Ulang Janji dan Penganugerahan Penghargaan Pada Hari Pramuka Ke51

Usia Gerakan Pramuka tahun 2012 memasuki 51 tahun, menciptakan Gerakan Pramuka semakin memantapkan langkah buat membangun karakter kaum muda, meningkatkan semangat kebangsaan dan keterampilan kaum belia sesuai tujuan Gerakan Pramuka. Salah satunya mendukung program Messengers of Peace yg digagas World Scout Foundation hingga makin banyak kaum belia yg kreatif serta mempunyai keterampilan sebagai bekal masa depan.
Tahun 2012 yang adalah perayaan Hari Pramuka ke-51 bersamaan dengan momentum 100 tahun masuknya kepramukaan pada Indonesia. Seluruh Anggota Gerakan Pramuka merayakan peringatannya pada 14 Agustus menggunakan mengangkat tema “Tingkatkan Kemandirian Gerakan Pramuka buat Keberhasilan Pembentukan karakter  kaum Muda”
Hajat akbar tadi menciptakan penyelenggaraan upacara peringatan Hari Pramuka tahun 2012 menjadi tidak sama. Lantaran sedianya upacara akan berlangsung pada 3 September 2012 dan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Pembina Upacaranya pada kesempatan itu Panji Gerakan Pramuka akan di hadirkan pada upacara yg dihadiri sang ribuan peserta upacara.
Hari Pramuka 14 Agustus diisi oleh banyak aktivitas, keliru satu yang sebagai tradisi adalah Ulang Janji. Kegiatan tersebut adalah ketika seluruh Anggota Gerakan Pramuka mengucapkan ikrar berupa Kode Kehormatan yang merupakan janji dan komitmen diri dan ketentuan moral Pramuka pada pendidikan Kepramukaan. Kode kehormatan yang diucapkan pada setiap pelantikan dan diucapkan ulang pada lepas 14 Agustus tadi terdiri berdasarkan Satya dan Darma Pramuka.
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar aktivitas Ulang Janji yg diawali menggunakan Upacara penganugrahan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD). Tahun ini penghargaan berupa Lencana Panca Warsa diberikan pada 34 Andalan Nasional, Pengurus Daerah serta jua Karyawan/Staf Kwarnas. Selain itu diberikan penghargaan berupa Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Panca Warsa Utama, Lencana Wiratama, Lencana Karya Bakti, dan Lencana Teladan.
Khusus untuk upacara penganugerahan Lencana Panca Warsa akan berlangsung dalam 14 Agustus 2012 pada Gedung Pandan Sari, TRW, Cibubur. Dilanjutkan menggunakan Buka Puasa Bersama, Tarawih serta Ulang Janji. Kegiatan Ulang Janji akan berlangsung pada pada Taman Air Mancur, TRW, Cibubur dalam pukul 20.00 WIB.
Sumber: Humas-Kwarnas
//pramuka.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel