TEKNIK MENENTUKAN AZIMUTH DAN BACK AZIMUTH PADA KOMPAS PETA

Teknik memilih azimuth serta back azimuthmerupakansebuah teknik dasar yang harus dikuasai dalam peta kompas atau navigasi darat.dengan kata lain saat melakukan navigasi darat (teknik memilih posisi dipeta dan medan berupa daratan) dengan menggunakan kompasdan peta diharapkan kemampuan dalammenentukan azimuth serta back azimuth. Selain azimuth dan back azimuth, tekniklainnya yg harus dikuasai merupakan orientasi peta, resection, dan intersection.

Bagi seorangpramukadan penggiat alam bebas lainnya (seperti pencinta alam), teknik-teknikdasar navigasi darat, termasuk cara memilih azimuth serta back azimuth akansangat krusial untuk dikuasai. Ini supaya kegiatan penjelajahan serta petualangandi alam terbuka bisa berlangsung menggunakan lancar. Karena itu nir mengherankanjika kemampuan ini lalu sebagai galat satu syarat dalamSKU Pramuka Penegak Bantara.

Dalam artikel kali ini, Kakak hanya akan membatasipembahasan padateknik menentukan azimuth dan back azimuth. Sedang teknikdasar lainnya akan dibahas dalam artikel tersendiri.


Mengenal Azimuth dan Back Azimuth


Apa sih azimuth dan back azimuth? Azimuth, dalambahasa Indonesia kata yg sahih adalah azimut (lihat Kamus Besar BahasaIndonesia). Azimuth atau diklaim jua sebagai sudut kompas merupakan akbar sudutyang tercipta antara satu titik dengan arah utara berdasarkan Sang Pengamat yangdihitung searah dengan jarum jam. Jika kita membidik suatu obyek atau indikasi dilapangan (menggunakan memakai kompas), dan memperoleh sudut yg tercipta antaraobyek menggunakan arah utara, maka sudut itulah yang dianggap menjadi azimuth.
Sedangkan back azimuth adalah kebalikan dariazimuth yaitu sudut yg terbentuk berbalik dari azimuth atau antagonis denganarah jarum jam. Back azimuth diklaim jua menjadi back reading atau target kembali.
Azimut terdiri atas tiga macam, yaitu :
1.azimuh sebenarnya,yaitu akbar sudut yg terbentuk antara utara sebenarnya (utara yg mengarahpada kutub utara bumi) menggunakan titik target.
2.azimuh magnetis, yaitubesar sudut yg terbentuk antara utara magnetik (ditunjukan oleh jarum kompas)dengan titik target.
3.azimuh peta, yaitubesar sudut yg terbentuk antara utara peta (utara pada peta) dengan titiksasaran.

Azimuthdan back azimuth dinyatakan dalam satuan derajat. Contoh penulisannya secaralengkap merupakan 211°30'20", dibaca menjadi 211 derajat, lebih 30 mnt,lebih 20 dtk. (60 dtk = 1 mnt dan 60 mnt = 1 derajat). Baca :Arah Mata Angin danKompas



Cara Menentukan Azimuth dan Back Azimuth


Untuk memilih sudut azimuth relatif gampang.caranya cukup menggunakan membidikkan kompas pada obyek atau tanda di lapangan yangdituju. Besaran derajat (arah) yg didapat tersebutlah yang disebut sebagaiazimuth. Namun sebelumnya kita wajib mengetahui serta memastikan posisi kita dipeta atau yang biasa dianggap sebagai teknik orientasi medan. Sehingga kitadapat memindahkan atau menggambar azimuth tersebut pada atas peta.
Sedangkan buat memilih back azimuth atausasaran kembali, pakai penghitungan :
1.bila azimut lebih dari180°, maka back azimuth-nya adalah azimut dikurangi 180°. Contoh, azimuth yangdiperoleh 275° maka back azimuth-nya merupakan 265° - 180° = 85°.
2.bila azimuth kurangdari 180°, maka back azimut-nya merupakan azimuth ditambah 180°. Contoh, azimuth yangdiperoleh 82° maka back azimut-nya adalah 82° + 180° = 262°.
3.jika azimuth tepat180°, maka back azimutnya adalah 0° atau 360°.

Di atas sudah dijelaskan bahwa azimuth terdiri atas 3 macam,sesuai menggunakan macam utara. Yaitu utara sebenarnya (utara yang mengarah padakutub utara bumi), utara magnetik (ditunjukan oleh jarum kompas), serta utarapeta. Hal ini sebenarnya nir terlalu berpengaruh bila selisih sudutnyasangat mini , seperti di Indonesia. Akan namun dalam beberapa tempat, selisihsudut/deklinasi sangat besar sebagai akibatnya perlu dilakukan perhitungan koreksi sudutsaat memasukkan output penghitungan azimuth ke peta.

Itulah tadi pengertian mengenai azimuth serta back azimut sertateknik buat memilih azimuth serta back azimut. Semoga galat satu scoutingskill terkait navigasi darat ini bermanfaat bagi pramuka utamanya saatmelakukan petualangan pada alam terbuka.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel