Raimuna di Papua Dihadiri 2.500 Pramuka

Menpora Andi Mallarangeng mendapat Kwartir Nasional Pramuka yg dipimpin Prof Dr H Azrul Azwar MPH. Dalam rendezvous itu, dibahas banyak hal termasuk sejumlah aktivitas Kwarnas sepanjang tahun 2012.
Azrul menyebut terdapat sejumlah program yg akan diselenggarakan antara lain penyelenggaraan perhelatan akbar perkemahan Raimuna Gerakan Pramuka yg akan digelar  25 Juni – 1 Juli 2012 pada Bumi Perkemahan Waena Papua.
“Minimal sekitar dua.500 Pramuka akan hadir pada perhelatan itu pada bulan Juni 2012,” ujar Pimpinan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka,  Azrul Azwar di Gedung Menpora Jakarta, Kamis (1/tiga).
Menurut Azrul, terdapat sejumlah aktivitas lain misalnya Perkemahan Puteri dalam bulan November di Jambi, dan peringatan 100 tahun kepanduan. “Tahun ini kepanduan tepat berusia 100 tahun. Kepanduan masuk ke Indonesia dalam tahun 1912,” ucapnya.
Menpora Andi Mallarangeng menyambut baik sejumlah kegiatan dan program Pramuka. Ia pun siap mendukung kegiatan Pramuka menjadi wadah menciptakan karakter bangsa. “Kita akan melihat apakah ada aktivitas yg mampu didukung dan akan diusahakan,” istilah Menpora.
Azrul didampingi Sekjend Kwarnas Joedyaningsih, Bendahara Kwarnas Ramli Sairin serta perwakilan Dewan Kerja Nasional Pramuka yaitu Abdul Razak dan Mukhlis. Sementara, Menpora didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Zubakhrum Tjenreng, Staf Ahli Bidang Revitalisasi Pramuka Amran Razak, Asdep Kepanduan Zulkifli Akbar serta Plt Asdep Kepeloporan Pemuda Abud Musa’ad.
Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen, Papua. Kata Raimuna merupakan adonan dua kata yaitu Rai dan Muna.rai berarti sekelompok orang yg berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan beserta. Sedangkan Muna merupakan daya kekuatan jiwa seorang yg berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan.Raimuna mempunyai arti sekelompok orang yg hayati pada suatu kekuatan menggunakan dijiwai oleh sesuatu daya yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan. Sebagai kegiatan rutin empat tahunan, tahun 2012 ini akan sebagai tahun penyelenggaraan Raimuna yang ke sepuluh. Raimuna kali ini untuk pertamakalinya diselenggarakan pada wilayah Indonesia Timur. Papua berkesempatan sebagai tuan rumah Raimuna Nasional X, daerah yang menjadi asal istilah Rai dan Muna itu sendiri. (hanafijal/isu publik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel