SAKA TELEMATIKA


SEJARAH DAN ORGANISASI SAKA TELEMATIKA

SAKA TELEMATIKA artinya Satuan Karya Pramuka yang membidangi kasus Teknologi serta Informasi, saka ini terbilang baru dan dirintis oleh Kwartir Daerah Jawa Barat menggunakan bekerja sama menggunakan Telkom semenjak Maret 2011. Pembentukan Saka Telematika ditandatangani oleh Direktur Konsumer Telkom, I Nyoman G. Wiryanata bersama Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat Dede Yusuf Effendi pada GKP Telkom pada Jalan Japati 1 Bandung.

Cianjur merupakan galat satu kabupaten pada Indonesia yg telah menciptakan saka tadi. Dari tahun pertama Saka ini mulai digulirkan, Kwarcab Cianjur menyambutnya dengan membangun Saka Telematika Kwarcab Cianjur. Pada Musyawarah Cabang Kwarcab Cianjur tahun 2011, Saka Telematika secara resmi menjadi Saka kesepuluh yg hadir di Kwarcab Cianjur.

Tujuan dibentuknya Saka Telematika ini pada awal berdirinya adalah menjadikan Ikon modern berdasarkan Pramuka sendiri juga mendukung 3.3 Juta Blog Pramuka Jawa Barat, tujuan lainnya mempunyai rasa cinta kepada telekomunikasi, edutainment, multimedia dan informatika Indonesia yang berakibat Pramuka Indonesia lebih dekat dengan fitur-fitur teknologi yang semakin berkembang.  Namun sekarang Saka Telematika pula ditujukan buat melakukan  sosialisasi Gerakan Internet Sehat, sebagai akibatnya Pramuka bisa tampil didepan memberi ruang belajar,berlatih, bermain dan berbakti pada dunia IT yg sehat serta penuh manfaat.

Sebagaimana Saka yang lainnya, Saka Telematika memiliki krida-krida. Ada 4 (empat)  krida. Krida-krida yg dimaksud  yakni:

1. Krida Telekomunikasi
  1. SKK Jaringan Telekomunikasi
  2. SKK Jasa Telekomunikasi
  3. SKK Interkoneksi Telekomunikasi
2. Krida Informatika
  1. SKK Internet (Web) : Hosting, domain
  2. SKK E-Commerce :  plasa.com
  3. SKK Social Networking
3. Krida Multimedia
  1. SKK Broadcast / TV / TV Cable
  2. SKK Video
  3. SKK Teleconfrence
  4. SKK Design Grafis
4. Krida Edutainment
  1. SKK Game Online
  2. SKK Content : Music, Film, Edukasi

PERKEMBANGAN ATAU PERSOALAN?


Eksistensi Saka Telematika sayang sekali belum ditindaklanjuti dengan sungguh-sungguh sang Kwartir Daerah Jawa Barat dan PT Telkom. Hal ini terbukti dengan syarat Kwarda Jabar yg makin menurun motivasinya pada menggerakkan Saka Telematika. Demikian jua yang terjadi di PT Telkom, sistem serta mekanisme kerja BUMN yang cenderung berorientasi profit menjadi salahsatu penghambat berjalannya roda organisasi SakaTelematika. Sehingga sampai ketika ini anggota Saka Telematika secara independen menjalankan,mempertahankan serta mengembangkan roda organisasinya.


Satuan Karya yang acapkali lebih bernuansa instansional-khususnya instansi pemerintah nir dirasakan sang Saka Telematika, karena lebih cenderung dibina sang PT Telkom. Namun menggunakan tidak jelasnya dukungan PT Telkom dalam pengembangan Saka Telematika, adalah lumrah lalu berdiri, satuan karya lain yg nir jauh materi dan bidang garapannya yg bersifat instansional. Sebagai model yaituberdirilah  Saka Informatika serta Saka Kominfo di beberapa kwarcab pada lingkungan Kwarda Jawa Barat. Kwarcab Kota Bandung menjadi jantung Jawa Barat saja terbukti lebih memilih adanya Saka Kominfo daripada Saka Telematika.



LAMBANG SAKA

Lambang Saka Telematika waktu berdiri bulan Maret 2011 belum jelas. Maka Saka Telematika Kwarcab Cianjur berinisiatif  menciptakan lambang dengan gambar berikut:


Namun lalu dalam Raimuna Daerah XII bulan Desember 2012, Relawan TIK Jabar menjadi tim rintisan Saka Telematika menampilkan lambang  sebagai berikut:


Gambar ini, nir diterima pada Kwarcab Cianjur, lantaran dievaluasi terlalu menampilkan lambang Telkom. Padahal Satuan Karya bukan milik menurut BUMN eksklusif.





Walaupun kemudian berkembang gagasan adanya lambang lain yaitu, lambang ini, tetapi Pimpinan Saka Telematika Cianjur permanen memakai lambang Saka berbingkai coklat, hingga ketika ini.

Sekedar tahu, inilah lambang Saka Informatika serta Saka Kominfo:



Demikian goresan pena ini, semoga bermanfaat 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel