ALAT ALAT KESELAMATAN PENOLONG DIATAS KAPAL

4. Inflatable Life Craft


Merupakan rakit apung yg bisa ditiup secara otomatis dengan menggunakan zat asam arang pada dalam satu tabung yang diletakkan dibagian luar menurut lantainya. 

Banyaknya zat asam arang harus relatif buat mengisi ruang bagian yg melintang serta bagian penyangganya. Penyangga tadi bila terisi sang asam arang secara otomatis akan menaikan tendanya. 

ALAT ALAT KESELAMATAN PENOLONG DIATAS KAPAL


Berat sebuah rakit ini yang berkapasitas 20 orang apabila disimpan pada peti merupakan lebih kurang 95 kg menggunakan ukuran panjang, lebar serta tinggi adalah 1,50 x 0,60 x 0,45 meter serta pada keadaan menggelembung ukurannya lebih kurang 4,90 x tiga,05 x 1,40 meter.


Persyaratan Inflatable Life Craft


  1. Peniupan wajib secara otomatis serta cepat menggunakan aplikasi sederhana
  2. Dilengkapi dengan tali pelawan melalui sisi luar dan diikat pada sambungan tali pengaman
  3. Dengan gampang bisa dibalik jika akan membalik permukaan ke bawah
  4. Diberi warna pada bagian luar (jingga) yang tertutup ganda hingga yg berada didalam cukup terlindung 
  5. Pada keadaa mengelembung harus pada keadaan tegak, dan mempunyai stabilitas yang cukup baik pada segala posisi
  6. Mempunyai ruangan yang relatif buat jumlah orang yg diijinkan. Jumlah orang yg diijinkan harus dituliskan pada rakit penolong (luas lantai buat tiap orang paling sedikit 37,2 cm
  7. Diberi perlengkapan buat dapat dipakai naik berdasarkan air kedalam rakit
  8. Daya apung, lantai, lengkung penyangga wajib cukup menyangga jumlah orang yang diijinkan

5. Life Boat (Sekoci)
Konstruksi yg khusus sehingga pergerakannya sanggup dengan dayung, layar juga secara mekanik. Ukuran sekoci sebaiknya dicantumkan, beserta-sama dengan jumlah penumpang yang diijinkan, initial surveyor serta tanggal pemeriksaan
Peraturan Penyimpanan Sekoci


  1. Mampu diluncurkan secara kondusif dan cepat ke air meski dalam syarat yg tidak menguntungkan
  2. Masing-masing harus mampu diluncurkan ke air tanpa mengikutsertakan penurunan alat-alat yg lain
  3. Memungkinkan buat meningkatkan penumpang-penumpang secara cepat.

Sekoci dibagi menjadi dua bagian yakni :
1. Sekoci Penolong
Merupakan sekoci menggunakan bentuk terbuka yg dilengkapi menggunakan peti-peti udara buat memperbesar daya apung.

Sekoci penolong dibagi menjadi :



  • Sekoci penolong berdayung : Jenis sekoci paling kecil dan sederhana, dilengkapi dayung 9 pasang (kanan-kiri); Hanya boleh diisi menggunakan penumpang sebanyak 60 orang.
  • Sekoci bermotor klas A : Mesinnya wajib relatif bertenaga buat melarikan sekoci dengan penumpang penuh, dengan kecepatan 6 knot pada air yg hening; Bahan bakar relatif untuk berlayar terus menerus selama 24 jam; Harus mempunyai jeda tempuh paling sedikit 144 mil; Mampu membawa penumpang paling sedikit 100 orang serta paling poly 150 orang.
  • Sekoci bermotor klas B : Mesinnya harus cukup bertenaga untuk melarikan sekoci dengan penumpang penuh, dengan kecepatan 4 knot pada air yang hening; Bahan bakar cukup untuk berlayar terus menerus selama 12 jam; Harus memiliki jarak tempuh paling sedikit 48 mil; Mampu membawa penumpang paling sedikit 60 orang dan paling banyak 100 orang
  • Sekoci penolong berbaling-baling dengan gerakan mekanis (flamming patent) : Punya cukup tenaga buat bisa memasak mobilitas dengan cepat dan bebas dari lambung kapal selesainya diturunkan diair; Harus bisa mempertahankan haluannya, pada keadaan cuaca bahari buruk; Mempunyai kecepatan 4 knot pada air hening; Alat penggerak wajib bisa ditanggani orang-orang yang nir terlatih serta bisa segera digerakkan selesainya berada pada air (walaupun sekoci sudah kemasukan air); Harus diberi alat-alat agar baling-baling dapat digerakkan mundur.

2. Sekoci Biasa/Pekerja

Merupakan sekoci terbuka dengan bentuk muka lancip serta belakang yg homogen, tanpa dilengkapi indera untuk memperbesar daya apun


Baca Juga ;


























Sumber : Materi Pelatihan BST

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel