Indonesia Berkomitmen Penyelesaian Damai Konflik ThailandKamboja

Jakarta: Pemerintah Indonesia berkomitmen buat mendukung penuh keutuhan teritorial Thailand, termasuk upaya negeri Gajah Putih tersebut buat mengatasi kasus menggunakan Kamboja pada wilayah selatan Thailand.

"Kami mendukung langkah-langkah politik tenang untuk mengatasi kasus di Thailand selatan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga yg ada pada tempat tadi," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bagian lain liputan persnya bersama PM Thailand Yingluck Shinawatra, di Istana Merdeka, Senin (12/9) siang.

PM Shinawatra sendiri akan berkunjung ke Kamboja dalam tiga hari mendatang. Presiden SBY menyambut baik planning tersebut, karena sesuai dengan harapan ASEAN bahwa sengketa perbatasan dapat diselesaikan dengan bijak serta damai. "Indonesia sebagai Ketua ASEAN terus mengungkapkan kepada PBB, utamanya Dewan Keamanan, bahwa kasus itu mampu diselsaikan di tingkat ASEAN terutama oleh Thailand dan Kamboja. Indonesia menjadi Ketua ASEAN akan sebagai bagian pada proses itu," Presiden SBY menyebutkan.

Presiden SBY jua membicarakan keinginannya terhadap kontribusi serta partisipasi Thailand pada menyukseskan KTT ASEAN dan KTT Asia Timur yg akan dilaksanakan di Bali, November menandatang.

Sementara itu PM Shinawatra pada keterangan persnya menyambut baik kepemimpinan ASEAN tahun ini yang diketuai Indonesia. Thailand sendiri akan terus mengawal serta berpartisipasi hingga terwujudnya Komunitas ASEAN2019 nanti. (dit)

Sumber: www.presidensby.gosip

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel