Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Tersiram Minyak Goreng, Peserta Kontingen Bogor Dirujuk Ke Rumah Sakit

Posted: 22 Jul2019 02:14 AM PDT

simulasi pra Jamnas yg sedang diperagakan oleh Tim Kesehatan pada rangka persiapan menghadapi Jamnas X

Jakarta, Peserta Jambore Nasional2019 menurut Kwartir Cabang Bogor, Arsyad mengalami luka bakar di bagian kedua kakinya. Ia tersiram minyak goreng yg telah mendidih ketika mengikuti aktivitas festival masakan Jamnas di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Kejadian bermula, saat peserta Jamnas telah siap mengikuti festival masakan dalam Jumat siang (22/7/2016). Semua kontingen yg hadir diwajibkan membuat masakan khas menurut daerahnya masing-masing.

Arsyad yang kebetulan tiba berdasarkan Kontingen Bogor ingin membuat masakan Soto Mie yang sebagai ciri spesial Koto Hujan itu. Saat dirinya ingin menggoreng risol serta krupuk, tiba-datang nir sengaja wajan yang terisi minyak tersenggol oleh temanya, hingga akhirnya tumpah ke kaki Arsyad.

Arsyad menjerit kesakitan, lantaran kulit kakinya terkelupas. Ia pribadi dilarikan ke Posko Kesehatan Jamnas yg sudah disiapkan panitia. ‎Kondisi pada lapangan yang tengah hujan deras sempat menyulitkan petugas kesehatan untuk mengevakuasi korban.

‎Dokter Bambang Sarjono yg sedang bertugas dilokasi langsung memberikan pertolongan pertama kepada korban. Setelah dilakukan inspeksi, dr Bambang menetapkan buat membalut ke 2 kaki Arsyad, serta memerintahkan untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat.‎

“Karena lukanya parah, sedangkan peralatan di sini kurang memadai, maka demi keselamatan korban, kita putuskan buat dirujuk ke rumah sakit terdekat,” ungkapnya.

‎‎Insiden ini adalah bagian dari simulasi pra Jamnas yg sedang diperagakan oleh Tim Kesehatan pada rangka persiapan menghadapi Jamnas X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur 14-21 Agustus2019. “Ini adalah bagian dari simulasi untuk mengukur kesiapan dari Tim Kesehatan,” jelasnya.

Menurutnya, untuk menghadapi Jamnas dengan jumlah peserta 25 ribu orang, maka segala sesuatunya harus dipersiapkan menggunakan matang, termasuk Tim Kesehatan yang menjadi titik vital. Salah satunya tentang kesiapan dokter, perawat serta alat-alat kesehatan.‎ (HA / Humas Kwarnas)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel