalahan,

Pertama, melanggar larangan Allah
Kedua, menodai kehormatan ramdhan dengan maksiat yg beliau kerjakan.
Karena itulah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberiancaman keras orang yg masih rajin bermaksiat saat puasa. Dari Abu HurairahRadhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَلِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa yg nir meninggalkan perkataan bohong malahmengamalkannya, maka Allah nir butuh berdasarkan rasa lapar dan haus yang diatahan.” (HR. Bukhari 1903, Turmudzi 711 serta yang lainnya).

Al-Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan fakta berdasarkan Ibnul Munayir,

هو كناية عن عدم القبول ، كما يقول المغضب لمن رد عليه شيئا طلبهمنه فلم يقم به : لا حاجة لي بكذا . فالمراد رد الصوم المتلبس بالزور وقبول السالممنه

Ini adalah ungkapan nir diterimanya puasanya. Seperti orangyang sedang marah, waktu beliau menyuruh orang lain tapi nir dilakukannya,kemudian beliau menyampaikan, “Aku gak butuh itu.” Sehingga maksud hadis, menolakpuasa orang yang masih aktif berbuat dosa, dan tidak menerima dengan baikdarinya. (Fathul Bari, 4/117).

Buka Aurat, Menebar Dosa
Ketika wanita memamerkan auratnya, yang terjadi, dia sedangmenjadi sumber dosa. Dosa bagi setiap lelaki yg melihat dirinya. Itulah parawanita yg menjadi karena banyak lelaki melakukan zina mata. Para wanita yangmengobral harga diri dan auratnya di depan umum, tanpa rasa memalukan.

Karena itu, cara memahaminya bukan sekali memamerkan aurat,sekali berbuat dosa, bukan demikian. Tapi juga perlu diperhatikan berapa jumlahlelaki yang terkena pengaruh berdasarkan dosa yang beliau lakukan.

Karena itu, lumrah jika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallammemberikan ancaman sangat keras untuk model manusia semacam ini.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا، قَوْمٌ مَعَهُمْسِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌعَارِيَاتٌ مُمِيلَاتٌ مَائِلَاتٌ، رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِالْمَائِلَةِ، لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ، وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا، وَإِنَّرِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

“Dua jenis penghuni neraka yg belum pernah aku lihat.

(1) Sekelompok orang yg membawa cambuk seperti ekor sapi, dandia gunakan buat memukuli poly orang.

(dua) para perempuan yang berpakaian tapi telanjang, jalanberlenggak-lenggok, kepalanya misalnya punuk onta, mereka nir masuk surga dantidak menerima harumnya nirwana, padahal bau harum surga bisa dicium sejarakperjalanan yang sangat jauh.” (HR. Ahmad 8665 serta Muslim 2128).

Puasanya Tidak Diterima
Jika puasa seorang menjadi tidak bernilai gara-gara dosa yangdia kerjakan.

Apa yg sanggup anda bayangkan, ketika terdapat orang yang menjadisumber dosa?

Layak kah dia berharap puasanya diterima?

Bahkan lantaran karena beliau, poly lelaki yang pahala puasanyaberkurang. Wallahu a’lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel