CIRI CIRI IKAN PEDA YANG BAIK

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik - Ikan Peda merupakan keliru satu produk pengolahan hasil pengawetan kuliner yang diolah menggunakan cara atau teknik pengawetan secara fermentasi dan pengaraman. 

Cara tersebut telah pada gunakan turun temurun sehingga buat mengenali ciri karakteristik dari ikan peda yang bagus serta baik bisa terlihat menurut beberapa hal.

Sebelum kita mengenal serta mengetahui tentang ciri ikan peda lebih dahulu kita mengenal apa itu dan terbuat dari apa ikan peda.  

Biasanya Ikan peda dibentuk berdasarkan bahan ikan kembung perempuan (Rasterliger neglectus). Lantaran ikan kembung yg tertangkap biasanya bergerombol serta dalam pembuatan ikan peda bisa lebih poly. 

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik


Dikenal dua jenis ikan peda diantaranya ikan peda merah (peda siam) serta ikan peda putih. Pada Ikan peda merah (ikan peda Siam) dibentuk berdasarkan ikan kembung ber­kadar lemak tinggi dan nir disiangi  sedangkan dalam ikan peda putih dibentuk serta ikan kem­bung yang berkadar lemak rendah dan disiangi. 

Perbedaannya hanya dalam kadar lemak dan proses pembuatan nya. Selain Menggunakan Ikan Kembung, Bisa jua menggunakan Ikan Mas, Ikan Layang, ikan tawes, ikan mujaer dan ikan selar. Cara pembuatan ikan peda yang baik tergantung menurut Cara Fermentasi Ikan Peda. Karena walaupun Ikan peda nya sudah baik permanen cara fermentasi nya kurang baik maka hasil yang di dapatkan akan menjadi Kurang baik.

Alur pembuatan ikan peda pada proses nya lkan peda dibuat secara sedikit demi sedikit yaitu pertama melalui proses penggaraman, dimana ikan pada campur menggunakan garam krosok atau garam kasar.

setelah itu dilanjutkan dengan proses fermentasi Ikan Peda buat pembentukan bau khas peda yg luar biasa. Adapun Ciri karakteristik Ikan Peda yang Baik diantaranya :

- Ikan Lebih Asin

Asin yakni cita rasanya yang spesial akibat adanya proses fermentasi, dan faktor penentu rasa yang enak merupakan keberhasilan pada proses fermentasi

- Bau Ikan Lebih Terasa enak

Ikan lebih enak dicium dibandingkan masih dalam saaat pembongkaran I / aroma ikan peda yg sudah tercium

- Warna Ikan lebih Pucat

Ikan lebih pucat dibandingkan pembongkaran pertama waktu penyimpanan pertama.

- Kualitas Daging Ikan Peda

Kulit dan daging ikan lebih kesat dibandingkan pada waktu pembongkaran I / lebih

Demikian artikel tentang Ciri Ciri Ikan Peda yg baik, Semoga Bermanfaat.

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel