Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Pramuka Indonesia Toreh Sejarah Naiki Puncak Kilimanjaro

Posted: 07 Aug2019 06:56 AM PDT

Kak Eko Sulistio berdasarkan Kwarnas Pramuka berhasil mencapai serta mengibarkan bendera merah-putih di puncak Kilimanjaro

Jakarta, Perjalanan Andalan Nasional Gerakan Pramuka urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Eko Sulistio untuk sampai ke puncak Gunung Kilimanjaro Tanzania Afrika punya banyak cerita dan makna.

Awalnya Kak Eko bercerita, beliau dihubungi oleh seseorang teman pada KBRI Nairobi Ibu Kota Kenya, bahwa pada Agustus2019 bertepatan dengan Hut Kemerdekaan RI yg Ke-71, pihaknya ingin mengadakan ekspedisi pendakian ke gunung tertinggi di Afrika Kilimanjaro.

Bagi Kak Eko, ajakan buat mendaki Gunung Kilimanjaro merupakan kesempatan baik yang belum tentu datang ke 2 kali. Karena itu, beliau mau ikut pada ekpedisi alam ini. Kak Eko ingin, pramuka Indonesia selalu punya prestasi yang membanggakan.

“Saya itu pengin Pramuka Indonesia ‎itu terdapat prestasi terus, ada yang baik terus. Jadi saya ingin dimana-mana pramuka selalu berprestasi,” ujar Kak Eko waktu dihubungi, Minggu (7/8/2016).

Kak Eko dihubungi pihak KBRI pada saat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (Kwarnas) tengah mengadakan simulasi Jambore Nasional ke X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, 19-23 Juli2019. Ini adalah waktu yang sangat cepat bagi Kak Eko untuk mempersiapkan diri mendaki.‎

Pasalnya, Kak Eko jua terlibat pada kepanitiaan simulasi Jamnas dibagian Manajemen Resiko. Dia sempat meminta izin pada Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault,  Wakil Ketua Kwarnas Bidang Abdimasgana Kak Herindra‎ dan pula Ketua Kepanitian Bidang Manajemen Risiko  Kak Bayu.

“Saya sudah meminta biar pada Kak Adhyaksa, Kak Herindra, dan Kak Bayu buat ikut dalam ekspedisi ini. Alhamdulillah seluruh menaruh dukungan, serta suport,” ucapnya.

Setelah simulasi Jamnas terselesaikan, Kak Eko diberi tugas beserta Annas urusan Abdimasgana ‎Kak Rangga serta Kak Kurnia untuk melakukan rendezvous menggunakan Kwartir Daerah Jawa Tengah serta Yogyakarta pada 26 Juli.

“Waktunya memang sangat singat dan padat, tanggal 28 Juli saya positif terbang ke Kenya buat ikut pendakian ke Kilimanjaro, pada rangka Hut RI serta jua Hut Pramuka yg 55,” katanya.

Kini Kak Eko telah berhasil mencapai puncak Kilimanjaro ‎pada Stella Point dengan ketinggian 5756 MDPL serta puncak Uhuru Peak ketinggian 5895 MDPL. Perjalanan yg melelahkan ini ditempuh selama delapan hari melewati 5 pos atau camp.

Bisa jadi, Kak Eko adalah satu-satunya Pramuka se ASEAN yg berhasil mencapai zenit gunung tertinggi di dunia, Kilimanjaro. ‎Ini merupakan prestasi yg membanggakan bagi Pramuka Indonesia yang patut diapresiasi serta akan selalu terkenang dalam sejarah. ‎Lantaran di sanalah Kak Eko berhasil mengibarkan bendera merah putih serta bendera pramuka. (HA / Humas Kwarnas).

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel