SKU PENJELASAN PERKEMABNGAN FISIK LAKILAKI DAN PEREMPUA


Penjelasan Perkembangan dalam Manusia - Manusia dalam proses hidupnya tidak hanya mengalami pertumbuhan berukuran badan namun mengalami perkembangan mental. Perkembangan insan dimulai sejak berdasarkan tahap pembuahan dan sebagai zigot. 

Zigot berkembang menjadi janin pada rahim, dan sejak pada rahim pula perkembangan fisik serta mental manusia terjadi. Berbeda menggunakan pertumbuhan yang bersifat tidak mampu kembali. Perkembangan manusia memiliki bentuk seperti kurva menurut ketika bayi yang nir mampu apa-apa, berkembang segala kemampuan tubuhnya dan balik sebagai tidak mampu apa-apa pada saat tua serta pikun.

Pertumbuhan badan dan perkembangan terjadi secara cepat dari sejak bayi hingga termin remaja. Bayi yg baru lahir biasanya belum bisa melihat tetapi indera indra yg lain misalnya indera pendengaran telah berfungsi.

Perkembangan seseorang sangat dipengaruhi fungsi otak dan kerja hormon. Fungsi otak yg berkembang, tampak berdasarkan bayi yg awalnya hanya mampu menangis berkembang menjadi balita yang bisa diajak bicara dan menjadi orang dewasa dengan aneka macam kemampuan. Perkembangan dalam manusia tidak hanya dipengaruhi oleh faktor makanan serta hormon saja, tetapi jua menggunakan banyaknya pengalaman seseorang.

Perkembangan merupakan suatu proses menuju kedewasaan yg tidak bisa diukur, namun tahap perkembangan seorang bisa ditandai menggunakan beberapa perubahan dalam fisik serta sikap seseorang. Pertumbuhan fisik yang merupakan karakteristik seorang anak telah berkembang sebagai remaja merupakan keluarnya ciri kelamin primer (primer) dan karakteristik kelamin ke 2 (sekunder).


Laki-laki mengalami perubahan bentuk fisik pada masa pubertas. Ciri-karakteristik khusus perkembangan remaja laki-laki adalah menjadi berikut.

a. Diproduksinya sel sperma

Sel sperma dihasilkan sang alat yg diklaim testis. Sperma merupakan sel kelamin jantan yang berbentuk misalnya kecebong. Sel ini terdiri atas bagian ketua, leher, dan ekor. Testis memproduksi puluhan juta sperma setiap harinya. Produksi sperma yg hiperbola akan dibuang ketika seseorang remaja pria mengalami mimpi basah. Cairan sperma akan dimuntahkan menurut kantung testis yg sudah penuh. Pematangan sperma dan perkembangan mental pria terjadi pada masa remaja.

b. Otot menjadi bertenaga serta dada terlihat bidang

Ketika remaja, otot rangka anak pria lebih berbentuk serta semakin kuat. Latihan pada otot akan semakin memperkuat fungsinya. Selain itu, anak pria juga mengalami perubahan bentuk pada bagian dadanya. Bahunya akan melebar dan berbentuk bidang.

c. Tumbuh Jakun

Jakun adalah tonjolan keras yang berada pada tengah leher bagian depan. Tumbuhnya jakun pada masa remaja membuat pita suara laki-laki menjadi lebih besar . Suara pria yg sebelumnya bernada tinggi, berubah sebagai relatif rendah. Hal ini yang menciptakan bunyi laki-laki terdengar berat serta akbar waktu memasuki masa pubertas.

d. Tumbuh kumis dan jenggot

Perubahan tubuh dalam remaja laki-laki jua ditandai dengan tumbuhnya kumis dan jenggot. Kumis merupakan rambut yang tumbuh pada atas bibir serta pada bawah hidung. Jenggot merupakan rambut yang tumbuh pada lebih kurang dagu. Selain itu, perubahan lainnya adalah tumbuhnya rambut-rambut halus di sekitar alat kelamin. Alat kelamin juga mulai mengembang. 


Ketika remaja, tubuh anak perempuan akan membentuk sel telur (ovum). Payudara serta pinggul akan mengembang. Selain itu, dalam beberapa bagian tubuhnya akan tumbuh rambut-rambut halus.

a. Diproduksinya sel telur (ovum)

Perubahan primer masa pubertas yg terjadi pada wanita adalah diproduksinya sel telur. Alat tubuh yg menghasilkan sel telur dianggap indung telur (ovarium). Hal ini ditandai menggunakan terjadinya menstruasi.

Menstruasi adalah munculnya darah dari liang kelamin. Liang kelamin ini dianggap vagina. Darah terjadi akibat meluruhnya dinding rahim sebelah dalam. Setiap bulannya ovarium membentuk sel telur yang telah matang serta siap dibuahi. Sel telur tersebut kemudian akan berkiprah menuju ke saluran telur. Hal ini mengakibatkan menebalnya dinding rahim sebelah dalam. Dinding tadi akan menebal dan dipenuhi pembuluh darah. Hal ini adalah persiapan apabila terjadi pembuahan.

Jika tidak terjadi pembuahan, sel telur akan meninggal. Hormon estrogen yang dihasilkan ovarium akan menurun jumlahnya. Akibatnya, jaringan serta pembuluh darah di dinding pada rahim akan mengelupas dan meluruh. Jaringan serta pembuluh darah yg meluruh ini dikeluarkan dalam bentuk darah menstruasi. Oleh karenanya, waktu menstruasi perut bagian bawah akan merasa sakit. Siklus menstruasi berulang setiap 28 hingga 36 hari sekali.

b. Pertumbuhan payudara

Payudara anak perempuan akan tumbuh menonjol serta membesar pada masa remaja. Payudara perempuan yang sudah melahirkan akan membentuk air susu (ASI). ASI diperlukan sang bayi serta sangat baik bagi perkembangannya.

c. Melebarnya pinggul

Perubahan lain yg terjadi pada wanita waktu remaja merupakan mulai melebarnya pinggul. Pinggul yg lebar dipersiapkan buat mempermudah proses persalinan dalam ketika melahirkan. Selain itu, dalam daerah lebih kurang kemaluan akan tumbuh rambut-rambut halus dan pada beberapa orang disertai menggunakan tumbuhnya bulu ketiak.

Perubahan kedewasaan laki laki atau masa puber mampu tampak berdasarkan luar berupa perubahan bunyi serta rambut pada wajah tampak menebal. Perubahan remaja pada segi budaya bisa dicermati ketika beliau bergaul dengan sahabat-sahabat sebayanya, budaya yang beliau terapkan merupakan budayabudaya serapan menurut luar negeri dan bukanlah budaya pada negeri sendiri.

Hal ini dapat terjadi karena sifat ke egoannya lebih besar ketimbang dengan sifat kemandiriannya, hal ini bisa menciptakan rusak atau hilangnya budaya sendiri. Para remaja lebih senang berpesta pora menjadi istiadat atau kebudayaan baru daripada saling menolong satu sama lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel