Kwarnas Gerakan Pramuka dan Kemenko PMK Siapkan Kerjasama Revolusi Mental

Kak Puan Maharani (Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI) serta Kak Marbawi (Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka)

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyiapkan acara penanaman nilai-nilai Revolusi Mental pada generasi belia, khususnya anggota Gerakan Pramuka. Program ini berafiliasi menggunakan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

"Ada tiga nilai yg akan kita tanamkan, integritas, etos kerja serta gotong royong", kentara Kak Marbawi, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada Gedung Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada Jakarta (16/062016).

Pembicaraaan kerjasama ini bermula menurut rendezvous anggota Pokja Revolusi Mental, Prof. Dr. Paulus Wirutomo dengan Pimpinan Kwarnas. Hadir ketika itu Kak Marbawi (Waka), Kak Abdul Shobur (Waka), Kak Rafli Effendy (Sekjen) serta beberapa Andalan Nasional. Ada kecenderungan pandangan antara tentang pentingnya gerakan ini bagi seluruh anak bangsa, khususnya generasi muda.

Selanjutnya dalam FGD Revolusi Mental lepas 10 November2019 pada Jakarta yg diinisiasi sang Kemenko PMK, Kwarnas diwakili sang Kak Marbawi selaku Wakil Ketua Kwarnas, menegaskan bahwa massifikasi revolusi mental bagi generasi belia sebaiknya melalui Gerakan Pramuka, khususnya usia 7 – 25 tahun. Menurut Marbawi, menurut seluruh organisasi kaum muda, Gerakan Pramuka paling acceptable bagi seluruh kalangan.  Ini modal sosial terkuat hari ini. Kita akan berdayakan bagi kepentingan bangsa lebih akbar. "Kita akan tanamkan nilai-nilai revolusi mental di kalangan Gerakan Pramuka melalui 3 cara; penyadaran massif, permainan kepramukaan, serta kaderisasi", tambah Marbawi.

Marbawi, yang juga Anggota Pokja Nasional Revolusi Mental, menambahkan bahwa membentuk generasi adalah sebuah kerja besar yg wajib melibatkan seluruh komponen bangsa. "Kerja Besar Membangun Generasi adalah sebuah visi serta misi kita hari ini dan seterusnya, dimanapun kita berkecimpung. Dan revolusi mental merupakan bagian menurut kerja besar tadi", katanya.

Sementara itu Ketua Pokja Revolusi Mental, Arif Budimanta mengatakan bahwa Pramuka merupakan elemen strategis nasional pendorong perubahan lewat revolusi mental. "Sekarang setidaknya terdapat 20 juta anggota Gerakan Pramuka di Indonesia, kita ingin 3 revolusi mental menjadi budaya mereka. Apabila berhasil, dampaknya akan luar biasa bagi generasi muda Indonesia secara lebih luas", celoteh Budimanta yg pula Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) ini

Dalam audiensi antara Kwarnas menggunakan Menko PMK Puan Maharani, sudah disampaikan bahwa buat langkah awal dimulai dengan partisipasi revolusi mental di Jambore Nasional X2019. Hasil pertemuan ini ditindaklanjuti secara bertahap serta semua langkah-langkah sistematis revolusi di Gerakan Pramuka akan dikukuhkan dalam perjanjian kerjasama antara dua forum.

Sebelumnya dalam berbagai kesempatan, termasuk pada hadapan Presiden Joko Widodo ketika peringatan Hari Pramuka 14 Agustus2019, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault selalu menekankan bahwa Gerakan Pramuka paling siap mendukung pemerintah buat penanaman nilai-nilai revolusi mental. "Ada tiga kualifikasi yang wajib dimiliki anggota Gerakan Pramuka hari ini untuk menyongsong masa depan, yaitu karakter, kompetensi dan kolaborasi, kita menyebutnya 3 K. Ini sama menggunakan intisari dari Revolusi mental", jelas Adhyaksa Dault.

Adhyaksa menambahkan, tahun2019 ini Pramuka akan mengadakan aktivitas besar yaitu Jambore Nasional X2019 di Cibubur (14 – 21 Agutus2019), Perkemahan Pramuka Penegak dan Pandega Putri di Kalimantan Timur.

Perkembahan Bakti Saka Bakti Husada pada Blitar Jawa Timur, serta lain sebagainya.

"Jamnas2019 ini istimewa, 14 Agutus pembukaan, sekaligus peringatan 55 tahun Gerakan Pramuka, 17 Agustus hari Proklamasi kemerdekaan. Kita ingin bergotong royong menggunakan semua pihak buat penanaman nilai-nilai kebangsaan pada 25 ribu Pramuka ini, buat program revolusi mental tentunya dengan Kementerian PMK", pungkas Adhyaksa Dault (hws / Humas Kwarnas)

Thanks to pramuka.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel