ALAT TANGKAP IKAN LONG LINE

Alat Tangkap Long line - alat tangkap ikan jenis long line termasuk dalam golongan alat tangkap ramah lingkungan. Lantaran long line yang menggunakan pancing, menangkap ikan menggunakan sasaran khusus serta tidak Mengganggu habitat perairan. Alat tangkap long line masih sebagai favorit pada penangkapan ikan.

Long line biasa pada sebut di indonesia menggunakan kata rawai serta perawe. Lantaran dari konstruksi antara rawai serta long line sama. Dari pengertian pun sama dimana Long line adalah alat buat menangkap ikan yang terdiri berdasarkan rangkaian tali primer ,tali pelampung dan tali cabang.

Dimana tali cabang lebih  pendek serta lebih kecil diameternya berdasarkan tali primer. Serta diujung tali cabang ini diikat pancing yang berumpan.

Alat Tangkap Long Line

Jenis Jenis Long line


Ada beberapa jenis long line.

- Long Line Dasar.

Dimana Target Tangkapan Untuk jenis Long line ini merupakan ikan ikan demersal..

- Long Line hanyut

Istilah Rawai Hanyut jua pada sebut dengan nama dript long line, biasanya dipakai buat menangkap ikan-ikan pelagis.

- Long Line Tuna

disebut pula menggunakan rawai tuna,.walaupun dalam kenyataannya bahwa output tangkapnnya bukan bukan ikan tuna namun juga jenis jenis ikan lain misalnya layaran ,ikan hiu serta lain-lain.

Secara perinsip rawai tuna sama misalnya rawai-rawai lainnya,namun mengingat faktor hayati ikan target ,tekhnik pengoperasian indera,komponent indera bantu ,kapal yang tersedia, maka dilakukan banyak sekali penyesuaian.bahan tali pancing terbuat dri bahan monofilament(PA) atau multifilamant (PES seperti terylene, Pva seperti kuralon atau PA misalnya nylon).


Umpan Alat Tangkap long line

Umpan yg dipakai pada penangkapan ikan adalah jenis ikan yang nir cepat busuk, mempunyai sisik mengkilat,serta rangka tulangnya kuat sebagai akibatnya disaat pada rendam dalam air nir gampang tanggal menurut pancing 

Umpan yg biasa di pakai misalnya bandeng,saury,tawes, kembung,layang, serta cumi-cumi.

panjang umpan berkisar antara 15-20 cm, dengan berat 80-150 gr.cumi cumi mini masih bisa dipakai asalkan pada jadikan satu supaya nampak besar .

umpan yang di gunakan harus dari berdasarkan ikan-ikan yang benar-benar segar dan dilbekukan dengan baik agar tahan dalam saat yang usang.

Klasifikasi  Alat Tangkap Longline 



Berdasarkan cara pengoperasian


Drift Longline, yaitu longline yg dioperasikan dalam keadaan hanyut


Bottom Longline, yaitu longline yang dioperasikan didasar perairan


Berdasarkan letak pengoperasiaran pada perairan


Longline permukaan (surface longline)


Longline pertengahan (midwater longline)


Longline dasar (bottom longline)


Berdasarkan kontruksi alat tangkap


Longline tegak (vertical longline)


Longline mandatar (horizontal longline)



Berdasarkan jenis ikan yg ditangkap 




Longline tuna, longline cucut, dsb 


Bagian Bagian Alat Tangkap Long Line

- Tali Utama

Tali primer ( main Line )harus cukup bertenaga lantaran menanggung berat berdasarkan berdasarkan tali cabang serta tarikan ikan yg terkait pada mata pancing. Kekuatan Tali Utama berakibat dasar bahwa diameter tali primer harus lebih besar menurut diameter tali cabang



Pada kedua ujung dalam tali primer ( main line )dibuat simpul mata.main line umumnya terbuat menurut bahan kuralon yg diameternya 0,25 inci atau lebih. Panjang main line tergantung menurut panjang dan jumlah branch line. Semakin poly Branch maka semakin panjang tali utama


Biasanya terbuat adari bahan Mono filament dan Multi filament 

- Tali Cabang


Bahan dari tali cabang C Branch line )umumnya sama dengan tali primer ( main Line ), perbadaanya hanya pada Panjang dan diameter saja, dimana ukuran serta diameter tali cabang lebih mini dari tali primer. 

Satu set tali cabang ini terdiri berdasarkan tali pangkal, tali cabang utama, wire leader yang berfungsi agar bisa menahan ukiran pada waktu ikan terkait pada pancing, dan pancing yang terbuat dari bahan baja, Dan memakai pancing no.7.

- Tali Pelampung

Tali pelampung berguna untuk mengatur kedalaman dari alat penangkap sinkron menggunakan yang di inginkan. Tali pelampung ini umumnya terbuat dari bahan kuralon.


- Pelampung (float)



Pelampung yg digunakan dalam alat tangkap long line terdiri berdasarkan beberapa jenis yaitu pelampung bola, pelampung bendera, pelampung radio, dan pelampung lampu. 


Warna pelampung harus sanggup paradoksal dengan warna air laut. Dan warna menurut pelampung pada sebaiknya sanggup terlihat menggunakan mata dan alat bantu lampu.

Hal ini dimakasudkan untuk mempermudah mengenalnya dari jeda jauh sehabis setting.

1. Pelampung Bola

Pelampung bola umumnya terpasang pada ujung basket berdasarkan alat tangkap. Pelampung bola ini terbuat menurut bahan sinteticdengan dimeter 35 centimeter serta ada yg lebih besar . 

Untuk long line menggunakan jumlah basket 70 maka jumlah pelampung bola yg digunakan adalah 68 buah, dalam ujungnya terdapat pipa dengan tinggi 25 cm dan stiker scotlight yang sengat berguna bila alat penangakap tersebut terputus maka gampang menemukannya. 

Untuk melindungi pelampung-pelampung tersebut berdasarkan benturan yg dapat menyebabkan pecahnya pelampung tersebut, maka pelampung tersebut dibalut dengan anyaman tali polyehylene dengan diameter 5mm.

2. Pelampung Bendera

Pelampung bendera merupakan pelampung yang pertamakali diturunkan dalam ketika setting dilakukan. Biasanya diberi tiang (berdasarkan bambu atau bahan lain) yang panjangnya bervariasi lebih kurang 7 m dan diberi pelampung. Supaya tiang ini berdiri tegak maka diberi pemberat.

3. Pelampung Lampu

Pelampung ini umumnya menggunakan balon 5 watt yg asal listriknya dari menurut baterai yg terletak dalam bagian ujung atas pipa atau bagian bawah ruang yang kedap air. Pelampung ini dipasang dalam setiap 15 basket yg diperkirakan hauling dalam malam hari. Fungsinya merupakan buat penerangan pada malam hari serta memudahkan pencarianbasket apabila putus.

4. Pelampung Radio Bouy

Sebuah radio bouy dilengkapi menggunakan transmiter yang memiliki frekuensi eksklusif. Daerah tranmisinya mampu mencapai 30 mil. Jangkauan Transmitter ini memungkin dalam pencarian main line apabila terputus maka yang pada cari pertama adalah pelampung radio Bouy

Jjika pada pengoperasian long line memakai radio bouy,maka kapal long line wajib dilengkapi dengan radio direction finder(RDF). Peralatan ini berfungsi buat menerangkan arah lokasi radio bouy dengna tepat pada saat basket putus.
Alat Tangkap Long line Saat ini sudah mengalami penurunan jumlah serta itu bisa terlihat dengan banyak nya kapal kapal longline yg masih bersandar di pelabuhan pelabuhan misalnya pelabuhan home base kapal long line benoa Bali.
Selama ini long line sebagai penyumbang output ikan tuna yang paling besar , selain terdapat pula penangkapan ikan tuna dengan alat tangkap yantg lainnya. Kendala yang di hadapi oleh nelayan serta kapal long line saat ini selain berkurangnya output tangkapan pula pelaku illlegal fishing poly yg mencuri ikan tuna di daerah indonesia.
Baca Juga
Kendala Operasional Rawai Tuna

Alat Tangkap Long Line

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel