PENGEPRESAN BAHAN BAKU TEPUNG IKAN

PENGEPRESAN BAHAN BAKU TEPUNG IKAN - Pada termin pressing terjadi pemindahan sebagian minyak dan air. Ikan berada pada tabung yg berlubang, hal tadi dilakukan buat menaikkan tekanan menggunakan donasi sekrup. 

Selama proses pressing, kadar air menurun dari 70% sebagai 50% serta minyak menurun sekitar 4 %. 


Baca Juga ; Mengenal tepung Ikan


Setelah dilakukan penyaringan buat memisahkan material kasar serta material yang padat, kemudian material yg padat serta keras ini dilakukan pressing semetode monoton serta disentrifugasi buat memindahkan minyak. 



PENGEPRESAN BAHAN BAKU TEPUNG IKAN


Minyak yang disuling adalah minyak yang dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam industri pembuatan minyak goreng serta mentega.


PENGEPRESAN BAHAN BAKU TEPUNG IKAN - Bagian cair dari proses pressing liquor dikenal menggunakan nama stickwater yang berisi material yang telah dihancurkan yang beratnya kurang lebih 9% dari total padatan. 


Baca Juga ; Cara pengawetan Dan pengolahan Ikan


Material terbentuk kembali dampak penguapan stickwater sampai berbentuk sirup yang terdiri menurut 30 sampai 50 % padatan dan kadang-kadang dijual menjadi ikan padat yang dilarutkan. Pada umumnya produk hasil pressing liquor bila dipress kembali dan dikeringkan maka akan berbentuk tepung.

Sumber : Modul Pembuatan Tepung Ikan serta Pemanfaatannya, BPPP Tegal.

Semoga Bermanfaat...

Baca Juga : Cara Membuat ikan asin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel