Menjadi Tugas dan Kewajiban

Saka Bhayangkara Siap Dilibatkan Dalam Kegiatan Sosial

PASUKAN berseragam coklat ini dikenal menggunakan nama Pramuka. Mereka aktif dalam banyak sekali kegiatan khususya sosial. Di Samarinda Seberang, pasukan ini bermarkas di galat satu ruangan pada Kantor Polsekta Samarinda Seberang.

BEBERAPA aktivitas sosial di daerah Samarinda Seberang serta Loa Janan Ilir, pasukan Pramuka terlihat selalu hadir. Kegiatan yang mereka lakukan beraneka ragam, berdasarkan pengamanan kemudian lintas, membantu panitia pelaksana, hingga terlibat pribadi pada dalamnya.

Bagi mereka, seluruh kegiatan sosial adalah tugas dan kewajiban yg harus dilakukan. Makanya terkadang mereka hadir secara spontanitas buat membantu tanpa wajib diundang.

Seperti kegiatan Poskotis selama Ramadan serta pasca Lebaran. Pasukan ini jua terlibat dilibatkan. Mereka membantu tugas polisi buat menaruh pelayanan pada masyarakat. Seakan tak mengenal lelah, mereka tetap semangat pada membantu tugas dari aparat kepolisian.

Tak hanya itu, beberapa kegiatan sosial misalnya kegiatan beduk sahur yg menjadi agenda tahunan di Kecamatan Samarinda Seberang pula dibantu pasukan ini. Dengan bermodalnya niat yang tulus dan hasti yang tulus, pasukan ini selalu hadir di dalam setiap kesempatan.

Menanggapi hal itu, Pamong Saka Bhayangkara Samarinda Seberang ajun inspektur satu Usman mengaku bangga menggunakan kinerja yg dilakukan pramuka. Menurutnya, mereka dicetak serta dibuat buat membantu warga baik pada kegiatan sosial juga penanggulangan musibah.

“Saya bangga menggunakan kegiatan yg telah dilakukan adik-adik Pramuka yg rela dan nrimo dalam melaksanakan kewajibannya. Bahkan apabila terdapat musibah, adik-saudara termuda biasanya secara spontanitas datang dan membantu para korban buat meringankan beban mereka,” ujar Usman pada harian ini.

Bahkan menurutnya kegiatan tadi tak hanya sebagai kewajiban bagi para Pramuka, melainkan telah menjadi keliru satu tugas utama yg wajib beliau lakukan. Sehingga, tuntutan insting serta pencerahan dari hati nurani mereka sebagai pramuka yg menggerakkan mereka buat turun tangan bila dipercaya dibutuhkan.

“Ini bukan lagi menjadi sebuah kewajiban namun tugas yg wajib mereka laksanakan. Kepedulian mereka tentang kegiatan social dan musibah sangat tinggi, makanya mereka selalu hadir tanpa wajib dikoordinasikan terlebih dahulu,” paparnya.

Ia berharap kader-kader Pramukan yg akan datang mampu mengikuti jejak saudara tertua-kakaknya pada melaksanakan tugas serta kewajiban sesuai fungsinya. Sehingga gambaran Pramuka di masyarakat bisa sebagai lebih baik dan pasukan ini memang tercipta buat membantu warga .

“Untuk kedepannya harapan kami adik-saudara termuda terutama generasi pramuka akan jauh lebih baik dari segi semangat dan kepeduliannya terhadap rakyat. Sehingga pandangan rakyat terhadap pramuka sanggup lebih baik lagi,” ucapnya. (aya)

Sumber: www.sapos.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel