SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL PROSA LAMA


MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA

GENRESASTRA: PROSA LAMA

1.Ditinjau berdasarkan periodesasi dan jenisnya,prosa terbagi menjadi prosa lama dan baru. Berikut ini yang termasuk prosa lamaadalah....

A.Sage,fabel, mitos

B.dongeng,legenda, fabel

C.legenda,dongeng, mitos

D.roman,novel, cerpen

2.Cermatilah kutipan cerita berikut adalah.

Alkisah,pada suatu lorong pada suatu hari, seorang nyonya lari terbirit-birit ketakutankarena diburu seekor tikus kecil. Tikus mini lari terbirit-birit ketakutankarena diburu seekor kucing. Kucing lari terbirit-birit ketakutan lantaran diburuseekor anjing. Anjing lari terbirit-birit ketakutan lantaran diburu seorangpemabuk Israel. Pemabuk Israel lari terbirit-birit ketakutan lantaran diburupolisi. Polisi lari terbirit-birit ketakutan karena diburu MOZAD.

Kutipancerita pada atas digolongkan ke dalam …

A.dongengbinatang

B.dongengbiasa

C.lelucon

D.dongengberumus.

3.Bacalah kutipan teks berikut ini.

SaatSri berkecimpung dewasa, dia tumbuh sebagai gadis yang semakin anggun serta memilikihati yg baik. Karena kecantikan serta kebaikannya, oleh raja jatuh hati danberniat mempersuntingnya. Para yang kuasa dan dewi sangat risi akan hal tersebutkarena akan mengakibatkan perpecahan pada khayangan. Para dewa berniat untukmembunuh Sri menggunakan cara meracuninya melalui minuman. Niat jahat para ilahi punterpenuhi hingga akhirnya Sri mangkat . Namun, para ilahi tadi panik dantakut diketahui sang raja sehingga jasad Sri dikubur pada bumi supaya tidak adayang mengetahuinya.

Dalam hati para dewa munculperasaan menyesal telah membunuh Dewi Sri. Namun, karena Dewi Sri dikenalmemiliki hati yg sangat baik, kematiannya menjadikan berkah bagi makhluk pada bumi.jasadnya berubah menjadi benih- benih flora yg bermanfaat bagi kehidupanmanusia yaitu padi. Banyak rakyat yg percaya serta memuliakan dewi Sri. Berkatdewi Sri mereka bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. (jokowarino.id).

Teks tersebut termasuk jenis….

A.Legenda

B.Mite

C.Dongeng

D.Fabel

4.Cermatilah kutipan cerita berikut adalah.

KetikaRara Jonggrang mendengar keterangan bahwa seribu candi telah hampir rampung, sangputri berusaha menggagalkan tugas Bondowoso. Ia membangunkan dayang-dayangistana dan wanita-wanita desa buat mulai menumbuk padi. Ia jugamemerintahkan agar gundukan jerami dibakar di sisi timur. Mengira bahwa pagitelah datang dan sementara waktu lagi mentari akan terbit, para makhluk halus lariketakutan bersembunyi masuk kembali ke perut Bumi. Akibatnya, hanya 999 candiyang berhasil dibangun sehingga bisnis Bandung Bondowoso gagal. Setelahmengetahui bahwa semua itu adalah hasil kecurangan dan tipu makar Rara Jonggrang,Bandung Bondowoso amat murka dan mengutuk Rara Jonggrang supaya sebagai batu.sang putri berubah sebagai arca terindah buat menggenapi candi terakhir.


Kutipan cerita pada atas termasuk jenis….

A.Fabel

B.Mite

C.Legenda

D.Dongeng

POSTINGAN TERKAIT

Pembahasan Soal Prosa Lama baca DI SINI

Paket Soal Pedagogik dan Profesional baca DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel