Mengatasi Sulit Tidur insomnia Tanpa Obat

“Tolong berikan resep obat tidur, dok. Akhir-akhir ini saya sulit tidur ,” keluh seorang pasien yang mengaku nir mempunyai duduk perkara spesifik, tetapi nir bisa tidur tanpa minum obat lebih dulu.

Ada kesamaan pada sebagian penderita insomnia atau kesulitan tidur yang membiasakan minum obat-obatan yang mempunyai imbas menidurkan. Kadang-kadang lantaran begitu bertenaga impak psikis menurut obat tersebut, orang nir bisa tidur tanpa minum obat tersebut lebih dulu. Kondisi ini akan berlanjut sebagai ketergantungan pada obat:

Ada beberapa langkah buat mengatasi kesulitan tidur, tanpa menggunakan obat-obatan, melainkan hanya dengan cara-cara sederhana yg dapat dilakukan sendiri:

• Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. Tidur pada waktu yg berubah-ubah akan menciptakan tubuh syarat siaga. Akibatnya, tubuh selalu dalam keadaan tegang. Apabila telah dipengaruhi saat tidur dan bangun, seyogianya dipatuhi.
• Jika seseorang termasuk sulit tidur, tidak dianjurkan tidur dalam siang hari. Tidur siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur pada malam hari. Akibatnya dalam malam hari sebagai sulit tidur atau seringkali terjaga.
• Tempat tidur seyogianya digunakan buat tidur, bukan buat kegiatan lain seperti menonton TV, menulis surat serta sebagainya.
• Jangan menggunakan peralatan elektronik dan ponsel menjelang tidur.
• Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olahraga dalam sore hari atau sehabis mentari terbenam, tetapi 2-3 jam sebelum saat tidur yg telah dipengaruhi wajib sudah selesai berolahraga . Latihan olahraga mendekati ketika tidur justru akan mengganggu tidur malam hari.
• Hindarkan kuliner dan minuman eksklusif. Makanan kecil yang anggun, sebaiknya dihindari sebelum berangkat tidur. Demikian juga minuman yg mengandung alkohol, teh serta kopi hams dihindari, terutama sore hari.
• Dianjurkan mandi air hangat serta minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penjelasan di kamar.

Daftar Pustaka
Sku Pencegahan Dini Kesehatan Oleh Dr. ANIES MKES PKK

Sumber: fkunhas.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel