Gubernur JATIM Restui Pertinas SBH V

Dalam kegiatan Perkemahan Nasional Saka Bhakti Husada (Pertinas SBH) V pada Blitar, 17-23 Oktober, Gubernur Jatim Soekarwo meminta supaya Pramuka wajib melibatkan gerakan masyarakat bidang kesehatan. Menurut gubernur, gerakan warga tadi akan memberikan kontribusi nyata dalam pelaksanaan kepramukaan yakni mengabdi pada warga .

Pakde Karwo — sapaan akrabnya — mengatakan, gerakan masyarakat yang dimaksud seperti menaruh pendampingan kepada tempat tinggal tangga di bidang kesehatan.  Salah satunya yakni pendampingan satu kader pada setiap satu  tempat tinggal tangga. Artinya, setiap rumah tangga wajib didampingi kader kesehatan yg bisa membantu rakyat pada pencegahan penyakit, baik penyakit menular juga yg diakibatkan menurut jentik nyamuk.

Ditambahkan, Pertinas SBH V tersebut harus sebagai gerakan rakyat agar berperilaku dan hidup secara sehat. Dalam Pertinas nanti, Pramuka bisa memasukkan materi aktivitas kesehatan warga seperti pemantauan jentik nyamuk bersama penangananya hingga penanganan penyakit menular lainnya agar masyarakat lebih peduli pada lingkungan.

Menurutnya, lebih baik memakai upaya promotif serta preventif daripada mengobati. “Kegiatan Pramuka di Blitar ini wajib dijadikan contoh gerakan masyarakat pada bidang kesehatan secara nasional. Problem kesehatan dapat teratasi apabila seluruh unsur melibatkan diri. Pramuka harus mampu menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat dalam mengaplikasikan acara kesehatan,” ujarnya, Selasa (19/1).

Sementara Bupati Blitar terpilih Rijanto mengaku, Pemkab Blitar siap menyambut event ini dengan baik. Dia menjelaskan, bahwa segala persiapan serta pengenalan pada kegiatan tersebut sudah mulai pada susun serta dilaksanakan.
​Bupati sependapat dengan gubernur yang akan menggerakan kiprah serta rakyat pada bidang kesehatan. “Semoga pada Pertinas SBH V nanti, kegiatan ini bisa dijadikan contoh pendampingan secara nasional,” ujarnya.

Di loka yang sama, anggota Pimpinan SBH taraf Nasional berdasarkan Kementerian Kesehatan, Dyah Yuniar Setiawati mengatakan, Pertinas SBH V2019 ini merupakan wahana pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pendega anggota Satuan Karya Pramuka Bhakti Husada guna menggalang persaudaraan, peningkatan kualitas SDM Pramuka.

Selain itu, aktivitas ini pula akan menambah pengalaman, keterampilan serta penemuan dan rekreatif yang mengandung unsur bhakti pada masyarakat.

Sumber : BeritaMetro.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel