SOAL UTN PLPG 2019 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


KOMPETENSI PEDAGOGIK

MENGUASAI KARAKTERISTIKPESERTA DIDIK DARI ASPEK FISIK, MORAL, SPIRITUAL, SOSIAL, KULTURAL, EMOSIONAL,DAN INTELEKTUAL

1.Seoranganak menaati standar-standar internal tertentu, tetapi mereka tidak menaatistandar-baku orang lain, misalnya orang tua maupun warga . Hal inimerupakan contoh perilaku pada tahapan . . .

A.penalaranprakonvensional

B.penalaran konvensional

C.penalaranpascakonvensional

D.penalaraninterkonvensional

Jawab: B

Pembahasan:

Tigatahap perkembangan menurut Kohlberg

a.PenalaranPrakonvesional: Pada taraf ini anak tidak memberitahuakn internalisasinilai-nilai moral, penalaran moral dikendalikan sang imbalan (hadiah) danhukuman ekternal.

b.PenalaranKonvensional: Pada tingkat ini seorang menaati baku-baku (internal)eksklusif, tetapi mereka tidak mentaati standar-baku (internal) orang lain,misalnya orangtua atau masyarakat.

c.PenalaranPascakonvensional: Pada taraf ini moralitas sahih-sahih diinternalisasikandan tidak didasarkan dalam standar-standar orang lain. Seorang mengenal tindakanmoral cara lain , menjajaki pilihan-pilihan, serta lalu memutuskanberdasarkan suatu kode moral pribadi.



2.Berikutmerupakan faktor sentral yg memengaruhi perkembangan kognitif pesertadidikadalah . .

A.psikologis

B.individu

C.perasaan

D.gaya pengasuhan

Jawab: D

Pembahasan:Pola pengasuhan merupakan cikal bakal perkembangan kognitif anak lantaran ketikaanak diasuh secara tidak sinkron dengan semestinya, ini akan mengakibatkan dalam perkembangankognitif anak, bahkan pada perkembangan mental anak tadi.



3.Seorangpeserta didik mau mendengarkan fakta yg disampaikan sang pengajar namun padasaat ditanya ia tidak mengerti apa yg ia dengar.peserta didik tersebut mengalami kesulitan/gangguan belajar dalam hal ....

A.gangguansimbolik

B.gangguannonsimbolik

C.kesulitanakademis

D.gangguansosial

Jawab:A

Pembahasan

Adaempat jenis kesulitan/gangguan belajar yang sering ditemui dalamperkembangan seseorang anak, yaitu menjadi berikut.

a.Kesulitan belajar akademis, mencakup kesulitanmembaca, kesulitan menulis, dan kesulitan berhitung

b.Gangguan Simbolik, yaitu ketidakmampuan anak buat bisa memahamisuatu obyek sekalipun beliau nir memiliki kelainan dalam organ tubuhnya.ciri-cirinya antara lain merupakan :

1)Siswa mampu mendengar akan tetapi tidak mengerti apa yg didengar;

2) Mampu mengaitkanobyek yang dilihat, namun mengalami gangguan pengamatan (visual reseptive)

3)Mengalami gangguan gerak-gerik (motoraphasia)

c.gangguannonsimbolik, yaitu ketidakmampuan anak buat tahu isi pelajaran lantaran beliau mengalamikesulitan buat mengulang balik apa yg telah dipelajarinya.

d.gangguansosial emosional, yaitu gangguan anak yg berkaitan dengan kejiwaan danlingkungan social, contohnya hiperaktif , yaitu anak yg cenderung nir sanggup diam,distractibility child, yaitu anak yg tak jarang mengalihkan perhatiannya keberbagai obyek lain pada kelas, serta sebagainya.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel