PEMBUATAN PUPUK BERBAHAN RUMPUT LAUT

Pembuatan Pupuk Rumput Laut - Rumput bahari yg menjadi komoditas perikanan dan memiliki manfaat yang sangat poly. Produk produk olahan rumput bahari pun telah berkembang dan banyak. 

Untuk waktu ini ada keliru satu produk yg sudah menerima minat yang poly khusunya petani. Lantaran produk olahan rumput bahari ini berupa pupuk organik.


Penggunaan akan pupuk organik waktu ini menjadi semakin tinggi seiring menggunakan kesadaraan masayrakat akan bahaya yabg pada timbulkan sang pupuk kimia. 

Dengan adanya syarat misalnya itu maka muncul pemikiran menurut para peneliti KKP buat membuat sebuah pupuk dari bahan rumput laut.

Untuk pembuatan pupuk laut tergolong mudah serta murah misalnya hanya dengan merendam rumput laut menggunakan berat 1 kilo pada rendam dalam air tawar seberat 10 liter tunggu saja selama satu hari maka hasil air rendam sudah menjadi pupuk. Namun pupuk jenis ini bisa pada pakai maksimal hingga tiga hari,

Berbeda menggunakan pupuk rumput laut yang pada buat para peneliti KKP ini. Rumput laut yg di jadikan bahan dasar pembuatan melalui beberapa proses agar pupuk yg akan pada pakai mampu bertahan usang dan memiliki hasil aporisma.

Ada 2 jenis Pupuk yg pada hasilkan antara lain :

- Pupuk Cair
- Pupuk Padat

Pembuatan Pupuk Cair Dari Rumput Laut

Cara pembuatannya 

-  terlebih dahulu rumput laut di ekstrak. Ada dua cara pengestrakannya antara lain :
  1. Pupuk cair rumput bahari didapatkan dengan cara mengekstrak cairan yang terkandung pada rumput laut (SAP) menggunakan cara pengepresan, 
  2. - pengekstrakan menggunakan cara mengompos rumput laut pada tanki 

- menambahkan bakteri fermentasi dan media pertumbuhan, 
seperti molase (tetes tebu). 

- Cairan yg dihasilkan lalu dipisahkan memakai alat pengepres atau filter press, 

- kemudian pupuk cair diujikan ke tanaman .

Pembuatan Pupuk Padat Dari Rumput Laut

Untuk Pembuatan pupuk padat rumput laut dalam bentuk granul. 
Bahan yg digunakan dari dari rumput laut cokelat Sargassum sp., dan juga memanfaatkan limbah industri pengolahan supaya (Gracilaria sp). Dimanan bahan bahan ini pada manfaatkan dengan di campur menjadi satu.

Setelah Bahan rumput laut tersebut dicampur menggunakan bahan pengisi lainnya yg berfungsi buat menaikkan unsur hara lalu diolah sebagai bentuk granul.

Semoga Bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel