Kemunduran Gerakan Pramuka Disebabkan Karena Kualitas Pengurusnya

Gerakan Pramuka merupkan organisasi yang berkecimpung dibidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Metode pendidikan Pramuka sangat baik dan bisa membentuk generasi muda bertanggungjawab, disiplin, bermental baja, andal dan kreatif. Tetapi seiring perkembangan jaman Gerakan Pramuka semakin surut menurut segi peminat serta kualitas pendidikannya. Dari segi peminatnya, Gerakan Pramuka dipercaya organisasi yg ketinggalan jaman, sehingga mereka nir terkesan buat mengikuti Gerakan Pramuka. Sedangkan berdasarkan segi kualitasnya Gerakan Pramuka menurun pada hal pendidikan dan metode pengajarannya.

Hal ini terjadi lantaran orang dewasa menjadi pembina pramuka mengalami penurunan kuantitas serta kualitas. Berdasarkan segi kuantitas poly pembina pramuka yang nir mau terjun serta aktif mengabdikan dirinya buat membina generasi muda dalam Gerakan Pramuka. Hal ini ditimbulkan berbagai macam alasan, entah karena faktor internal ataupun faktor eksternal. Sedangkan menurut segi kualitas poly pembina pramuka yang asal berdasarkan orang-orang yg nir pernah mengikuti pramuka sejak peserta didik. Mereka menjadi pembina pramuka hanya lantaran tuntutan. Memang pada gerakan pramuka tidak membatasi usia berapapun orang itu sanggup mengikuti gerakan pramuka. Sayangnya mereka-mereka ini yang ikut sebagai pembina pramuka banyak hanya karena tuntutan pimpinan tempat dia bekerja, sebagai akibatnya dalam mengikuti dan mengembangkan aktivitas kepramukaan mereka setengah-setengah.

Selain itu kemunduran pramuka dikarenakan juga komposisi pengurus didaerah yg kebanyakan bukan orang pramuka orisinil. Misalnya merupakan poly dari kepala kwartir cabang maupun wilayah yg diambil berdasarkan pejabat wilayah tadi. Baik jika pejabat tadi adalah anggota pramuka aktif, celakanya banyak berdasarkan mereka yang nir pernah mengikuti pendidikan kepramukaan tetapi dijadikan ketua kwartir. Tidak hanya jabatan kepala kwartir saja, pengurus dibawahnya juga banyak yg diambil berdasarkan pejabat dan pengusaha yg berduit atau pengambil kebijakan. Alasannya agar pramuka mampu menerima kucuran dana dengan mudah.

mental uang inilah yang membuahkan pramuka semakin terpuruk. Bukannya pramuka semakin berkembang ditengah jaman yang gila ini, malahan pramuka sanggup dibilang organisasi yg manja karena mementingkan dana. Akhirnya pramuka hanya beraksi jika ada dana serta vakum balik waktu dana itu habis.

saya mengajak pada sahabat-sahabat generasi belia yang memang sahih-benar ingin bangsa ini baik kedepan mari kita kembalikan pramuka pada fungsi dan tugas yg sebenarnya, yaitu mempersiapkan generasi muda sebagai pemimpin, pelopor dann teladan yg siap bersaing serta bertanding diera globalisasi.

saya memohon pada para pembina yang memang mempunyai tujuan yg mulia buat mempersiapkan generasi muda supaya mengikuti hati nuraninya buat tidak sekadar lantaran kemudahan keuangan pada menentukan pengurus. Saya berharap pengurus dalam gerakan pramuka merupakan orang-orang yg sahih-sahih memahami apa itu pramuka sebagai akibatnya mampu mengembangkan pramuka sebagai organisasi yang lebih diminati.

JANGAN SAMPAI JABATAN KETUA HANYA SEBAGAI NAMA SAJA TETAPI TIDAK MAU BEKERJA DAN MEMIKIRKAN TEROBOSAN-TEROBOSAN BARU BAGI PRAMUKA YANG DIPERUNTUKKAN UNTUK GENERASI MUDA.

Sumber : //birokrasi.kompasiana.com/2013/09/14/kemunduran-gerakan-pramuka-ditimbulkan-karena-kualitas-pengurusnya-589569.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel