Novel Laskar Pelangi Jadi Referensi Kuliah Sastra Universitas di Australia

Novel Laskar Pelangi kembali mendapatkan apresiasi global. Baru-baru ini, Andrea Hirata, oleh penulis novel, membicarakan bahwa novel tersebut menjadi referensi mata kuliah sastra pada beberapa universitas di Australia.
“Usai diskusi novel Laskar pelangi di Byron Bay Writers Festival, Australia, sejumlah dosen mengatakan pada aku bahwa novel itu sudah menjadi surat keterangan untuk studi sastra dan budaya pada beberapa universitas pada Australia,” ujar Andrea Hirata (4/8).

Selama diskusi itu, kata Andrea, novel edisi internasional Laskar Pelangi, The Rainbow Troops, mendapat sambutan hangat menurut masyarakat Australia.
Andrea mengaku terkejut ternyata poly sekali warga Australia yg sudah membaca novel inspiratif itu. Bahkan dalam sesi diskusi, lebih menurut seribu peserta menghadirinya. Padahal novel itu adalah versi usang yg diterbitkan Bentang Pustaka.

“Sepertinya para penggemar Rainbow Troops pada Australia sepertinya telah nir tabah menunggu versi baru novel itu yg diterbitkan sang penerbit terkemuka Australia, yaitu Random House Australia yang akan terbit dalam Januari2019″.
Menurut rencana, Random House akan mendistribusikan novel itu pada Australia serta Selandia Baru. Kontrak menggunakan Random House, istilah Andrea, menambah daftar negara yang akan menerbitkan Laskar Pelangi menjadi 23 negara. Novel itu sedang diterjemahkan ke lebih menurut 30 bahasa.

“Selain itu, saya pula telah menandatangani kontrak menggunakan penerbit ternama Inggris, Pengguin,” tambah dia.
Melihat minat para pembaca pada luar Indonesia yang tinggi, Andrea mengaku optimistis akan masa depan global buku di Tanah Air. Dia berharap, langkah yang sudah dirintisnya itu bisa menjadi permulaan bagi karya sastra Indonesia lainnya buat merambah pembaca dunia.

Sumber: antaranews.com - //indonesiaproud.wordpress.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel