MODUL 4 PRAKONDISI DI PLPG KOMPETENSI PEDAGOGIK


STRATEGI PEMBELAJARAN

Dikutip berdasarkan sumberwww.sertifikasiguru.id, program prakondisi pada PLPG 2017Peserta PLPG 2017 harus mengusut Modul Pedagogik serta Modul Pendalaman MateriBidang Studi secara mandiri dan dapat diunduh melalui lamansertifikasiguru.id

Sebagai persiapan pendalaman modulpedagogik pada prakondisi PLPG 2017 kami hidangkan RINGKASAN MATERI KELOMPOKKOMPETENSI PEDAGOGIK 4: STRATEGIPEMBELAJARAN

Ringkasan Materi ini dikembangkanberdasarkan kompetensi pedagogikkeempatdi Permendiknas nomor 16 tahun 2007 yaitu: Menyelenggarakan Pembelajaran yg Mendidik.

RINGKASAN MATERI KELOMPOK KOMPETENSIPEDAGOGIK 4.

         PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIKPEMBELAJARAN
         Dalam Lampiran tiga Permendikbud Nomor 58Tahun 2014 (233) pendekatan dimaknai sebagai cara menyikapi/melihat (away of viewing); strategi dimaknai menjadi cara mencapai tujuan dengansukses (a way of winning the game atau a way of achieving of objectif); metodedimaknai sebagai cara menangani sesuatu (a way of dealing). Sedangkan teknikdimaknai sebagai cara memperlakukan sesuatu (a way creating something); danmodel dimaknai sebagai kerangka yang berisikanlangkah-langkah/uruturutan kegiatan/sintakmatik yang secara operasional perludilakukan sang guru dan murid. Dalam surat keterangan lain dijelaskan bahwa pendekatanadalah titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran; metodeadalah cara yg dipakai untukmengimplementasikan planning yang telah disusun dalam bentuk kegiatannyata dan simpel buat mencapai tujuan pembelajaran; teknik adalah carayang dilakukan seorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifk;serta model adalah bentuk pembelajaran yg tergambar berdasarkan awal sampaiakhir yang tersaji secara khas oleh guru (kemasan atau bingkai dari penerapansuatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran). Pendekatan(approach) adalah titik tolak atau sudut pandang kita terhadap prosespembelajaran. Roy Killen (1998) misalnya, mencatat ada dua pendekatan dalampembelajaran, yaitu pendekatan yg berpusat dalam guru (teacher-centeredapproaches) serta pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centeredapproaches) yg dipakai dalam perancangan kurikulum serta pembelajaran saatini. Strategi pembelajaran merupakan perencanaan tindakan (rangkaiankegiatan) termasuk penggunaan metode serta pemanfaatan berbagai sumber daya ataukekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran.sedangkan metode merupakan upaya buat mengimplementasikan planning yangsudah disusun dalam kegiatan nyata supaya tujuan yang telah disusun tercapaisecara optimal. Metode dipakai menjadi cara buat melaksanakan serta merealisasikanstrategi yang sudah ditetapkan. Dalam mengimplementasikan metode pembelajaran,seseorang pendidik perlu menetapkan teknik atau cara tertentu supaya prosespembelajaran berjaan efektif serta efsien, dan taktik atau gaya individu dalammelaksanakan suatu teknik atau metode eksklusif contohnya pada menggunakanilustrasi atau memakai gaya bahasa atau idialek supaya materi pembelajaranmudah dipahami.

Sumber Pustaka:

Doyin, Mukh dan Supriyono. 2015. MateriUKG Bahasa Indonesia 2015. Semarang: Bandungan Institute

POSTINGAN TERKAIT

SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

MODUL 6 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DISINI


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel