MODUL 5 PRAKONDISI DI PLPG 2019 KOMPETENSI PEDAGOGIK


TIK DAN MEDIAPEMBELAJARAN

Dikutip berdasarkan sumberwww.sertifikasiguru.id, pada program prakondisi dalam PLPG 2017Peserta PLPG 2017 wajib menyelidiki ModulPedagogik dan Modul Pendalaman Materi Bidang Studi secara berdikari serta dapatdiunduh melalui halaman sertifikasiguru.id

Sebagai persiapanpendalaman modul pedagogik pada prakondisi PLPG 2017 kami hidangkan RINGKASANMATERI KELOMPOK KOMPETENSI PEDAGOGIK : TIKDAN MEDIA PEMBELAJARAN

Ringkasan Materi inidikembangkan dari kompetensi pedagogik yang kelima di Permendiknas nomor16 tahun 2007 yaitu: Memanfaatkan Teknologi Informasi danKomunikasi buat Kepentingan Pembelajaran.

RINGKASAN MATERIKELOMPOK KOMPETENSI PEDAGOGIK lima.

MEDIA PEMBELAJARAN

Media adalah segala sesuatu yg bisa digunakanuntuk menyalurkan pesan menurut pengirim ke penerima sehingga dapat merangsangpikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupasehingga proses belajar terjadi.

Memahamikarakteristik aneka macam media pengajaran adalah kemampuan dasar yg harusdimiliki seorang pendidik dalam kaitannya dengan keterampilan pemilihan mediapengajaran.

A.kriteriayang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran

  1. Tujuan

Apa tujuan pembelajaran dan kompetensiyang ingin dicapai? Apakah tujuan itu masuk tempat kognitif, afektif,psikomotor atau kombinasi ketiganya? Jenis rangsangan indera apa yangditekankan: apakah penglihatan, pendengaran, atau kombinasinya? Jika visual,apakah perlu gerakan atau cukup visual diam?

2.Sasaran Didik

Siapakah target didik yang akanmenggunakan media? Bagaimana karakteristik mereka, berapa jumlahnya, bagaimanalatar belakang sosialnya, apakah terdapat yg berkelainan, bagaimana motivasi danminat belajarnya? Dan seterusnya.

3.Karakteristik media yg bersangkutan

Bagaimana karakteristik media tersebut?Apa kelebihan dan kelemahannya? Sesuaikah media yg akan kita pilih itu dengantujuan yg akan dicapai?

4.Waktu

Yang dimaksud waktu adalah berapa lamawaktu yg diperlukan buat mengadakan atau membuat media yg akan kita pilih,serta berapa lama ketika yg tersedia atau yang kita miliki.

5.Biaya

Faktor porto sebagai kriteria yg haruskita pertimbangkan. Berapa biaya yang kita perlukan buat menciptakan, membeli ataumeyewa media tersebut? Dapatkah kita mengusahakan biaya tersebut/apakahbesarnya porto seimbang menggunakan tujuan belajar yg hendak dicapai?

6.Ketersediaan

Kemudahan pada memperoleh media jugaharus sebagai pertimbangan kita. Adakah media yg kita butuhkan itu tersediadi kurang lebih kita, di sekolah atau pada pasaran

7.Konteks penggunaan

Konteks penggunaan maksudnya adalahdalam syarat serta strategi bagaimana media tersebut akan digunakan.misalnya, apakah buat belajar individual, gerombolan kecil, grup besar ataumassal?

8.Mutu Teknis

Kriteria ini terutama untukmemilih/membeli media pembelajaran siap pakai yang telah terdapat. Misalnya programaudio, video, grafis atau media cetak lain. Bagaimana mutu teknis mediapembelajaran

tersebut, apakah visualnya kentara,menarik serta cocok? Apakah suaranya jelas serta enak didengar?

B. Jenis Media Pembelajaran

Dilihatdari sifatnya, media bisa dibagi atas:

1) Media auditif, yaitu media yg hanyadapat didengar saja, atau media yang hanya mempunyai unsur suara, seperti radiodan rekaman suara.

2) Media visual, yaitu media yg hanyadapat dipandang saja, tidak mengandung unsur bunyi. Jenis media yang tergolong kedalam media visual merupakan: film slide, foto, transparansi, lukisan, gambar, danberbagai bentuk bahan yg dicetak misalnya media grafis serta sebagainya.

3) Media audiovisual, yaitu jenis mediayang selain mengandung unsur suara pula mengandung unsur gambar yang dapatdilihat, misalnya, rekaman video, banyak sekali ukuran film, slide suara, dansebagainya. Kemampuan media ini dipercaya lebih baik serta lebih menarik sebabmengandung ke 2 unsur jenis media yg pertama serta kedua.

Dilihatdari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam:

1) Media yang memiliki daya liput yangluas dan serentak,misalnya radio dan televisi. Melalui media ini peserta didikdapat menyelidiki hal-hal atau peristiwa-kejadian yang aktual secara serentaktanpa harus menggunakan ruangan spesifik.

2) Media yang memiliki daya liput yangterbatas sang ruang dan waktu, seperti film slide, film, video, serta sebagainya.

C.manfaat media pembelajaran

Secara generik manfaat media pembelajaranmenurut Harjanto (1997 : 245) merupakan :

1) Memperjelas penyajian pesan agartidak terlalu verbalistis (tahu kata – ucapnya, tetapi nir tahu maksudnya)

2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktudan daya indera. Dengan memakai media pembelajaran yang sempurna danbervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik.

3) Dapat mengakibatkan persepsi yang samaterhadap suatu masalah.

Selanjutnya berdasarkan Purnamawati danEldarni (2001 : 4) yaitu

4) Membuat konkrit konsep yg tak berbentuk,misalnya buat menjelaskan peredaran darah.

5) Membawa obyek yg berbahaya atausukar didapat pada pada lingkungan belajar.

6) Manampilkan obyek yg terlalu akbar,misalnya pasar, candi.

7) Menampilkan obyek yg tidak dapatdiamati menggunakan mata telanjang.

8) Memperlihatkan gerakan yg terlalucepat.

9) Memungkinkan anak didik bisa berinteraksilangsung menggunakan lingkungannya.

10) Membangkitkan motivasi belajar

11) Memberi kesan perhatian individuuntuk seluruh anggota kelompok belajar.

12) Menyajikan informasi belajar secarakonsisten serta bisa diulang maupun disimpan dari kebutuhan.

13) Menyajikan berita belajar secaraserempak (mengatasi ketika serta ruang)

14) Mengontrol arah juga kecepatanbelajar anak didik.

D.fungsi media pembelajaran adalah sebagai berikut.

1. Fungsi Atensi

Fungsi atensi media visual adalah inti,yaitu menarik dan mengarahkan perhatian anak didik untuk berkonsentrasi kepada isipelajaran yg berkaitan menggunakan makna visual yg ditampilkan atau menyertaiteks materi pelajaran.

2. Fungsi Afektif

Media visual bisa terlihat dari tingkatkenikmatan murid waktu belajar (atau membaca) teks yg bergambar. Gambar ataulambang visual dapat menggugah emosi serta sikap anak didik, misalnya liputan yangmenyangkut perkara sosial atau ras.

3. Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif media visual terlihatdari temuan-temuan penelitian yg mengungkapkan bahwa lambang visual ataugambar memperlancar pencapaiaan tujuan buat tahu serta mengingat informasiatau pesan yg terkandung dalam gambar.

4. Fungsi Kompensatoris

Fungsi kompensatoris media pembelajaranterlihat dari output penelitian bahwa media visual yg menaruh konteks untukmemahami teks membantu siswa yg lemah pada membaca buat mengorganisasikaninformasi dalam teks dan mengingatnya kembali.

E.memanfaatkan TIK dalam Berkomunikasi dan Pengembangan Diri

Berikut ini akan tersaji empat jeniskomunikasi pada global maya yang sanggup dilakukan, yaitu komunikasi menggunakan ataumemanfaatkan fasilitas e-mail, milis, chatting dan facebook.

1) e-mail

e-mailyaitu surat elektronik. Surat elektro adalah suratyang dibentuk, dikirim serta diterima tidak pada bentuk fsik berupa kertas akantetapi dalam bentuk data elektro yang dibuat, dikirim dan/atau diterimadalam bentuk data yg diolah serta dikirim memakai acara pelaksanaan e-maildengan memanfaatkan peralatan elektro computer serta jaringan internet.melalui e-mail ini kita bisa saling berkirim surat sebagaimana layaknya salingberkirim surat biasa, hanya dalam wujud surat yg tidak sama, bukan berupakertas. Beragam jenis data dan kabar yang sanggup dikirim melalui e-mail,yaitu mampu berupa teks atau goresan pena, gambar, suara, dan video.

2) Milis

Milis atau mailing list merupakan layanandi pada Internet yg digunakan buat berdiskusi melalui e-mail. Diskusi dalammilis sanggup dikelompok-kelompokkan menurut kategori atau topik serta kelompoktertentu. Misalnya topik tentang pekerjaan, usaha, pendidikan, hobi danlain-lain atau gerombolan organisasi pengajar. Salah satu penyedia mailing list(server) yg paling terkenal adalah Yahoo!. Untuk sanggup melakukan diskusi dimilis atau mailing list, kita wajib terdaftar terlebih dahulu pada penyediamailing list, contohnya di Yahoo! Groups. Kalau telah terdaftar ialah kitasudah memiliki akses buat masuk ke dalam gerombolan -kelompok diskusi pada mailinglist yg sudah ada. Di sini kita mampu mengirim dan menerima pesan e-mailsesuai menggunakan tema diskusi tertentu.

3) Chatting

Chatting adalah kata benda dari katakerja chat (Inggris) merupakan mengobrol. Chatting dalam dunia Internet artinyaprogram yg tersedia yang digunakan buat mengobrol atau berinteraksi viainternet. Melalui fasilitas ini, kita mampu mampu mengobrol atau berkomunikasidengan siapa pun dan pada mana pun pada seluruh belahan dunia.

4) Facebook

Facebook adalah salah satu programaplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis internet, di samping programlainnya. Pencetus serta pengembang pelaksanaan ini adalah Mark Zuckerberg. Melaluifacebook ini kita bisa berkenalan dengan orang baru, reuni dengan teman-temanlama, juga bisa digunakan buat kepentingan eksklusif lainnya missal pendidikan,politik, usaha dan sebagainya.



POSTINGAN TERKAIT

1.SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI

2.MODUL LENGKAP KOMPETENSI PEDAGOGIK UNDUH DI SINI
3.   TIPS SUKSES PRAKONDISI BACA DI SINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel