MENGENAL MOTOR 2 LANGKAH 2 TAK PADA KAPAL PERIKANAN

Mengenal Motor 2 Langkah (2 Tak) Pada Kapal Perikanan - Motor bakar merupakan suatu pesawat yg bisa mengganti energi panas menjadi tenaga mekanik menggunakan jalan pembakaran bahan bakar. 


Didalam motor bakar mengenal 2 macam pembakaran yaitu motor pembakran dalam dan motor pembakaran luar. Dan jua buat motor pembakaran pada dari kontruksinya dibagi menjadi 2 yaitu kontruksi motor tidak aktif dan kontruksi motor dinamis.

Motor bakar 2 langkah merupakan mesin pembakaran dalam yg pada satu daur pembakaran akan mengalami dua langkah piston, berbeda menggunakan putaran empat-tak yg mengalami empat langkah piston dalam satu kali siklus pembakaran, meskipun keempat proses intake, kompresi, energi serta pembuangan juga terjadi.

MENGENAL MOTOR 2 LANGKAH ( 2 TAK ) PADA KAPAL PERIKANAN


Mesin 2 tak pula telah digunakan dalam mesin diesel, terutama dalam rancangan piston antagonis, kendaraan kecepatan rendah misalnya mesin kapal besar serta mesin V8 buat truk dan kendaraan berat.

Motor 2 Langkah
Motor 2 langkah mempunyai cara kerja atau prinsip kerja sebagai berikut :
1. Langkah Hisap dan Langkah Kompresi
Pada akhir kompresi, kedudukan piston telah mendekati titik meninggal atas (TMA), pada saat yang bersamaan pengabut (injection Nozzle) menghamburkan bahan bakar berbentuk kabut ke dalam udara yang sedang dikompresi/dipadatkan oleh piston yang memiliki suhu yang cukup tinggi hingga 500 – 700oC. Bagian-bagian yg halus menurut bahan bakar yang dihamburkan itu akan mengambil panas itu, selanjutnya bahan bakar yang berbentuk gas menyala dan terbakar habis.

Terbakarnya bahan bakar itu timbullah panas yg tinggi dan panas yang tinggi tersebut memiliki tekanan sampai 50 Kg/cm2. Tekanan panas itu menekan piston bergerak turun, sehingga piston menggerakkan batang pemutar dan batang pemutar memutarkan poros engkol mesin tadi. Gerakan ini dinamakan kerja motor.

Sebelum piston mencapai pintu pengumpul udara, katup buang terbuka maka sisa-sisa gas pembakaran keluar menuju saluran buang. Setelah piston mencapai pintu pengumpulan udara yaitu kedudukan piston dalam titik tewas bawah (TMB), maka udara yang bertekanan dari ruang pengumpulan udara akan masuk ke pada silinder sembari mendesak gas-gas residu pembakaran keluar menurut katup buang maka proses ini diklaim proses pembilasan.
2. Langkah Usaha dan Langkah Buang

Setelah piston mencapai titik mangkat bawah (TMB) dan memulai piston bergerak menurut titik mangkat bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Pemasukan udara segar berdasarkan blower ke pada silinder 

Dan pengeluaran sisa-sisa gas pembakaran berdasarkan ruang silinder berlangsung terus hingga piston di bagian atas menutup pintu bilas (ruang pengumpul udara) dan berikutnya piston menutup katup buang serta saluran buang. 


Setelah pintu bilas dan pintu buang tertutup, maka dimulailah gerakan kompresi.

Udara-udara yg sudah memasuki ruangan silinder mulai dikompresi/dipadatkan sehingga mencapai suhu 500 – 600oC dengan tekanan 40 Kg/cm2. 

Sedikit sebelum piston mencapai titik mangkat atas (TMA) dalam ketika yang bersamaan pengabut (Injection Nozzle) menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut ke pada udara yang bertemperatur tinggi sebagai akibatnya terjadilah pembakaran bahan bakar tersebut. Demikianlah proses tersebut terjadi secara berulang-ulang.


Adapun cara kerja motor dua langkah dapat dipandang dalam gambar dibawah ini.


Selain Mengenal Motor dua Langkah (dua Tak) Pada Kapal Perikanan kita juga wajib mengenal Motor 4 langkah dalam kapal perikanan,


Sumber : Materi Pelatihan Perawatan serta Perbaikan Mesin Kapal Perikanan

Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel