RINGKASAN MATERI SMA KELAS 11 BAB SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA

BELAJAR PRAMUKA -Berikut ini merupakan kompendium MateriSMA kelas 11 mengenai BAB Sistem Pernapasan dalam Manusia, semoga berguna bagi sahabat-temansemuanya, silahkan dicatat.

BAB 7 SISTEMPERNAPASAN MANUSIA


A. Alat Pernapasan Manusia

1. Hidung
Hidung adalah bagian paling atasdari indera pernapasan serta adalah indera pernapasan paling awal yang dilaluiudara. Di pada rongga hidung terdapat rambut-rambut halus dan selaput lendiryang berfungsi buat meyaring udara yg masuk serta mengeluarkanpartikel-partikel.

2. Laring (Pangkal Tenggorokan)

Faring merupakan lanjutan menurut saluran hidung yangmeneruskan udara ke laring. Laring terdiri menurut lempengan-lempengan tulangrawan. Bagain pada dindingnya digerakkan sang otot buat menutup serta membukaglotis. Glotis adalah lubang seperti celah yang menghubungkan faring dengantrakea.

3. Trakea (Batang Tenggorokan )

Trakea tersusun berdasarkan cincin tulangrawan yang terletak pada depan kerongkongan dan berbentuk pipa. Bagian dalamtrakea licin dan dilapisi sang selaput lendir serta memiliki lapisan yangterdiri dari sel-sel besilia.

4. Bronkus (Cabang Batang Tenggorokan)

Merupakan bagian yg menghubungkan paru-paru dengantrakea. Bronkus masih ada pada paru-paru kanan serta kiri. Setiap bronkus terdiridari lempengan tulang rawan dan dindingnya terdiri dari otot halus.

5. Pulmo (Paru-Paru)

Paru-paru merupakan indera pernapasan yg terletak pada dalamrongga dada dan di atas diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan yangmembatasi rongga dada serta rongga perut. Paru-paru diselubungi oleh selaputelastis yang dianggap pleura.

B.mekanisme Pernapasan

Proses pernapasan pada manusia dapatterjadi secara sadar juga secara nir sadar, berikut penjelasannya.

1.pernapasan Dada

Pernapasan dadadisebut pula pernapasan tulang rusuk. Proses ilham diawali denganberkontraksinya muskulus interkostalis, sehingga mengakibatkan terangkatnyatulang rusuk. Sebaliknya, proses ekspirasi berlangsung pada ketika muskulusinterkostalis berelaksasi sehingga tulang rusuk turun kembali.

2.pernapasan Perut

Mekanisme proses wangsit pernapasanperut diawali dengan berkontraksinya otot diafragma, sehingga diafragma yangsemula melengkung berubah sebagai datar. Proses ekspirasi terjadi dalam ketika otodiafragma berelaksasi, sebagai akibatnya diafragma kembali melengkung.

C. Volume Dan Kapasitas Paru-Paru

Pada orang dewasa volume paru-paruberkisar antara 5-6 liter yang terdiri dari :
     1.volume tidal kira-kira 500mililiter.
     dua.volume dengan inspirasimencapai 3000 ml.
     tiga.volume cadangan ekspirasipada keadaan normal sebesar 1100 ml.
     4.volume residu kira-kirasebanyak 1200 mililiter.

D. Frekuensi Pernapasan

CepatLambatnya insan melakukan pernapasan dipengaruhi sang beberapa faktordiantaranya sebagai berikut :
     1.umur
     Bertambahnyaumur seseorang menyebabkan frekuensi pernapasan sebagai lambat.
     2.jenis Kelamin
     Padaumumnya lelaki lebih poly membutuhkan tenaga.
     3.suhu Tubuh
     Manusiamemiliki suhu tubuh yg kontinu (berkisar antara 36-37°C) lantaran insan mampumengatur produksi panas tubuhnya dengan menaikkan laju metabolisme.
     4.posisi Tubuh
     Posisitubuh akan mempengaruhi banyaknya otot yg bekerja.

E. Mekanisme Pertukaran Oksigen DanKarbondioksida

Pertukaran oksigendan karbondioksida terjadi melalui proses difusi. Proses tadi terjadi diAlveolus serta di sel jaringan tubuh. Proses difusi berlangsung sederhana, yaituhanya dengan gerakan molekul-molekul secara bebas melalui membran sel darikosentrasi tinggi atau tekanan tinggi ke konsentrasi rendah atau tekananrendah.
            Oksigen masuk kedalam tubuh melaluiinspirasi dari rongga hidung sampai alveolus. Di alveolus oksigen mengalamidifusi ke kapiler arteri paru-paru. Oksigen menurut kapiler arteri diikat oleheritrosit yg mengandung hemoglobin sampai sebagai jenuh. Hemoglobin akanmengangkut oksigen ke jaringan tubuh yang lalu akan berdifusi masuk kesel-sel tubuh atau jaringan tubuh, oksigen digunakan buat proses respirasi didalam mitokondria sel. Semakin poly oksigen yang digunakan oleh sel-sel tubuhsemakin banyak karbondioksida yang terbentuk menurut proses respirasi.

F. Kelainan Dan Penyakit Pada SistemPernapasan Manusia

     1.Faringitis
     Merupakanperadangan pada faring sebagai akibatnya ada rasa nyeri dalam waktu menelan makananataupun kerongkongan terasa kemarau.

     2.Pneumonia
     Adalahperadangan paru-paru dimana alveolus umumnya berisi cariran dan eritrosit yangberlebihan. Jenis pneumonia yg umum adalah pneumonia bakteri.

     3.Emfisema Paru-paru
     Adalahjumlah udara yang hiperbola dalam paru-paru.

     4.Asma
    Ditandaidengan kontraksi yang kaku menurut bronkiolus yang mengakibatkan kesukaran bernafas.

     5.Dipteri
     Merupakanpenyakit infeksi yg disebabkan sang bakteri carynebacterium diptherial yangdapt meimbulakan penyumbatan dalam rongga faring (faringitis) juga laring(laringitis) sang lendir yang didapatkan bakteri tersebut.

     6.Asfiksi
    Adalahgangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan yang disebabkan terganggunyafungsi paru-paru, pembuluh darah, ataupun jaringan tubuh.

     7.Tuberkulosis (TBC)
     Merupakanpenyakit khusus yang ditimbulkan sang bakteri mycobacterium tuberculosae.


Demikianlah tentang kompendium Materi SMA kelas 11 tentangBAB Sistem Pernapasan, semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabat semuanya, serta janganlupa buat share artikel ini ke sahabat-sahabat seperjuangan lainnya agar lebihberkah, tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan, relatif sekianwassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel