CONTOH SKP

LAPORANKEGIATAN
SASARAN KERJA PEGAWAI TRI WULAN I TAHUN2014
Bulan : Januari2019 s/d Maret2019

Dengan ini disampaikan bahwa Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahun2014 Kementerian Kelautan serta Perikanan Pada Tri Wulan I Periode Januari2019s/d Maret2019 dapat kami laporkan sbb :

BULAN : JANUARI
1.Menjaga serta merawatmesin induk ( 1 januari – 31 maret )
Menjaga ,merawat serta ,memelihara mesin induk pada KM.blue fin01
dilakukan menggunakan cara sebagai berikut :
1.Pemeliharaan rutin menggunakan cara melakukanpemanasan atau menghidupkan dua (dua) kali dalam satu minggu dalam setiap kapal didarat / sandar di dermaga
2.Perawatan umum dilakukan secara periodikdapat membantu mengurangi kerusakan selama pengoperasian
3.Pemeliharaan MESININDUK setiap hari dilakukan .
- Pemeriksaan jumlah solar,
- Pemeriksaan kualitas serta kuantitas oli mesin induk,
- Pemeriksaan kualitas dankuantitas oli gear box,
- Pemeriksaan sumber daya DC ( Accu / Power Supply ).
- Pemeriksaan filter oli danfilter BBM ,
- Pemeriksaan air pendingin airtawar .

2.merawat, Memelihara kaskoKapal .( Tgl. 06s/d 10 Januari2019 )
Untuk menjaga kondisi kaskokapal, terutama bagian samping dan bawah air perlu dilakukan pemeliharaan danperawatan.pemeliharaan dan perawatan kaskokapal dilakukansecara rutin danberkala, sehingga dimungkinkan / dapat diketahui sejak dini bagian-bagianyangmengalami kerusakan.
Pekerjaan perawatan kami lakukansecara berkalaagar kasko kapal selalu higienis, sebagai akibatnya secara fisik kelihatanbersih serta dapat digunakan sewaktu-waktu buat menunjang keperluan kegiatankerekayasaan pada BBPPI Semarang.

3.merawat/memperbaiki Alat Tangkap (jaring GILL NETyang rusak. ( Tgl. 13 s/d 17 )

Untuk menjaga alat tangkap supaya siap pakai dan tidakmengalami gangguan selama operasional dilaut.dalam perawatan/pemugaran alattangkap cantrang tadi kamilakukan secara bertaha
-Tahap pertama, pengecekan atau perbaikan bagian tali tali ris baikatas maupun bawa
-Tahap kedua, pengecekan atauperbaikan bagian jaring .
-Tahap ketiga, pengecekan atauperbaikan bagian gill net .
- Tahap keempat,pengecekan atau perbaikan tali dan pemberat.
-Tahap kelima, penyimpanan alattangkap dalam tempatnya ditutupi terpal agarterhindar menurut hujan serta terik matahari.

4.merawat/memperbaiki Kemudi.( Tgl. 20 s/d 24 )

Kemudi kapal menjadi kunci sebuah pelayaran, karenamenentukan manuver olah mobilitas kapal.untuk itu memerlukan sebuah perawatan /pemugaran agar selalu pada keadaan baik. Penggantian wire sudah kami lakukanantara lain :
- Menggantiwire kemudi panjang 7 meter sebesar dua butir menggunakan ukuran Ѳ12mm.
- Menggantidudukan roll wire kemudi yang sudah aus ( rusak ).

5. Perawatan / perbaikan Tangki BBM.(Tgl. 27 s/d 30 )

Tangki BBM adalah komponenyang sangat penting didalam kapal, sang karenanya perawatan atau perbaikanperlu dilakukan secara berkala.pekerjan tadi memerlukan tahapan tahapanantara lain :
- dilakukanpengurasan BBM terlebih dahulu sebelum tangki dibuka.
-mengeluarkan kotoran kotoran dari pada tangki BBM
- Setelahpekerjaan tadi selesai BBM di isikan kembali ke dalam tangki.

6. Pembuatan Dampra dan penggantian Talispring depan kapal.

Sebuah kapal memerlukan suatu wahana / indera bantu sandar , dalammempersiapkan supaya kapal dalam sandar didermaga bisa terhindar dari sebuahgesekan gesekan menggunakan kapal lain atau dengan bangunan dermaga diperlukandampra – dampra dan tali temali ( tros), buat itu kami telah melakukanpembuatan dampra serta penggantian tali spring depan menggunakan cara sebagai berikut:
- Dampra dipersiapkanterlebih dahulu, kemudian bagian tengah dilubangi dengan alat dripdengan bentuk kotak (tempat tambahkan tali dampra ).
- Tali spring depanyang sudah rusak kami lakukan penggantian yang baru,agar tali dapatberfungsi kembali serta menjadi bertenaga.

BULAN : FEBRUARI
1.perawatan accu mesin ( Tgl 3 s/d 7 )
Pada dewasa inihampir seluruh kapal penangkap ikan telah diperlengkapi dengan accu sebagaisumber listrik buat menstar mesin.
Keuntungan daripenggunaan accusebagai sumber listrik untukmenstar mesin dalam kapal perikanan merupakan : Menghasilkan sumber listrikyang dapat dipakai buat mensatater mesintanpa harus mengengkol serta asal listrik buat indera –alat navigassi yangmenggunakan arus DC.
Pemeliharaandan perawatan accu merupakan upaya memeliharaan dan menjaga supaya accu secarafisik tidak rusak, tetap bersih dan permanen berfungsi sebagaimana mestinya.pemeliharaandan perawatan accusebaiknya dilakukansecara periodik tiga (tiga) bulan sekali

2.dockING KM. YELLOW FIN ( Tgl. 13 s/d 15 )

Docking atau perawatan tahunan sangat lahpenting, DImana docking kapal akan naik diatas dock,serta pemugaran perbaikanakan lebih gampang serta effesien.
Dampak lain menurut pengaruh dockingmengakibatkan kinerja kapal semakin baik, dengan demikian diperlukan tindaklanjut yang sempurna sasarana
Docking Kapaldalah suatu insiden pemindahan kapal menurut air/laut ke atas dock denganbantuan fasilitas docking/pengedockan. Untuk melakukan pengedokan kapal ini,harus dilakukan persiapan yg matang serta berhati-hati mengingat spesifikasikapal yg bhineka.

Pekerjaan yg dilakukan di DOCKING
1.Penerimaan kapaldidermaga
2.Persiapanpengedokan/dudukan kapal
3.Pengedokan kapal(Docking)
4.Pembersihanbadan kapal
5.Pemeriksaankerusakan lambung/konstruksi lainnya
6.Pelaksanaanpekerjaan (konstruksi badan, mesin, listrik serta lainnya)
7.Pemeriksaanhasil pekerjaan
8.Pengecatanlambung kapal
9.Penurunankapal menurut pada dock (Undocking)
10.Penyelesaianpekerjaan diatas air
11.Percobaan/Trial
12.Penyerahan kapalkepada pemilik kapal



3.perawatan rantai kemudi kapal serta persiapan alatalat keselamatan pada kapal( Tgl. 17 sd 21 )

Dalam aktivitas tersebut ( rantai kapal ) kami telahmelakukan pekerjaan perawatan rantai menggunakan cara mengecek pisik rantaibialamana terdapat yg aus segera dilakukan penggantian , kemudian rantai yangsudah kemarau kami lumasi dengan stempet/gemuk agar pada operasional kemudidapat berjalan menggunakan baik serta tidak berat jika kemudi diputar.
Selain itu kami juga sudah mempersiapkan alatkeselamatan serta perlengkapan dikapal diantaranya :
- Pelampung Ring 4 buah
- Jacket pelampungrompi lima buah
- Majun 5 kg
- Rinso lima kg
- Baygon 3 botol
- Pompa air got
- Tali selambar jaringcantrang 10 rol.


4.Kebersihanruangan atas dan bawah di kapal( Tgl.17 sd 21 )
Sebuah kapalharus terbebas menurut kotoran yang dapat menyebabkan treble/kesulitan manakalakapal sedang dipakai pada kegiatan. Untuk itu kami melakukan kegiatankebersihan diruang atas kapal ( bagian deck) dengan cara :menyapu, mengelapkaca-kaca dan dinding.
Untuk bagianbawah adalah diruangan mesin, dimana kami mengerjakan kebersihan di ruang mesinseperti menguras got dan mengambil kotoran kotoran yang ada dibawah mesin Indukserta membersihkan pisik mesin induk dan mesin bantunya
5. Pelatihan IN HOUSE TRAINING. ( Tgl.24 s/d 28 ).

Programpelatihan ini adalah pelatihan yg diselenggarakan pada tempat pesertapelatihan.menggunakan alat-alat kerja peserta pembinaan dengan materi yangrelevan serta adalah pertarungan yg sedang dihadapi. Dengan program inipeserta akan lebih gampang menyerap serta mengaplikasikan materi pembinaan untukmenyelesaikan serta mengatasi permasahan kerja yang acapkali dialami dan mampusecara eksklusif mempertinggi kualitas dan kinerja menurut asal daya manusiadilingkungan instansi BBPPI.
tujuanIn-House Training yaitu buat menaikkan kualitas sumberdaya manusia yangdidayagunakan sehingga dalam akhirnya bisa lebih mendukung pada upayapencapaian target yg sudah ditetapkan. Selain hal tadi di atas, sasaranpelatihan ini antara lain : menciptakan interaksi antara peserta dengannarasumber buat saling sharing warta serta ilmu serta mempererat rasakekeluargaan/kebersamaan, meningkatkan motivasi baik bagi peserta maupun baginarasumber buat membiasakan budaya berdiskusi yg berkesinam-bungan, untukmengeksplorasi pertarungan-permasalahan yg dihadapi pada lapangan yangberkaitan menggunakan peningkatan efektifitas kerja, sehingga dapat diformulasikansolusi pemecahannya secara bersama-sama.
BULAN : MARET

1.Kegiatan di kamar mesin (perawatan/ pemeliharaan)(Tgl. 03 s/d 07 )
-Membersihkan lantai deck mesin
-Menguras air got.
-Merapihkan kunci2.
-Membersihkan mesin induk menggunakan air sabun.
-Mengecat pondasi mesin menggunakan cat many.

2. Melakukan perbaikan pompa air bahari. ( Tgl10 s/d 17 )
Membersihkan saringan primer pompa air bahari secararutin diatas kapal, saringan utama dalam instalasi air bahari sangat menunjangkelancaran pengoperasian pompa. Namun diadakan pencucian saringan utamapompa tersebut, maka setiap kali pula zinc anoda pada saringan itu diperiksaapakah masih bisa digunakan atau harus diganti, hal ini sangat berpengaruhterhadap porto penyediaan. Adanya kebocoran di pembuluh isap.
Kebocoran pada pembuluh isap akan mengakibatkan udara masuk kedalam pembuluhisap. Ini antagonis dengan kebocoran di pembuluh tekan.pengaruh kebocorandipembuluh isap ternyata lebih akbar pengaruhnya dibandingkan menggunakan kebocorandi pembuluh tekan.lantaran udara yg masuk itu menyebabkan ruang yang tidakterisi sang cairan pembuluh tekan, ini berarti mengurangi jumlah cairan yangmasuk kedalam pompa. Udara akan ikut mengalir dengan cairan masuk kedalam rumahpompa, jika dibiarkan maka tempat tinggal pompa akan terisi sang udara sehingga tidakterjadi kevacuman pada tempat tinggal pompa dan akhirnya akan mengisi rumah pompasampai ke batas bagian atas poros. Kalau ini terjadi maka penghasilan pompa akanberkurang banyak sekali, kemungkinan pompa ini tidak dapat menjalankanfungsinya menggunakan baik.
Kebocoran pada pembuluh isap ini dapat diatasi denganjalan yaitu tempat yang bocor tadi ditutup atau dilas.jika dalam waktubekerja terjadi kebocoran sebaiknya kita sumbat dahulu pipa tadi dengankaret atau sandal, apabila nir memungkinkan kita dapat matikan pompa danmenjalankan pompa cadangan dan kemudian pompa yg mengalami kerusakan bisakita adakan perbaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel