Hari Ini PW X PTAI seIndonesia Berakhir


Ambon - Dipastikan hari ini, Rabu (30/11), Perkemahan Wirakarya (PW) X Pramuka Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se-Indonesia yg telah berlangsung sejak 21 November kemudian akan berakhir dan ditutup sang Direktur Perguruan Tinggi Islam (PTI) Kementerian Agama (Kemenag), Dede Rosyada.
“Nantinya Direktur PTI Kemenag yang akan menutup PW X Gerakan Pramuka PTAI se-Indonesia tahun 2011,” tutur Plh Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Hasbollah Toisuta pada Siwalima di ruang kerjanya, Selasa (29/11).
Dijelaskan, PW X Gerakan Pramuka PTAI se-Indonesia tahun 2011 diikuti 49 berdasarkan 52 PTAI yang ada pada Indonesia. “Di Indonesia tercatat sebesar 52 PTAI yg terdiri menurut Universitas Islam Negeri (UIN), IAIN dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), namun 3 di antaranya nir hadir dalam PW tahun ini,” jelasnya.
Selain itu, istilah Toisuta, PW X Gerakan Pramuka PTAI se-Indonesia juga diikuti perwakilan Kwartir Cabang (Kwarcab) pada Provinsi Maluku dan sejumlah Gugus Depan (Gudep) Penegak serta Satuan Karya (SAKA) pada Pulau Ambon.
Toisuta pula mengaku, walaupun upacara penutupan PW X Gerakan Pramuka PTAI se-Indonesia baru akan dilak­sanakan Rabu (30/11) pagi pada Bumi Perkemahan Al-Mulk, tetapi sem­bilan kontingen dipastikan  nir akan mengikuti upacara penutupan lantaran lebih dulu pergi ke daerah asalnya masing-masing.
“STAIN Palangkaraya-Kaliman­tan Barat telah lebih dulu pulang Senin (28/11) lantaran ada kegiatan nasional di kampusnya sedangkan Rabu (30/11) pagi tercatat delapan kontingen jua akan akan balik ke wilayah asalnya,” ungkapnya,
Toisuta yang pula Wakil Rektor I IAIN Ambon ini mengungkapkan, delapan kontingen yang akan pulang ke wilayah asalnya, Rabu (30/11) pagi, yaitu STAIN Watampone-Sulawesi Selatan, IAIN Jambi, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin-Banten, STAIN Kerinci-Jambi, STAIN Kendari-Sulawesi Tenggara, IAIN Cirebon-Jawa Barat, STAIN Salatiga-Jawa Tengah dan STAIN Pontianak-Kalimantan Barat.
“Nantinya pula ada tujuh konti­ngen yg akan meninggalkan Kota Ambon Rabu (30/11) siang sampai sore, yaitu UIN Alaudin Maka­ssar-Sulawesi Selatan, STAIN Peka­longan-Jawa Tengah, STAIN Pare-Pare, STAIN Batu Sangkar-Sumatera Barat, STAIN Palopo, IAIN Sunan Ampel Surabaya dan STAIN Ponorogo-Jawa Timur,” ucapnya.
Toisuta berharap supaya momentum PW X Gerakan Pramuka PTAI se-Indonesia bisa membangun suatu prespektif pembelajaran bahwa kehidupan kebersamaan itu sebagai krusial, sehingga pula bisa membangkitkan kegiatan-kegiatan pramuka yg terdapat di wilayah ini.
“Berikutnya, harapan akbar kita adalah peserta sanggup pulang ke dae­rahnya masing-masing membawa pencerahan dan pencitraan Ambon selesainya melihat situasi dan kondisi kota ini,” ujarnya,
Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana PW X Gerakan Pramuka PTAI se-Indonesia, Gunawan Thahir kepada Siwalima di ruang kerjanya, Selasa (29/11), jua mengungkapkan, dipastikan Kamis (1/12), kontingen yang akan pulang ke daerah asalnya, yaitu IAIN Medan, STAIN Purwo­kerto, IAIN Ar Raniry Aceh, IAIN Raden Intan Lampung, IAIN Antasari Banjarmasin, STAIN Bukit Tinggi, IAIN Padang, STAIN Metro Lampung, STAIN Salatiga, STAIN Tulungagung, IAIN Gorontalo, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Raden Fatah Palembang, IAIN Surakarta, UIN Maulana Malik Ibra­him Malang, STAIN Padang Sidem­puan, IAIN Walisongo Semarang, UIN Syarieh Hidayatullah Jakarta, STAIN Kudus  serta STAIN Jember.
“Nantinya, Jumat (2/12), pula akan menyusul UIN Sunan Gunung Djati Bandung, STAIN Bengkulu, STAIN Alfatah Jayapura, STAIN Sorong serta STAIN Pekalongan, ad interim STAIN Manado yang akan kembali, Selasa (6/11),” ungkapnya. (S-35)


Sumber: //www.siwalimanews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel