Kwarcab Lampung Selatan sebar 135 anggota Pramuka bantu pengamanan Mudik

KALIANDA - Kwartir Cabang Lampung Selatan ikut membantu polisi pada pengamanan lebaran Tahun2019. Para anggota Pramuka tersebut terdiri kurang lebih 135 anggota yg disebar pada 6 titik. Beberapa titik yg ada pada Lampung Selatan meliputi Pelabuhan Bakauheni, Ketapang (Pos PAM Gunung Pancong), Hata (Pos PAM Hata), Kalianda (Pos PAM Merak Belantung),Katibung (Pos PAM THR Pasir Putih), Natar (Pos PAM Pasar Natar).
Para anggota Pramuka dari banyak sekali Kwartir Ranting (Kwaran) serta Gugus Depan (Gudep) pada Lampung Selatan yaitu berdasarkan Kecamatan Ketibung, Natar, Kalianda, dan Kecamatan Bakauheni bahkan menerjunkan anggotanya pada Pelabuhan bakauheni.
Para anggota Pramuka ini mengaku merasa bahagia mampu menjalankan tugas tersebut, menjadi bentuk pengamalan Dasa Dharma Pramuka. “Kami setiap harinya terdiri dari 12 orang anggota pandega dan penegak. Dari 12 anggota tadi akan dibagi dua regu, terdiri masing - masing enam orang. Setiap anggota akan bertugas di setiap pintu masuk juga keluar jalur gangway, “ ujar  Bayu Ashari  menjadi Anggota DKC Lampung Selatan bidang Pengabdian Masyarakat ketika bertugas pada Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (3/8/2013).
Menurut Bayu Ashari dia rekan-rekannya bertugas buat mengarahkan jalan baik jalan keluar dari arah Gangway ke pintu keluar juga penumpang yang akan naik ke atas kapal. Selain itu mereka pula mengarahkan penumpang yang akan membeli tiket kapal ke loket. Tetapi selain itu mereka pula kadang tak enggan buat membawakan barang bawaan para penumpang yang dirasa cukup berat.
“Selain membantu penumpang yang terkadang tidak memahami pintu keluar ke terminal, kami juga ikut membantu jika terdapat penumpang yang wajib mendapat perawatan kesehatan, “ tutupnya.
Sementara itu Ketua Harian Kwarcab Lamsel Sukadi MS. SPd berkata utuk di Pos bakau terdapat 12 Anggota Pramuka Penegak dan Pandega Per-harinya. Keikutsertaan Pramuka pada PAM Lebaran merupakan tugas menurut Polres Lampung selatan dimana tugas pokoknya adalah ikut dan membantu pengamanan dan Pelayanan selama mudik berlangsung .

Sumber : //www.lampungterkini.co.id/index.php/lampung/kalianda/item/1457-kwarcab-lamsel-sebar-135-anggota-pramuka-bantu-pengamanan-pulang kampung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel