SEJARAH SANDI MORSE

Sejarah dan pengetahuan Morse


Samuel Finley Breese Morse(lahir pada Charlestown, Massachusetts, Amerika Serikat, 27 April 1791 – mati di New York City, New York, Amerika Serikat, 2 April 1872 pada umur 80 tahun) adalah seorang penemu asal Amerika Serikat. Morse juga pelukis, tetapi dia lebih populer atas penemuan telegraf listrik. Bersama dengan asistennya Alexander Bain beliau membangun huruf khusus buat digunakan di telegraf, yang dianggap kode Morse.
Ia menerima ilham buat membuat telegrafi elektrik waktu melihat seorang penumpang di kapal yang ia tumpangi memperagakan elektromagnet. Morse menghasilkan telegraf listrik pertama yg berguna pada tahun 1835. Pada tahun 1843 ia memperoleh 30.000 dolar Amerika menurut Kongres buat jalur eksperimen dari Washington, D.C. Ke Baltimore dan dalam lepas 24 Mei 1844 beliau mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, menurut Washington ke Baltimore, dengan kode Morse: “What hath God wrought”, kata-istilah dalam pesan itu merupakan, “Apakah yang telah Tuhan tulis?”.
Morse hayati sampai usia lanjut. Ia sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang pada seluruh bagian global termasuk kabel-kabel bawah laut. Pada ulang tahunnya yg ke delapan puluh. Sebuah patung dirinya diresmikan pada Central Park, New York sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Setahun sehabis itu dia mati.
Alat serta Cara Pengiriman Isyarat menggunakan Morse :
Kita mengenal aneka macam macam cara dan alat buat menyampampaikan isyarat morse diantaranya sebagai berikut
                ALAT                                                               CARA
Peluit                                                      :           Bunyi Panjang serta Pendek
Bendera                                                 :           Kibaran Panjang serta Pendek
Api/ Cahaya                                           :           Nyala Pendek dan Panjang
A s a p                                                     :          Gumpalan Kecil serta Besar
Telegrap                                                 :          Tulisan Titik serta Garis
Cermin dengan bantuan cahaya matahari    :         Sinar Sebentar dan Lama


Trik cepat hapal morse
Kadang kita kesulitan menghapal atau mengingat pulang isyarat morse, padahal besok mau ikut lomba Galang apalagi jarang berlatih secara periodic. Berikut ini tips menghapal morse dengan cepat. Lihat gambar di bawah ini :


Petunjuk Penggunaan :
  1. Gambar di atas terbagi sebagai dua bagian, kanan, dan kiri.
  2. Cara membacanya berdasarkan atas ke bawah.
  3. Blok putih menampakan kode titik (  . ) serta blok hitam kode strip (  – ).
  4. Contoh sebelah kiri: Jika isyarat menunjukan satu kali putih sama dengan satu kali titik adalah alfabet E.contoh lain : ( dibaca berdasarkan atas, ya ) putih-putih-putih-putih merupakan 4 titik ( …. )Berarti alfabet H.contoh lagi : hitam-hitam-putih ialah dua strip 1 titik (  – – . ) berarti huruf G
  5. Ingat blok sebelah kiri selalu diawali menggunakan blok Titik ( Putih ) serta blok kanan selalu diawali menggunakan blok strip ( Hitam )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel