SEBUAH KISAH PERJALANAN DARI SAKA BAHARI BALI DI SEBATIK

Hari pertama, Sabtu 7 Januari 2012 pukul 09.00 WITA kami hingga pada pelabuhan Pulau Sebatik mengunakan kapal LCU 990-01, kemudian kami menuju ke bumi perkemahan batu lamampau menggunakan truk serta disambut seluruh siswa dan warga di pulau sebatik. Pada pukul 10.00 WITA Kontingen Kwarda Bali datang di bumi perkemahan serta eksklusif mendirikan tenda meskipun duguyur hujan gerimis. Setelah itu istirahat siang dan menikmati makan siang dengan makanan khas Kabupaten Nunukan.
Pada pukul 17.00 WITA kami melaksanakan persembahyangan beserta di loka suci yg bernamakan Batu Lamampau di Pulau Sebatik. Malam hari dihangatkan sang penampilan dari elektronik musik serta class band.
Kesesokan harinnya paada Minggu, 8 Januari 2012 pada pukul 05.00 WITA diadakan olahraga pagi secara beserta-sama di tepi pantai serta dilanjutkan menggunakan latihan tari kolosal. Kemudian mandi serta makan pagi dan persiapan Upacara Pembukaan Perkemahan Bakti Saka Bahari Tingkat Nasional Tahun 2011. Pukul 09.00 WITA Upacara Bhineka Tunggal Ika dan Pembukaan di mulai. Upacara tadi dipimpin sang Kamabicab Nunukan. Setelah makan siang serta istirahat sejenak tepat dalam 14.00 WITA kegiatan pun pada mulai sesuai dengan rotasi yg dibagikan dimasing-masing umpi, seperti ceramah umum, bakti pemugaran sekolah, penanaman pohon mangrove, pembuatan sumur bor dan lain-lain.
Malam hari selesainya makan malam, program pentas seni Kontingen Kwarda Bali menerima undian menampilkan kreasinnya serta sekaligus memperoleh penghargaan juara 2 menjadi sporter terbaik.
Tidak kalah hebohnnya, dalam hari Senin 9 Januari 2012 pada pagi hari, selesainya hari pramuka, kami berlatih tari kolosal secara serentak, kemudian dilanjutkan menggunakan kegiatan rotasi yang sudah ditentukan oleh panitia. Kegiatan ini berlangsung hingga menggunakan sore, waktu malam tiba kebali diadakan pentas seni serta yang pentas masing-masing kwarda yang mendapatkan undian dalam hari itu.
Pada zenit program tepatnya pada hari Selasa, 10 Januari 2012 sesudah olahraga pagi, kami pribadi persiapan gladi higienis Upacara Penutupan Bhineka Tunggal Ika serta Perkemahan. Upacara penutupan Bhineka Tunggal Ika dan perkemahan resmi ditutup oleh Kamabida Kalimatan Timur. Dalam program ini ada pementasan Tari Kolosal oleh 1000 orang peserta pramuka dan tari wilayah setempat sang siswa kabuapten Nunukan. Selain itu, ada pengibaran bedera 1000 m2 sang 1000 orang pramuka.
Sore hari mengadakan program mandi bersama di pantai Batu Lamampau diikuti oleh seluruh peserta perkemahan termasuk Pembina serta Panitia Perkemahan. Malam hari pun diadakan pentas seni terahir dan dilanjutkan menggunakan api unggun serta dimeriahkan dengan pesta kembang api.
Hari terahir Rabu, 11 Januari 2012 pagi pukul 05.00 WITA bangun pagi pribadi bongkar tenda dan pengecekan barang eksklusif juga kontingen. Disamping itu, sesudah sarapan pagi kita melaksanakan pencucian massal. Pada pukul 08.00 WITA tiba saatnya kita berpisah meninggalkan bumi perkemahan Batu Lamampau Pulau Sebatik dan diantar sang truk setempat menuju pelabuhan, yang sudah ditunggu sang LCU 990-01. Pada 10.00 WITA kami telah tiba pada KRI dr. Soeharso 990.
By. Sangga Pendobrak (Artaya Honest)
Source: Kak Ha Te

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel