Pramuka kibarkan bendera di bawah laut Situbondo



Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 150 penyelam berdasarkan pegiat/aktivis Pramuka berdasarkan aneka macam provinsi pada Indonesia, berencana mengibarkan bendera pramuka di bawah laut Pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur, dalam 23 Oktober 2011.

"Insya Allah Menpora Andi Malarangeng menyaksikan pengibaran bendera Pramuka pada kedalaman 1.000 meter di bawah laut itu," istilah Sekretaris Kwartir Daerah Praja Muda Karana Jawa Timur (Kwarda Pramuka Jatim), Drs H Sunyoto Hadi Prayitno MPd, di Surabaya, Jumat.

Ia menjelaskan, para penyelaman yang berperan dalam zenit acara hari ulang tahun (HUT) Emas Gerakan Pramuka secara nasional itu, diantaranya menurut Jatim, Jawa Barat (Jabar), Bali, Kalimantan.

"HUT Emas Pramuka secara nasional sudah diawali dengan penyerahan tunas kelapa dan pataka nasional secara estafet dari provinsi se-Indonesia, serta Pramuka Jatim menerimanya dalam 19 Oktober," kata dosen Universitas Persatuan Pengajar Republik Indonesia (PGRI) Adi Buana (Unipa) Surabaya itu.

Tunas kelapa serta pataka nasional itu diterima Jatim menurut Kalimantan di Ketapang, Banyuwangi, lalu dikirab lewat jalur selatan Jatim sampai ke Malang dan akhirnya ke Ngawi.

"Tunas kelapa serta pataka nasional serupa jua diterima Jatim menurut Sulawesi pada Surabaya, kemudian dikirab melintasi jalur utara Jatim sampai ke Ngawi," paparnya.

Menurut dia, kedua tunas kelapa dan pataka nasional yg dikirab dalam jalur selatan serta utara Jatim itu "bertemu" pada Ngawi dalam 22 Oktober, kemudian Pramuka Jatim bakal menyerahkan kepada Pramuka Jateng di Mantingan, Ngawi pada lepas itu (22/10).

"Tapi, Pramuka Jatim sendiri membuat 38 duplikat pataka itu buat dikelilingkan pada ranting yg terdapat dalam 38 kabupaten/kota se-Jatim buat memperingati HUT Emas Pramuka," ungkapnya.

Ia menyampaikan, pataka itu dikelilingkan dalam sejumlah kecamatan yang ada pada dua-28 Oktober dengan ditandai menggunakan penghijauan, yakni satu anggota pramuka menurut kalangan Sekolah Menengah Atas akan menanam satu pohon selama kirab di wilayahnya masing-masing.

"Kalau apel akbar HUT Emas Pramuka sudah dilaksanakan dalam 14 Agustus kemudian pada Gedung Negara Grahadi dalam jam 08.00 WIB yang bertepatan menggunakan HUT Pramuka. Saat itu, Wagub Jatim selaku Kepala Kwarda Jatim menyerahkan 2.124 penghargaan pada anggota Pramuka yang berjasa," tuturnya.

Selain itu, Kwarda Pramuka Jatim juga menggelar ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar pada 11 Agustus lalu, lalu ziarah ke Taman Makam Pahlawan Jalan Mayjen Sungkono Surabaya pada 12 Agustus lalu.

"Pada 13 Agustus malam atau sehari menjelang Apel Besar Pramuka di Gedung Negara Grahadi itu dilaksanakan Renungan Suci pada Bumi Perkemahan Semen Gresik buat melakukan janji ulang serta penilaian," ucapnya.
(T.E011/C004)
Editor: Priyambodo RH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel