Purba Purnama Mahasiswa RI yang Pecahkan Rekor Studi S2S3 Tercepat di Korsel

Studi taraf master eksklusif doktor dalam umumnya ditempuh selama 4 tahun. Namun, Purba Purnama, mahasiswa Indonesia yang merogoh acara kombinasi master-doktor untuk bidang biopolimer, mengambarkan diri bisa merampungkan 1/2 tahun lebih cepat di University of Science and Technology (UST), Korea Selatan.

Prestasi Purba adalah rekor, dimana studi master dan doktor tadi paling cepat mampu selesai 4 tahun dan normalnya lima tahun.

Pemegang beasiswa menurut International R&D Academy dalam Korea Institute of Science and Technology (KIST), ini pada kegiatan kesehariannya pada Korea Selatan tidak melulu belajar, tapi pula aktif di warga .

Purba, yang lahir di Tegal pada 10 Juni 1982 ini, pernah terlibat pada organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia pada Korea (Perpika), ketua gugus penemuan serta teknologi Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4), serta pula aktif dalam aktivitas beserta Pioneers for Advancemen​t of Technology in Asia-Africa (PATA) pada Korea Selatan.
Ketika Purba tiba ke Korea, pembimbingnya menyampaikan bahwa beliau boleh lulus kapan pun dia mau, asal saja beliau memiliki banyak publikasi pada jurnal internasional.

“Saya jua mengetahui anggaran normal program kombinasi master dan doktor adalah 4 tahun. Dari situ aku bertekad buat memecahkan aturan itu menggunakan lulus lebih cepat dari saat minimum 4 tahun. Alhamdulillah aku bisa memecahkan rekor studi dengan menyelesaikannya sekaligus dalam waktu tiga,5 tahun,” ujar Purba.
Selama studi, Purba telah berhasil mempublikasikan penelitiannya di berbagai jurnal internasional. Purba mempunyai 7 publikasi di jurnal-jurnal internasional bidang biopolimer, dua Korean Patent, serta 1 US patent.

Dalam wisuda yang digelar pada International Cooperation Building, KIST, Seoul, pada 8 Agustus 2012, Purba menerima penghargaan Academic Excellence Award menurut KIST.

Dalam sambutannya, Presiden KIST menyatakan bahwa Purba semasa menjalani pendidikan pada KIST-UST seringkali menerima penghargaan menurut KIST maupun UST atas prestasi-prestasi yang telah diraihnya.

Sebelum diwisuda, Purba telah langsung disodori proposal buat melanjutkan jenjang post-doctoral di Laboratorium Biomaterial Research Center, KIST, untuk melanjutkan penelitiannya.

Purba juga akan diwisuda oleh pihak UST di Auditorium Pusat UST, Daejeon, dalam 17 Agustus 2012 nanti, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-67.

Prestasi yang diraih sang Purba tidak hanya menaruh pujian buat dirinya serta keluarga tetapi jua kepada bangsa Indonesia, karena hal ini menunjukkan bahwa secara individu bangsa Indonesia mampu memecahkan poly rekor studi di dunia akademis internasional.

Sumber: news.detik.com 
//indonesiaproud.wordpress.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel