Tantangan Baru Pengurus Pramuka

"Pengurus daerah perlu memacu cabang agar konsisten menyelenggarakan aktivitas, bahkan menaikkan"

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Tengah pada bulan ini secara resmi mempunyai pengurus baru. Kepengurusan yang adalah output musda2019 itu diagendakan dilantik sang Gubernur Ganjar Pranowo, selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka.

Kepengurusan masa bakti2019-2018 itu membawa banyak harapan bagi anggota buat berbuat lebih baik lagi. Komposisi kepengurusan diisi mereka yg sahih-sahih ahli dalam bidang masing-masing. Sebagian merupakan personel usang yg masuk pada kepengurusan baru guna transedental.

Sebanyak 79 personel pada kepengurusan itu diperlukan sanggup mengatasi sejumlah pertarungan kepramukaan di Jawa Tengah. Terlebih belum usang ini, Jateng meraih gelar terhormat sebagai kwarda tergiat se-Jawa, serta se-Indonesia. Tantangan bagi pengurus baru adalah mempertahankan predikat itu dalam lima tahun ke depan.

Kegiatan yg diadakan Kwarda Jateng sudah sejak lama sebagai barometer kegiatan kepramukaaan bagi provinsi lain. Jawa Tengah dengan 35 kwartir cabang (kwarcab) di kabupaten/kota dikenal memiliki banyak kegiatan. Kegiatan yg menjadi kekhasan, diantaranya Estafet Tunas Kelapa (ETK).

Masyarakat lebih akrab dengan kata mobilitas jalan cikal, yang umumnya diadakan tiap menjelang peringatan Hari Pramuka tingkat regional. Kegiatan itu melibatkan ribuan anggota, ditambah partisipasi berdasarkan rakyat serta pemda. Secara beranting peserta ETK berjalan melewati 14 titik pada Jateng menuju ke satu titik tujuan tempat aplikasi upacara Hari Pramuka.

Kegiatan lain yg jua menjadi kekhasan adalah lomba kwartir, menyangkut antara lain  lomba kerapihan dan ketertiban administrasi kegiatan tingkat regional. Kegiatan rutin ini  memacu tiap cabang buat lebih tertib melaksanakan kegiatan kepramukaan, terutama aspek  administrasi.

Predikat menjadi kampiun yg tergiat tingkat nasional, memang membuat gembira pengurus serta anggota Pramuka pada Jateng. Tetapi hendaknya capaian itu tidak membuat jajaran pengurus terjebak euforia berkepanjangan. Mau tidak mau, pengurus serta anggota wajib segera bersiap menjawab tantangan ke depan.

Pengurus perlu terus memacu cabang-cabang supaya konsisten menyelenggarakan aktivitas, bahkan meningkatkannya. Situasi dinamis yang selama ini sudah berjalan menggunakan baik harus dipertahankan. Bahkan tantangannya adalah menggunakan menaikkan kualitas, bukan hanya kuantitas.

Mempertahankan Gelar Untuk itu pengurus diperlukan bisa lebih kreatif merencanakan dan melaksanakan aktivitas. Yang patut diingat merupakan bahwa mempertahankan gelar kampiun tentu lebih berat dibanding  upaya awal untuk meraihnya. Logikanya merupakan kwarda provinsi lain pasti jua berkeinginan sebagai juara.

Bagi Kwarda Jateng hal itu tentunya tidaklah menjadi perkara. Karena sanggup membagi ide menggunakan Kwartir Daerah yang lain bukanlah sesuatu yg seram, bahkan mampu sebagai tantangan tersendiri.  Lantaran  itu perlu segera menyusun strategi yg lebih jitu serta langkah-langkah konkret aplikasi.

Tentu saja kegiatan yang diselenggarakan tidaklah semata-mata mengejar sasaran agar sanggup balik meraih predikat tergiat. Pengurus perlu mendasarkan kepentingan guna melatih anak didik, menurut tingkat siaga hingga pandega.  Demikian pula kegiatan yang spesifik diperuntukkan bagi para pembina, pelatih, dan andalan. 

Tidak saja banyak secara jumlah tetapi jua menyangkut banyak ragam kegiatan. Hal itu akan menjadi modal besar bagi Jawa Tengah sebagai bahan evaluasi berikutnya. Partisipasi Jawa Tengah pada aktivitas yang berskala nasional pun tidak hanya sekali namun berkali-kali. Meskipun demikian kwarda tidak boleh lengah, tetap harus berbenah. Pengurus baru perlu menciptakan banyak sekali macam aktivitas baru, menggunakan demikian secara otomatis ada penambahan jumlah kegiatan. Hal itu akan menghadirkan optimisme bahwa dalam 5 tahun ke depan, Jateng tetap tergiat. (10)

— Dicky Hendra Hafiz, staf Bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah

suaramerdeka.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel