IDENTIFIKASI ALAT TANGKAP IKAN

Identifikasi Alat Penangkap Ikan - BBPI Semarang sudah melaksanakan “Kegiatan Identifikasi Alat Penangkap Ikan serta Sumberdaya Ikan Perairan Umum Darat di Kalimantan Timur”. 

Kegiatan ini dilaksanakan sang tim teknis yg terdiri dari Eris Mulyadi, Rudiro Nuraini serta Nugroho Wahyu Kusumo. Pengambilan data dilakukan di lokasi Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur.


IDENTIFIKASI ALAT TANGKAP IKAN



Latar belakang menurut aktivitas ini merupakan terjadi penurunan populasi ikan-ikan lokal pada perairan umum seperti di sungai mahakam, danau-danau yg berada pada kab. Kutai Kartanegara dan Kutai barat, menurunnya kualitas lingkungan perairan dampak panas berkepanjangan dan terjadinya perubahan fisik yaitu pendangkalan dalam dasar danau dampak banyaknya material yg masuk ke danau dan tidak diimbangi dengan melakukan normalisasi. 



Penurunan populasi ikan erat kaitannya dengan kondisi lingkungan perairan serta intensitas penangkapan. Oleh karena itu  perlu pendataan melalui identifikasi dan inventarisasi SDI serta API di danau Semayang, Kalimantan Timur menjadi dasar dalam pengelolaan sumberdaya ikan (SDI) di PUD.

Tujuan dari aktivitas ini adalah buat mengetahui jenis – jenis alat tangkap yg digunakan oleh nelayan yang beroperasi pada danau Semayang serta jenis – jenis sumberdaya ikan yg ada di danau semayang. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan cara pengamatan serta pengukuran secara eksklusif secara melalui wawancara menggunakan nelayan. 

Jenis indera tangkap yang beroperasi pada danau Semayang terdiri menurut Rengge Batu Gelang, Rengge Bugis, Rengge Patin, Jaring Rimpa,   Tamba Puyau, Tamba Udang Balapas, Tamba Hampang, Juluk, Lukah Belut, Lukah Gabus,  Pengilar, Tamba Udang Kawat, Pengilar Pepuyu, Rawai Bentang, Rawai Lapak, Rawai Udang, Sawaran, Sangga,  Sodok, Jala, Anco, Trawl Udara, Pagungan, Jaring Raba.


Semoga dengan adanya “Kegiatan Identifikasi Alat Penangkap Ikan serta Sumberdaya Ikan Perairan Umum Darat di Kalimantan Timur” ini akan bisa menambah berita serta data  mengenai jenis indera penangkap ikan dan sumberdaya ikan pada perairan umum darat bagi warga kelautan serta perikanan. 

pada umumnya dan pemerintah dalam khususnya sebagai bahan pertimbangan dalam menciptakan kebijakan dalam pengelolaan sumberdaya ikan di perairan generik daratan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel