Lambang Gerakan Pramuka

Lambang atau symbol Gerakan Pramuka merupakan pertanda pengenal permanen yg melambangkan atau mengkiaskan keadaan, nilai dan kebiasaan yang dimiliki oleh setiap anggota Gerakan Pramuka.
Lambang Gerkan Pramuka adalah gambar Silhouette (bayangan) TUNAS KELAPA yang diciptakan sang Bapak Soenardjo Admodipuro, seseorang Kepala Dinas Pertanian pada Yogyakarta. Beliau lahir pada Blorok pada lepas 28 Februari 1909. Beliau wafat dalam tanggal 1 Juni 1971. Lambang ini mulai digunakan sejak lepas 14 Agustus 1961.
Arti Kiasan Lambang GerakanPramuka :
a. Buah nyiur pada keadaan tumbuh dinamakan Cikal serta kata Cikal Bakal pada Indonesia berarti penduduk asli yang pertama yang menuirunkan generasi baru. Jadi buah nyiur yang tumbuh itu mengandung kiasan bahwa tiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
b. Buah Nyiur bisa bertahan usang pada keadaan yg bagaimanapun juga. Jadi, lambing itu mengkiaskan bahwa setiap pramuka merupakan seseorang rohaniah serta jasmaniah, sehat, bertenaga, giat serta besar tekadnya dalam menghadapi segala ujian dan kesukaran buat mengabdi pada tanah air serta bangsa Indonesia.
c. Kelapa atau Nyiur bisa tumbuh di mana saja. Yang menerangkan besarnya daya upaya dlam menyesuaikan dirinya menggunakan keadaan sekelilingnya. Jadi melambangkan bahwa tiap pramuka dapat beradaptasi pada warga dimana dia berada dlaam keadaan bagaimanapun jua.
d. Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas serta merupakan salah satu pohon tertinggi pada Indonesia. Jadi melambangkan bahwa tiap pramuka mempunyai cita – cita yg tinggi. Dan lurus, yakni yg mulia dan amanah, dan ia permanen tegak tidak mudah diombang – ambingkan sang sesuatu.
e. Akar Nyiur tumbuh bertenaga dan erat di dalam tanah. Mengkiaskan tekad dankeyakinan tiap Pramuka yg berpegang dalam dasar – dasar dan landasan – landasan yg baik , benar, kuat serta konkret artinya tekad serta keyakinan yg dipakai olehnya buat memperkuat diri guna mencapai cita – citanya.
f. Niur merupakan pohon serba guna, berdasarkan ujung atas sampai akarnya. Mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah insan yg berguna dan membaktikan diri dan kegunaanya kepada kepentingan tanah Air, bangsa dan NKRI dan kepada umat manusia.
Lambang Gerakan Pramuka sinkron SK Kwartir nasional No. 06/KN/72 tahun 1972, telah mendpat hak patent dari Dirjen Hukum serta Perundang – undangan Departemen Kehakiman, menggunakan keputusan No. 176634 lepas 22 Oktober 1983 dan No. 178518 tanggal 18 Oktober 1983 tentang hak patent gambar tunas kelapa dilingkari padi serta kapas dan No. 176517 tanggal 22 Oktober tahun 1983 mengenai hak patent goresan pena PRAMUKA.
Bendera Gerakan Pramuka
Bendera Gerakan Pramuka berbentuk segi empat panjang,serta berukuran tiga berbanding 2 ,berwarna dasar putih,di tengah-tengahnya terdapat lambing Gerakan Pramuka berwarna merah,menghadap ke tiang bendera.
Di bagian atas serta bagian bawah bendera terdapat jalur merah menggunakan berukuran lebar 1/10 berdasarkan lebar bendera,letaknya 1/10 dari lebar bendera dari sisi atas serta sisi bawah
Pada bagian tepi loka tali bendera terdapat jalur merah sepanjang lebar bendera menggunakan berukuran lebar 1/8 menurut panjang bendera menggunakan tulisan nama kwartir
WOSM
Lambang the World Organization Of The Scout Movement (WOSM) adalah lambing yg digunakan pada setiap organisasi kepanduan atau kepramukaan pada setiap negara.
Arti Kiasan :
a. Kompas, melambangkan suatu peringatan bagi pramuka supaya selalu berbuat kebenaran serta dapat dipercaya sesuai fungsi kompas, tetap menjaga cita – citanya serta perannya sebagai penunjuk jalan.
b. Tiga ujung symbol, melambangkan tiga janji pramuka.
c. Dua bintang, melambangkan pramuka berupaya buat dapat memberi penerangan serta menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
d. Tali melingkar yang ujungnya membentuk simpul mati, melambangkan bahwa sesama pramuka mengadakan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar pramuka pada semua global.
e. Warna :
1.) Putih melambangkan bahwa pramuka berhati kudus.
2.) Warna dasar ungu melambangkan bahwa pramuka mempunyai keterampilan, kepemimpinan dan senang menolong orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel