Blind Sonar Tongkat Tunanetra Berteknologi Sonar Buatan Mahasiswa UGM

Sekelompok mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, belum lama ini menciptakan alat bernama Blind Sonar.

Alat yg berbentuk seperti lampu senter ini terlihat sederhana. Tetapi, sanggup sangat bermanfaat bagi para penyandang tunanetra sebagai pengganti tongkat buat mendeteksi benda atau halangan ketika berjalan.

Alat ini sanggup mendeteksi benda tanpa wajib menyentuhnya. Dengan demikian, risiko terkena atau bertabrakan menggunakan orang lain atau benda bisa dihindari.

Alat ini dibuat para mahasiswa dengan mengadopsi prinsip kerja kelelawar saat terbang dalam kegelapan malam, yaitu menggunakan suara.

Saat salah satu tombol diaktifkan akan keluar bunyi yg memantul jika terkena benda atau halangan. Pantulan suara akan mengaktifikan fungsi getaran pada alat ini, sehingga penyandang tunanetra mampu mengetahui adanya halangan pada depannya.
Sayangnya, indera yg masih dalam bentuk prototipe ini dibentuk dengan porto yg masih mahal, yakni kurang lebih Rp 1,5 juta. Kendati demikian, Indra Darmawan Budi, mahasiswa penemu alat ini, berjanji akan menyederhanakan indera tersebut sehingga harganya sanggup lebih terjangkau para penyandang tunanetra.


Sumber: //indonesiaproud.wordpress.com/2012/08/09/blind-sonar-tongkat-tunanetra-berteknologi-sonar-protesis-mahasiswa-ugm/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel