Tanda Jabatan Pembina Pramuka




Tanda Pembina Pramuka yang berbentuk lencana menurut logam terdiri atas dua lapisan :
Lapisan pertama, berbentuk segi 10 beraturan dengan garis tengah 4 centimeter dan bingkai sekelilingnya kurang lebih  0,2 cm, dan garis-garis sinar terpancar menurut pusatnya. Lapisan pertama ini berwarna kuning emas buat Pembina Gugusdepan, Pembina Siaga, Pengalang, Penegak dan Pandega dan warna perak buat Pembantu Pembina Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.
Lapisan ke 2, berbentuk bundar bergaris tengah kurang lebih 1,8 cm dengan bingkai sebanyak 0,dua cm serta terbagi menjadi 3 petak yg sama luasnya dan gambar tunas kelapa berada di tengahnya. Pada bundar ini terdapat 8 buah pegangan kemudi masing-masing sepanjang lebih kurang 0,lima cm dan lebar 0,3 cm. Warna lapisan ke 2 sama dengan warna lapisan pertama, hanya warna dasar bundar ditengah di atur sbb :
  • Pembina Gugusdepan berwarna biru langit
  • Pembina dan Pembantu Pembina Siaga berwarna hijau
  • Pembina dan Pembantu Pembina Penggalang berwarna merah
  • Pembina serta Pembantu Pembina Penegak berwarna kuning
  • Pembina dan Pembantu Pembina Pandega berwarna coklat tua
Tanda Pembina Pramuka yang bentuk lencana menurut kain mempunyai bentuk bujur kandang menggunakan panjang masing-masing sisi lima centimeter serta dengan dambar, ukuran, warna sama menggunakan lencana logam. Warna dasar bujur sangkar coklat tua. Warna kuning emas diganti kuning serta rona perak diganti putih.
Arti kiasan pertanda Pembina Pramuka, indikasi ini berbentuk kemudi menggunakan 8 buah pegangan yg di tengah terdaoat gambar tunas kelapa di atas dasar bulat yg terbagi 3 sama luasnya, diserta sinar memancar menurut pusat lingkaran menuju ke tepi lencana berbentuk segi 10 beraturan, mengiaskan bahwa Pembina Pramuka bertugas mengendalikan satuannya bersama seluruh peserta didi didalamnya (8 arah mata angin), guna melaksanakan Tri satya (bulat terbagi tiga) serta Dasa Darma (segi sepuluh), dalam rangkai mencapai tujuan Gerakan Pramuka (tunas kelapa).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel