SOAL UTN PLPG 2019 HAKIKAT BAHASA DAN PEMEROLEHAN BAHASA


MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA


MEMAHAMIHAKIKAT BAHASA DAN PEMEROLEHAN BAHASA


1.Setiapbahasa mempunyai karakteristik spesial sendiri yg nir dimiliki sang bahasa lainnya.

Pernyataanini menampakan bahwa bahasa bersifat ...

A.arbitrer

B.variatif

C.dinamis

D.unik

Jawab:D

Pembahasan:

Arbitrer: adalah tidakadanya interaksi harus antara lambang bahasa (yang berwujud bunyi itu) dengankonsep atau pengertian yang dimaksud sang lambang tadi (mana suka )

Variatif: bahasa beragamsesuai status sosial dan latar belakang budaya.

Dinamis: kegiatan manusiaitu selalu berubah, maka bahasa menjadi ikut berubah, menjadi tidak permanen, menjadidinamis. Perubahan itu bisa berupa pemunculan istilah atau kata baru,peralihan makna sebuah istilah, dan perubahanperubahan lainnya.

Unik: setiap bahasamempunyai ciri khas sendiri yang tidak dimiliki sang bahasa lainnya. Ciri khas

inibisa menyangkut sistem suara, sistem pembentukan istilah, sistem pembentukankalimat, atau sistem-sistem lainnya.



2.Salahsatu teori pemerolehan bahasa menyatakan bahwa kematangan bernalar berbandinglurus menggunakan kemampuan berbahasa.

Konsepini berpijak pada pandangan ...

A.kognitivisme

B.nativisme

C.interaksionisme

D.behaviorisme


Jawab: A

Pembahasan:

TeoriKognitivisme:Perkembangan bahasa harus berlandaskan pada perubahan yang lebih mendasar danlebih generik di dalam kognisi. Jadi, urutan-urutan perkembangan kognitifmenentukan urutan perkembangan bahasa

Teori Nativisme: bahasa hanyadapat dikuasai sang insan, binatang tidak mungkin dapat menguasai bahasamanusia. Setiap manusia yang lahir telah dibekali menggunakan suatu alat untukmemperoleh bahasa (language acquisitiondevice, disingkat LAD).

Teoriinteraksionismeberanggapan bahwa pemerolehan bahasa merupakan output hubungan antara kemampuanmental pembelajaran serta lingkungan bahasa.

Teoribehaviorisme:menyoroti aspek perilaku kebahasaan yangdapat diamati pribadi serta interaksi antara rangsangan (stimulus) dan reaksi (response).

3.Penguasaankemampuan memformulasikan kaidah yang berada pada level rumit yg dicapai anakpada usia prasekolah adalah bagian dari pemerolehan bahasa pada bidang ...

A.fonologi

B.morfologi

C.sintaksis

D.semantik


Jawab:B

Pembahasan:

Pemerolehan bahasa dalam bidang fonologi: semenjak anak dilahirkansampai usia 6 bulan, hingga anak mengeluarkan celotehan.

Pemerolehan bahasa pada bidang morfologi: anak-anak mempelajarimorfem mula-mula bersifat hapalan. Hal ini diikuti menggunakan membuat simpulansecara kasar mengenai bentuk dan makna morfem. Akhirnya anak menciptakan kaidah.proses yg rumit ini dimulai pada periode prasekolah serta terus berlangsungsampai dalam masa adolesen.

Pemerolehan Bahasa pada bidang semantik: perkembangankanak-kanak memperoleh makna suatu istilah menggunakan cara menguasai fitur-fitur semantikkata itu satu demi satu hingga semua fitur semantik dikuasai, misalnya yangdikuasai oleh orang dewasa.

Pemerolehan bahasa pada bidangsintaksis:anak memulai berbahasa dengan mengucapkan satu kata atau bagian istilah. Kata ini,bagi anak, sebenarnya adalah kalimat penuh.

Pemerolehan bahasa dalam bidang pragmatik:tahap pemerolehan pragmatik anak ditentukan oleh lingkungannya. Di dalampemerolehan pragmatik, anak nir hanya berbahasa tetapi pula memperoleh tindakberbahasa.

BACA JUGA SOAL ALIRAN LINGUISTIK



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel