AKTIFITAS YANG MERUSAK TERUMBU KARANG

Aktifitas Merusak Terumbu Karang - Indonesia  terkenal dengan estetika alam bawah lautnya. Selain di huni banyak sekali spesies ikan , indonesia juga terkenal karena mempunyai jenis serta keindahan terumbu karang.

Indonesia yang adalah negara yg memiliki keindahan serta potensi terumbu karang terbesar pada dunia. Bisa di katakan indonesia adalah paru paru global. Baik pada darat dengan hutannya dan pada laut menggunakan terumbu karangnya.

Perlu di ketahui Luas terumbu karang di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 60.000 km2. Sangat luas dan perlu pengawasan ekstra, karena terumbu karang sekarang poly pada rusak dan di jual buat hiasan.

Hal tadi membuat Indonesia sebagai negara pengekspor terumbu karang pertama di dunia. Dewasa ini, kerusakan terumbu karang, terutama di Indonesia meningkat secara pesat. Terumbu karang yg masih berkondisi baik hanya lebih kurang 6,2%.memperihatinkan, karena sebenarnya terumbu karang adalah aset buat masa depan anak cucu kita.

Aktifitas Merusak Terumbu Karang

Kerusakan ini mengakibatkan meluasnya tekanan dalam ekosistem terumbu karang alami. Meskipun faktanya kuantitas perdagangan terumbu karang telah dibatasi sang Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), laju eksploitasi terumbu karang masih tinggi lantaran buruknya sistem penanganannya.

Beberapa aktivitas manusia yang dapat Mengganggu terumbu karang :

- membuang sampah ke laut dan pantai yang bisa mencemari air laut.


Pola membuang sampah di mulai menurut hulu, yaitu banyaknya orang membuang sampah di sungai yg pada akhirnya bermuara pada samudera . Sampah sampah tersebut kebanyakan membawa residu atau racun yg dapat mencemari perairan dan menghambat terumbu karang

- Diambil Untuk Hiasan


Para penyelam yang sakinng terpesonanya menggunakan keindahan alam indonesia kadang terbelesit untuk membawa pulang ataupun menyentuh terumbu karang saat menyelam, satu sentuhan saja dapat membunuh terumbu karang. Pemahaman ini harus di sosialisasikan pada wisatawan bawah air.


-pemborosan air

Penggunaan air yg semakin boros atau  poly walau air yg digunakan buat keperluan sehari hari imbasnya sangat akbar kepada keberlangsungan terumbu karang. Semakin boros air maka semakin poly pula limbah air yang dihasilkan serta dibuang ke bahari.

- pengunaan pupuk dan pestisida buatan


seberapapun jauh letak pertanian tadi berdasarkan laut residu kimia berdasarkan pupuk dan pestisida buatan dalam akhinya akan terbuang ke bahari pula. Residu serta zat kimia ini misalnya bom potasium yg membuat terumbu karang mangkat .

- Membuang jangkar sembarangan

- Kadang nelayan serta para pelaut dalam pesisir pantai secara tidak sengaja akan menghambat terumbu karang yang berada pada bawahnya.

- terdapatnya predator terumbu karang, seperti homogen siput drupella.

- penambangan

- pembangunan pemukiman

- reklamasi pantai

- polusi

- penangkapan ikan menggunakan cara yang keliru, seperti pemakaian bom ikan.

Dan seluruh aktifitas Mengganggu terumbu karang serta habitat tergolong pada aktifitas Destructive Fishing

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel