CARA MEMBUAT BAKSO RUMPUT LAUT

Bakso Rumput Laut - Bakso merupakan produk pangan yang terbuat dari daging atau ikan yang dihaluskan, dicampur dengan tepung, dibuat bulat-bulat sebanyak kelereng atau lebih akbar dan dimasak pada air panas hingga bakso tersebut mengapung.


Masyarakat lebih mengenal bakso menjadi makanan sepinggan yg dihidangkan menggunakan pelengkap lain misalnya mie, sayuran, pangsit, serta kuah. Makanan ini sangat populer serta digemari oleh rakyat.


Baca Juga ; Dasar Pengolahan hasil Perikanan


Hal ini terlihat menurut banyaknya penjual mie bakso, mulai berdasarkan restoran sampai ke warung-warung kecil serta gerobak dorong. Harga satu porsi mie bakso sangat bervariasi tergantung menurut kualitas baksonya.



CARA MEMBUAT BAKSO RUMPUT LAUT

Bakso Rumput Laut- Kualitas bakso sangat ditentukan oleh kualitas bahan-bahan mentahnya, terutama jenis serta mutu Ikan, jumlah tepung yang dipakai, atau perbandingannya pada campuran dan faktor-faktor lain, misalnya pemakaian bahan-bahan tambahan dan cara pemasakannya, jua sangat menghipnotis mutu bakso yg akan didapatkan. 

Baca Juga ; Perubahan Ikan Setelah Mati


Peralatan yg diperlukan untuk menciptakan bakso jua bervariasi, mulai berdasarkan yg sangat sederhana hingga yg serba mesin. 


Hal ini tergantung menurut skala produksinya, pada produksi bakso berskala besar , pemakaian mesin-mesin akan lebih efektif serta menjamin keseragaman bentuk, berukuran, serta kualitas bakso yang didapatkan. 


Untuk produksi berskala rumah tangga, penggilingan ikan serta bumbu bisa dilakukan dengan menyewa mesin penggiling yang banyak terdapat dipasar-pasar, sedangkan pencetakan dan perebusan dapat dilakukan dirumah. Cara inilah yang paling banyak dilakukan sang pedagang bakso keliling.
Rumput bahari bisa diolah menjadi banyak sekali jenis makanan galat satunya merupakan “bakso”. Rumput laut mempunyai kelebihan yaitu bisa digunakan menjadi sumber serat pangan serta iodium yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Seringkali bau amis rumput bahari sebagai hambatan, tetapi jika penanganan rumput bahari dilakukan menggunakan benar, maka bau amis tersebut akan hilang. 


Sebelum diolah menjadi aneka kuliner, terlebih dahulu rumput bahari dicuci menggunakan air tawar hingga higienis lalu direndam pada air tawar selama semalam serta sesudah itu dicuci kembali. Penambahan rumput bahari ini dimaksudkan buat menaikkan kadar serat dan iodium terhadap bakso yang dihasilkan


Baca Juga ;


Cara Pengolahan Dan Pengawetan Ikan 


Kemunduran Mutu Pada Ikan Kurisi


Resep Ikan Tenggiri Berbagai Olahan

BAHAN
  1. Daging ikan 1 kg
  2. Rumput bahari 200 gram
  3. Tepung tapioka 150 gram
  4. Garam halus 25 gram
  5. Bawang putih halus 30 gram
  6. Lada halus lima gram
  7. Air es secukupnya
CARA MEMBUAT
  1. Daging ikan lumat ditambah garam diaduk hingga elastis.
  2. Tambahkan rumput laut segar cincang, bumbu-bumbu serta aduk hingga homogen.
  3. Pada saat pengadonan suhu wajib dijaga tetap rendah menggunakan cara menambahkan hancuran es di baskom.
  4. Adonan dicetak bundar dan dimasukkan pada air hangat dengan suhu 40 derajat celcius selama 20 mnt.
  5. Setelah itu, bakso dimasak lagi dalam suhu 90 derajat celcius hingga mengapung.
  6. Angkat dan tiriskan hingga dingin.
  7. Bakso Rumput Laut Siap tersaji atau kemas menggunakan plastik vakum simpan pada freezer.
Sumber : Materi Pengolahan Hasil Perikanan, BPPP Tegal

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel