JENIS JENIS LAMPU DI KAPAL PERIKANAN

Jenis Jenis Lampu Di Kapal Perikanan - Penggunaan Lampu pada kapal perikanan, selain buat penerangan juga pada gunakan buat alat bantu penangkapan ikan. Untuk Penerangan pada kapal, lampu lampu yg pada gunakan adalah;

- Lampu Sorot
- Lampu kerja deck
- lambu di Kamar mesin
- Lampu kamar ABK

Baca Juga ;




Selain lampu penerangan dalam kapal perikanan pula terdapat lampu Navigasi. Lampu Navigasi bisa pada artikan sebagai lampu - lampu kapal yg harus dipasang dalam waktu kapal berlayar diantara surya terbit serta terbenam, sedemikian rupa sehingga jenis kapal, letak dan arah kapal bisa diketahui. 

Jenis Jenis Lampu DI Kapal Perikanan

Adapun yang termasuk lampu - lampu navigasi yaitu antara lain :


1. Lampu Lambung ( Side Light )

Jenis Lampu kapal  navigasi ini merupakan Lampu - lampu navigasi berwarna merah sisi sebelah kiri dan rona hijau sisi sebelah kanan, yg dipasang disisi kapal dengan ketinggian sama dengan navigation bridge deck dan sudut sinar 112.5 derajat. 

Kegunaan dari lampu lambung kapal merupakan buat menegetahui disaat bersinggungan atau berhadapap menggunakan kapal yang lain. Lampu lambung juga di gunakan pada waktu memasukin sebuah pelabuhan perikanan. 


2.lampu - Lampu Jangkar ( Anchor Light )

Jenis Lampu navigasu lampu jangkar merupakan Lampu isyarat yang dipasang pada ujung haluan kapal, yang menaruh isyarat pada saat malam hari bahwa kapal sedang lego jangkar. 

Pada kapal Perikanan penggunaan lampu jangkar sangat sporadis di pakai karena posisi malam umumnya kapal perikanan melakukan operasi penangapan ikan.



Syarat Lampu Jangkar diantaranya :

- Warna Lampu Putih
- Jangkuan sinar lampu terlihat berdasarkan jeda tiga mill
- Sudut Dari Sinar 360 derajat dan
- Tinggi berdasarkan geladak 6 Meter

3. Lampu Buritan ( Stern Light )

Lampu navigasi berwarna putih yang dipasang dalam buritan kapal dengan sudut sinar 135 derajat, tinggi vertikal pada jarak 15 ft lebih rendah berdasarkan lampu jangkar 15 x 0,3024 = 4,536 meter.

4. Lampu Isyarat Tanpa Komando ( Not Under Command Light )


Lampu navigasi ini memberikan isyarat bahwa kapal pada keadaan tidak dikendalikan. Lampu ini dipasang dalam tiang agung ( Masthead ) dengan sudur sinar 225 derajat dan berwarna merah.

5. Lampu Tanda Muatan Bahaya ( Dangerous Cargo Light )


Lampu navigasi ini memberikan isyarat bahwa kapal membawa muatan atau sedang membongkar serta memuat muatan yg berbahaya. Lampu ini dipasang pada puncak tiang agung dengan sudut sinar 360 derajat serta berwarna merah.

Lampu selain pada Gunakan Sebagai indera Penerangan pada Kapal jua buat kapal Perikanan pada gunakan menjadi indera Bantu penangkapan Ikan. 


Lampu Yang di Gunakan Sebagai Alat Bantu umumnya dipakai dalam jenis kapal perikanan purse seine, kapal ikan cumi serta kapal ikan bagan

Itulah Sebagian dari jenis jenis lampu di kapal perikanan, semoga artikel ini bisa bermanfaat

Jenis Jenis Lampu Di Kapal Perikanan

Baca Juga :



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel