Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Simulasi Jamnas, 200 Anggota Pramuka Ikut Permainan Giat Air‎

Posted: 19 Jul2019 10:13 PM PDT

Peserta Simulasi Jamnas X2019

Jakarta, Sebanyak 200 anggota pramuka penggalang mengikuti acara Giat Air, pada simulasi Jambore Nasional yg diadakan pada Danau Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur Rabu 20 Juli2019.

‎Kak Eko Setiyo Staf Biro  Abdimasgana dan Lingkungan Hidup Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengatakan, dalam simulasi ini ada empat sanggar atau permainan yang diperagakan yakni, perahu kayak, perahu karet, voli air, dan rakit atau rumah apung.

‎Menurutnya, permainan di air punya poly nilai positif, seperti, bahtera dayak sebagai bagian berdasarkan jenis olahraga buat menyehatkan badan, serta juga memiliki unsur kekompakan serta kerjasama.

“Jadi, kaya tenda apung, itu juga mengajarkan bagaimana kita mampu bertahan hidup di air, mereka wajib masak di situ, tidur di situ, ada rumah serta lain-lain,” katanya.

Dalam permainan tenda apung juga diajarkan agar anggota pramuka sanggup melakukan kerjasama menggunakan baik serta juga ketelitian. Misalnya, pada menciptakan rakit, bagaimana memastikan rakit itu diikat menggunakan kuat supaya tidak tanggal.

“Di situ mereka mampu menerima ilmu cara mengikat, simpul-simpul ‎beliau dapat pada situ. Simpul-simpul kepramukaan wajib beliau gali lagi dan benar -betul dipraktikkan. Kalau simpulnya galat ikatannya ya bisa tanggal,” jelasnya.

Semua gambaran berdasarkan simulasi ini nantinya akan dipraktekkan pada Jamnas ke X 14-21 Agustus2019 pada Cibubur. SOP dari kegiatan Giat Air kata Kak Eko seluruh peserta harus menggunakan pelampung demi keamanan dan keselamatan.

Kak Eko menambahkan, simulasi ini merupakan bagian kecil yg akan dipraktikkan di Jamnas. Setidaknya istilah beliau, terdapat 14 sanggar yang akan dimainkan pada Perkampungan Air dalam ketika Jamnas berlangsung.

Di antaranya, sanggar selam, renang, rescue air, navigasi bahari, mancing, roket air, penelitian air, perahu naga, dayung perahu naga, bahtera kayak, dayung perahu karet, rakit, tenda apung, pertahanan hidup di air.

“Simulasi ini buat mengukur dan mengetahui kekurangan kita apa? Sehingga kedepan pada ketika Jamnas semua aktivitas bisa berjalan menggunakan baik sesuai menggunakan asa,” jelasnya. ‎‎(HA / Humas Kwarnas)

Buka Simulasi Jamnas, Kak Adhyaksa Ingatkan Pentingnya Dasa Dharma

Posted: 19 Jul2019 10:11 PM PDT

Jakarta, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault resmi membuka kegiatan simulasi Jambore Nasional ke X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur 19 Juli2019. Upacara pembukaan yang berlangsung pukul 15.00 WIB berlangsung dengan hikmat.

Dalam kesempatan tersebut, Kak Adhyaksa berpesan adik-adik harus tulus sebagai anggota pramuka. Sebab, di pramuka dituntut kesabaran, rela berkorban serta bekerja tanpa pamrih.

“Sekali lagi ‎pada pramuka itu diperlukan keikhlasan,” tuturnya.

Kak Adhyaksa yakin, pramuka penggalang yg hadir pada simulasi ini akan menjadi pemimpin di masa yg akan tiba. Syaratnya istilah beliau, cukup bisa mengamalkan Dasa Dharma Pramuka, di mana butir pertama merupakan Takwa kepada Tuhan YME.

“Saya konfiden kalian akan menjadi pemimpin di masa depan, yakin aku , kalian siap?” tanya Kak Adhyaksa.

“Kita punya Dasa Dharma itu disimpan dihati serta diamalkan jangan hanya sekedar diucapan‎,” imbuhnya.

Sebab, kata Kak Adhyaksa, dalam poin akhir dari Dasa Dharma disebutkan setiap anggota pramuka wajib sanggup kudus dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. ‎Artinya pramuka punya nilai dasar perjuangan yg luhur sesuai dengan harapan bangsa.‎

‎Ketua Panitia simulasi Jamnas, Kak Mardhani Zuhri sebelumnya berkata, aktivitas yg berlangsung hingga 23 Juli2019 ini bertujuan buat menguji tata kerja yang telah ditetapkan pada petunjuk teknis dan petunjuk operasional.

"Jambore Nasional X2019 sebulan lagi, simulasi ini perlu agar kita memahami kekurangan-kekurangan dari juklak dan juknis buat perbaikan, kita sangat terbuka buat sebanyak mungkin masukan,”  jelas Kak Mardhani di sela-sela Konsinyering Persiapan Pra Jamnas2019 di Aula Srikandi, Buperta, Cibubur Jakarta dalam Rabu (18/07/2016).‎

‎Adapun kegiatan simulasi, pada antaranya seperti teknologi seni budaya, giat air, wawasan, petualangan, pengenalan masyarakat dan wisata, doa lintas kepercayaan , karnaval, festival kuliner, upacara penutupan serta barah unggun. ‎(HA / Humas Kwarnas)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel