Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka

Pramuka SMA 1 Slawi Juara Kemah Budaya

Posted: 06 Oct2019 12:44 AM PDT

Pramuka SMA1 Slawi meraih juara I kemah budaya permuseuman serta kepurbakalaan taraf Kabupaten Tegal yang diselenggarakan Dinas Pariwisata serta Kebudayaan Kabupaten Tegal (Humas)

SLAWI – Pramuka SMA1 Slawi meraih kampiun I kemah budaya permuseuman dan kepurbakalaan taraf Kabupaten Tegal yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, di Bumi Perkemahan UPTD I Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal dalam 27-29 September2019 kemudian.

Dalam kegiatan itu, Sekolah Menengah Atas 1 Slawi mengirimkan 5 anggota Pramuka putri, yakni Iendy Ainur Rakhman kelas XI-9, Inda Nadhifa kelas XI-8, Faiqoh Nadiah Apriliana kelas XI-1, Nabilah Windy Pradipta kelas XI-1 serta Dwi Ayu Lestari kelas XI-1.

Kepala SMA 1 Slawi, Dra Mimik Supriyatin melalui Pembina Pramuka, Nenny Dwi Agustini, SH menyampaikan, Pada kemah budaya tadi, peserta berdasarkan Sekolah Menengah Atas 1 Slawi menerima nilai total tertinggi dalam 3 lomba yang diikuti. Yakni, lomba kreativitas seni budaya atau lomba tari Kuntulan, yel-yel tentang sejarah serta budaya Kabupaten Tegal serta mencari jejak (wide game).

"Sesuai menggunakan ketentuan, pada kemah budaya ini, peserta diwajibkan memainkan tari Kuntulan yg merupakan salah satu tari tradisional khas Tegal,"pungkasnya kemarin.

Meraih juara I, dari Nenny serta kelima anak didiknya, adalah sesuatu yang tak disangka sebelumnya. Sebab, baru tahun ini sekolahnya mengirim peserta buat mengikuti kemah budaya."Persiapan peserta buat ikut kegiatan itu juga sangat singkat. Jadi prestasi ini nir disangka sebelumnya," ungkapnya

Sebagai pembina, Nenny mengaku salut pada anak didiknya. Mereka rela tidak mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) yg sedang berlangsung demi ikut kemah budaya. "Saya salut dengan mereka, di tengah kemah, masih membawa kitab pelajaran serta melakukan belajar grup pada tenda buat persiapan mengikuti UTS hari berikutnya dan susulan," ujar Nenny.

Iendy Ainur Rakhmah, keliru satu murid yang ikut kegiatan tadi mengatakan, dia dan empat temannya hanya memiliki saat seminggu buat berlatih tari Kuntulan.

Beruntung, mereka berlima sudah tidak asing menggunakan tari tadi. Selama seminggu berlatih, hanya sekali saja mereka dilatih sang pengajar tari berdasarkan luar sekolah. "Saat duduk di Sekolah Dasar kami sudah pernah menari Kuntulan. Jadi, telah tidak asing lagi," kentara Iendy.

Menurut Iendy, menjadi peserta pada kemah budaya, memberikan pengalaman luar biasa. Tak hanya mendengar ceramah mengenai kepariwisataan , kepurbakalaan, budaya serta kesenian dari jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, pada program itu, mereka pula diajak eksplorasi ke Makam Amangkurat I atau Sri Susuhunan Amangkurat Agung pada Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna dan ke Museum Semedo.

Dari hasil evaluasi juri, sesudah SMA 1 Slawi, tampil sebagai juara II SMK 1 Slawi, juara III Sekolah Menengah Atas 1 Pangkah, kampiun harapan I SMA3 Slawi, harapan II SMA 2 Slawi, harapan III Sekolah Menengah Atas 1 Kramat, harapan IV Sekolah Menengah Kejuruan dua Slawi dan harapan V SMA1 Dukuhwaru. (Humas Kwarcab)

Balapulang Optimis Juara Bertahan Lomba Kwartir Tergiat‎

Posted: 05 Oct2019 11:54 PM PDT

Wakil Ketua Kwarcab Tegal, Drs Agus Subagyo,MM melakukan Pembinaan di hadapan Mabiran serta Pengurus Kwarran Balapulang (Humas)

SLAWI – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Balapulang optimis mempertahankan prestasinya sebagai juara umum Lomba Kwartir Tergiat yang sudah diraih selama ini.

Hal itu seperti disampaikan Camat Balapulang, Drs Purnomo Pambudi saat menyambut Tim Penilai Lomba Kwarcab Tegal, Sabtu (1/10/2016) di PendopoKecamatan Setempat.

“Alhamdulillah selama 3 tahun berturut-turut predikat kampiun generik telah diraih Kwarran Balapulang. Mudah-mudahan ini dapat dipertahankan," celoteh Purnomo.‎

Menurutnya, prestasi yang diraih selama ini adalah butir kerja keras Pengurus Kwarran Balapulang dan sinergitas / kerjasama semua jajaran baik berdasarkan unsur Mabiran, Kwartir Ranting juga Gugusdepan di wilayah Kecamatan Balapulang.‎

“apabila kerja keras dan sinergitas / kerjasama itu permanen terjalin menggunakan baik, aku optimis predikat juara bertahan akan tetap sebagai milik Kwarran Balapulang,” Ujar Ketua Mabiran Balapulang itu.

Purnomo juga menyampaikan terimakasih atas pembinaan yang dilakukan oleh Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal. "Kepala Tim Kwarcab kami sampaikan terimakasih atas pembinaan yang diberikan. Semoga kedepan Balapulang terus meningkat prestasinya," imbuhnya didampingi Ketua Kwarran Balapulang, Suharjo,S.pd‎

Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Orgakum, Drs Agus Subagyo, MM selaku Ketua Tim Lomba Kwarcab Tegal, pada kesempatan itu mengapresiasi kesiapan Kwarran Balapulang pada menyambut tim Kwartir Cabang Tegal.

Dirinya berharap, pembinaan dan penilaian dalam Lomba Kwartir Ranting akan terus menggelorakan semangat dalam pembinaan karakter generasi muda melalui Gerakan Pramuka.‎

Menurutnya, Lomba Kwartir bukanlah pertandingan namun perlombaan. Oleh karena itu, Kwartir berdasarkan tahun ke tahun akan meningkat maju dan seterusnya menurut segi prestasi.

 "Lewat pembinaan kali ini, saya berpesan Satuan Karya supaya diaktifkan. Tentunya menggunakan sinergitas pihak terkait misalnya Koramil, Polsek, Perhutani dan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, dalam evaluasi lomba Kwarran tergiat2019, tim Kwarcab Tegal melakukan evaluasi atas kinerja Kwarran Balapulang pada aplikasi aktivitas selama Januari – Desember2019 mencakup Bidang Pembinaan anggota muda(Binamuda), Pembinaan anggota Dewasa(Binawasa), Organisasi Hukum, Keuangan dan Sarpras, Humas dan Abdimas, dan Pembinaan Pramuka Penegak serta Pandega. (DKR). (Humas)‎

Peserta Pelantara VI peringati HUT Tentara Nasional Indonesia ke-71, Ini Pesan Panglima TNI

Posted: 05 Oct2019 06:23 AM PDT

316 peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VI memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-71 di hanger helly kapal KRI Surabaya 591 yang sedang sandar di dermaga Ranai, kabupaten Natuna, Rabu (lima/10). Fito:Roby:Humas Kwarnas

Natuna- Dari bahari, 316 peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VI memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-71 di hanger helly kapal KRI Surabaya 591 yang sedang sandar di dermaga Ranai, kabupaten Natuna, Rabu (lima/10).

Upacara yang berjalan khidmat tadi pula diikuti sang satgas bela negara, dan para awak kapal KRI. Adapun komandan Satuan Tugas Pelantara VI, Kolonel Laut (P) R Eko Suyatno bertindak menjadi pembina upacara yang membacakan sambutan panglima Tentara Nasional Indonesia, Jendral TNI Gatot Nurmantyo.

HUT Tentara Nasional Indonesia kali ini bertema,
“beserta Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, siap mewujudkan indonesia yang berdaulat berdikari dan berkepribadian.”

Kak Eko mengungkapkan makna yang terkandung pada tema tadi adalah, Tentara Nasional Indonesia tumbuh serta berkembang dan berjuang bersama Rakyat. Inilah esensi karakteristik kesejatian TNI yang tidak boleh pudar pada tengah-tengah arus globalisasi, yang tegak terus berkecimpung secara dinamis.

“Kesejatian tersebut harus terus ditumbuh kembangkan dan diselaras-serasikan sengan pola pikir kehidupan rakyat yg semakin modern, sebagai akibatnya kecintaan akan tetap terbangun sebagai kapital pokok,” demikian istilah kak Eko

Lebih lanjut, dalam sambutan nya, dia mengingatkan pesan dan hal-hal buat dipedomani. Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yg maha esa sebagai landasan moral dan etika dalam aplikasi tugas, kehidupan prajurit, kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Kedua, tugas prajurit TNI sangat berkaitan pribadi dengan tegak atau runtuh nya negara, manunggal atau bercerai nya bangsa, oleh karena itu tempatkan tugas diatas segala-galanya, karena tugas adalahs kehormatan, harga diri sekaligus pujian,” pungkas nya

Ketiga, Junjung tinggi nilai, serta semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta permanen tegaknya kedaulatan NKRI yang menurut Pancasila dan UUD RI 1945.

“Keempat, pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman dalam bilangan marga, sumpah prajurit, 8 harus TNI, taati aturan serta hormati HAM,” tambah nya

Kelima, Bina soladiritas satuan, tegakkan rantai komando, mantapkan kesatuan komando disetiap strata kepemimpinan satuan Tentara Nasional Indonesia, sehinggnga terwujud loyalitas tegak lurus yg kentara dan tegas.

Selalu hadir ditengah-tengah anggota dan warga , menggunakan aktif berperan menuntaskan perkara yang dapat memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan juga lingkungan dimanapun berada.

“Lanjutkan hal positif yang sudah terbina. Selalu berkreasi, berinnovasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi, sebagai akibatnya mampu mengantisipasi banyak sekali bentuk ancaman yg nampak maupun nir nampak, dan telah merasuk keseluruh sendi-sendi berbagsa serta bernegara,” istilah kak Eko

Berdasarkan jadwal, peserta pelayaran lingkar nusantara VI Sail Karimata akan berlayar balik besok Kamis, (6/10) melanjutkan pelayaran ke pulau Laut. Sebelumnya mereka sudah melaksanakan beragam aktivitas pada Natuna selama lima hari. (Roby/Humas Kwarnas)

Gubernur Kepri Cemburu pada Pramuka Bahari Peserta Pelantara VI2019.

Posted: 05 Oct2019 06:04 AM PDT

Gubernur Kepulauan Riau, kak Dr. H. Nurdin Basirun, S.sos, M.si menyambut 316 peserta pelayaran lingkar Nusantara VI Sail Karimata2019 yg lego di Dermaga Mentigi Tanjung Uban, Kepulauan Riau pukul 8.45 WIB, Selasa (27/9) Foto: Humas Kwarnas

Kepri- Gubernur Kepulauan Riau, kak Dr. H. Nurdin Basirun, S.sos, M.si menyambut 316 peserta pelayaran lingkar Nusantara VI Sail Karimata2019 yg lego pada Dermaga Mentigi Tanjung Uban, Kepulauan Riau pukul 8.45 WIB, Selasa (27/9). Sebelum acara penyambutan digelar ucapan selamat datang ditandai menggunakan tari tradisional Melayu.

Sebelumnya, peserta yg berasal berdasarkan perwakilan 22 kwartir wilayah tersebut dilepas secara resmi sang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, kak Luhut Binsar Pandjaitan pada dermaga JICT Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis kemudian (22/9).

Dalam sambutannya, kak Nurdin Basirun menyampaikan peserta beruntung bisa mengikuti aktivitas pelayaran yang kaya akan nilai dan pengalaman, bahkan beliau sempat cemburu pada peserta Pelantara VI.

“Saya cemburu, enak benar kalian mampu ikut pelayaran ini. Dapat teman, bisa ilmu, bisa pengalaman, bisa mencicipi keindahan laut nusantara. Praktis-mudahan aku dapat memakai kapal perang ini buat membawa pemuda-pemuda Kepri berlayar keperbatasan,” demikian ungkap Kak Nurdin

Gubernur Kepri menjelaskan, Kepulauan Riau adalah provinsi yang menggambarkan miniatur Republik Indonesia. Disini, kata dia, terdapat 2084 pulau yang semua nya berhadapan menggunakan negara tetangga, antara lain Singapura, Vietnam serta Filipina, bahkan bertetanggaan menggunakan negara dunia.

“Selamat tiba di Kepulauan Riau, provinsi yg menggambarkan miniatur Indonesia,” ungkap nya

Lebih lanjut, Gubernur mengharapkan agar para peserta mampu merogoh poly pelajaran selama berlayar di kampus terapung tadi, serta dapat menjiwai jiwa bahari. Menurutnya, aktivitas ini merupakan langkah awal mereka mengenal laut, mengenal laut, mengenal Indonesia sehinggia sanggup mengambil kiprah dalam mempertahankan Indonesia.

“Saya titipikan bagaimana saka bahari sanggup sebagai jiwa pada kehidupan sehari-hari saudara termuda-saudara termuda. Orang berjiwa bahari itu disiplin, taat aturan, menjaga lingkungan, pekerja keras nir cepat berputus asa. Karena telah biasa menghadapai situasi-situasi yg nir terduga. Wujudkan Indonesia menjadi poros maritim global. Kalian ini pemainnya, aku konfiden kalian siap pakai. Siap tampil,” tambah nya

Berdasarkan jadwal, peserta pelayaran lingkar nusantra VI Sail Karimata akan mengagendakan beberapa aktivitas selama empat hari, akan berlangsung dari mulai hari ini, Selasa, 27 September hingga Jum’at, 1 Oktober2019. Setelah itu akan melanjutkan pelayaran pulang menuju pulau Sekatung. Pulau Sekatung terletak di bahari Cina Selatan serta berbatasan dengan negara Vietnam. (Roby/Humas Kwarnas)

You are subscribed to email updates from Gerakan Pramuka.
To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. Email delivery powered by Google Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel